Friday 28 August 2015

RESPONSI BAHASA INDONESIA KELAS XI

RESPONSI BAHASA INDONESIA 
KELAS XI
TANGGAL 28 AGUSTUS 2015



1.       Bacalah wacana di bawah ini !
Bendungan di Desa Jatirogo ini tidak ada duanya di Indonesia. Tubuh bendungan tersebut dari bantalan karet berisi air. Karena terbuat dari karet, tinggi permukaannya bias diatur secara fleksibel. Bila terjadi banjir, bantalan karet itu dikempiskan. Dan air bah lancer mengalir ke laut. Sebaliknya, bila volume air sungai mengecil, tubuh bendungan diidi penuh, sehingga tingginya mencapai 3 m. Sungai terbendung dan airnya dimanfaatkan sebagai air minum dan irigasi. Pada saat yang sama air pasang dari laut akan terhambat dan tak mencemari sungai yang menjadi sumber utama air tawar masyarakat di sekitar sungai. 
Kesimpulan dari wacana di atas adalah ….
2.       Bacalah penggalan pidato di bawah ini!
Dalam proses komunikasi saya dengan seluruh rakyat Indonesia, baik melalui surat, maupun sms, masih sering dirasakan adanya pelayanan yang kurang baik kepada rakyat. Oleh karena itu, mari kita tingkatkan kualitas pelayanan dengan penuh ketulusan, kasih saying, dan rasa tanggung jawab.
(Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, pada acara HUT ke-59 Bhayangkara)
Tujuan dari penggalan pidato di atas adalah ….
3.       Bacalah paragraf di bawah ini!
Jumlah angkatan kerja yang meningkat setiap tahun merupakan keuntungan sekaligus sebagai tantangan bagi pemerintah dan bangsa Indonesia dalam melaksanakan pembangunan nasional. Menurut pendapat ahli bahwa manusia sebagai sumber potensial merupakan salah satu modal dasar pembangunan, yaitu sebagai motor penggerak dalam mekanisme kerja dalam proses produksi, serta sebagai sasaran dan hasil produksi itu sendiri.
Opini (pendapat) yang terdapat dalam paragraf di atas adalah ….
4.       Percakapan antara dua orang atau lebih untuk mendapatkan informasi disebut ….
5.       Paragraf yang ide pokoknya berada di awal paragraf disebut paragraf….
6.       a. tahun
       b. nama pengarang
       c. judul buku
       d. nama penerbit
       e. kota penerbit
Sistematika penulisan daftar pustaka yang benar adalah ….

7.       Pengantar semantik bahasa Indonesia, Jakarta, rineka cipta, abdul chaer, 2000
Perbaiki daftar pustaka di atas!
8.       Bacalah kutipan novel di bawah ini!
Sardi laki-laki berusia 50 tahun sedang gelisah di tempat duduknya. Beberapa kali topi dipasang di kepalanya dan dilepaskan lagi tanpa tujuan tertentu. Akhirnya Sardi keluar mengambil sesuatu di bagasi motornya. Sebuah botol persegi dibawanya masuk ke rumah. Penantian yang menggelisahkan harus ditemani minuman keras pikirnya. Namun pikirannya berubah, minuman itu tidak menyelesaikan masalah yang ia hadapi. Kemudian minuman itu dia buang.
Nilai moral yang terkandung dalam kutipan novel di atas adalah ….

9.       Bacalah kutipan teks wawancara di bawah ini!
Narasumber : “Berdasarkan peta asli tersebut, Camar Bulan dan Tanjung Dato masuk wilayah Kalimantan Barat. Tapi, peta Malaysia yang ada saat ini telah berbeda. Seharusnya melihat kembali patok asli dan kembali kepada peta awal tersebut.”
Narasumber : “Bila nanti kalim Malaysia pada Camar Bulan mendapatkan pengakuan dunia, maka warga Temanjuk harus melewati Negara lain bila ingin berpergian ke desa-desa lain di wilayah Indonesia.”
(Tribun Jogja, 11 Oktober 2011)
Berdasarkan kutipan wawancara di atas, permasalahan yang sedang di bahas adalah ….
10.   Bacalah paragraf di bawah ini!
Harga cabai hijau di pasar tradisional Kota Yogyakarta mengalami kenaikan mencapai lebih dari Rp. 5.000. kenaikan ini dipicu oleh menipisnya stok cabai hijau dari Kulonprogo dan Sleman akibat musin kemarau yang tidak kunjung usai. Harga cabai hijau kini dijual menjadi Rp. 15.000 per kilogram. Padahal sehari sebelumnya, cabai hijau dijual Rp. 9.670 per kilogram. Cabai keriting juga mengalami kenaikan menjadi Rp. 17.170 per kilogram dari Rp. 16.000 per kilogram.
Ide pokok dari paragraf di atas adalah ….



No comments:

Post a Comment