Friday 15 January 2016

Responsi B Indo Kelas XI

Responsi B Indonesia
Kelas XI
15 Januari 2016
11. Bacalah penggalan hikayat di bawah ini!
Hari menjelang sore, gadis Cik Inam berdiri di pagar anjungan. Ia memandang ke kejauhan, menanti kepulangan Muda Cik Leman dan Anggung Selamat dari medan perang. Ia selalu berharap Cik Leman dan Anggung Selamat duduk diatas kuda masing-masing diiringi hulubalang-hulubalang dan prajurit Muar pulang menuju istana. Mulutnya tiada henti-hentinya berdoa, mengharap mukjizat dari Yang Maha Kuasa, mengharap Muda CIk Leman dan Anggung Selamat pulang dengan selamat. Gadis Cik Inam menjadi resah, suaminya belum juga pulang.
Latar tempat yang tergambar dari penggalan hikayat di atas adalah …
2.2       Bacalah penggalan hikayat di bawah ini!
Alkisah diceritakan oleh yang empunya cerita ini, sekali peristiwa ada seseorang raja di sebuah negeri, Mada’in namanya. Raja itu bernama Kobat Syahril. Negeri ini terlaluh luas dan maha besar. Adapun raja itu terlalu adil dengan murahnya, bangsawan, lagi budiman dan dermawan. Bagina dikasihi oleh segala menteri dan hulubalang; segala isi rakyat negeri Mada’in itu amat kasih akan raja itu, sebab adil dan murahnya. Seseorang pun raja-raja tiada dapat melalui titahnya, dan tiada dapat mengikuti kelakuannya. Segala negeri di dalam tanah Arab itu takluk di bawah perintahnya.
Unsur intrinsik yang menonjol dari penggalan hikayat di atas adalah …
33       Bacalah berita di bawah ini!
Sebuah pasawat milik Kuba dengan 90 penumpang jatuh terbakar hari Sabtu ketika baru saja lepas landas dan jatuh menimpa anak-anak yang tengah bermain di sebuah lapangan sepak bola. Dilaporkan sekurang-kurangnya 76 orang tewas dalam kecelakaan itu. Pesawat naas itu tampaknya berhasil menghindari sebuah jalan ramai di suatu kawasan pemukiman ketika akan jatuh. Para saksi menuturkan, pesawat Tupelov –154 buatan Rusia itu milik Cubana de Aviacion itu, menghantam atap sebuah bengkel mobil yang terletak persis di ujung landasan pacu sebelum jatuh ke sebuah lapangan sepak bola. Hidung dan bagian depan pesawat tersebut pecah berantakan.
Informasi yang diperoleh dari berita di atas adalah ...
44     Bacalah kutipan wawancara di bawah ini!
Pewawancara    : Pak Ali, bagaimana pendapat bapak tentang pengangguran yang terjadi sekarang ini?
Pak Ali              : Mereka yang menganggur berarti mereka tidak mempunyai pekerjaan apa-apa. Sebenarnya pengangguran menambah berat badan pembangunan dan kadang-kadang dapat menimbulkan kriminalitas dan kerawanan politik serta kemiskinan.
Pewawancara    : Mengapa mereka menganggur?
Pak Ali               : Mereka yang menganggur adalah orang-orang yang malas, orang-orang yang tidak mempunyai pendidikan yang cukup (putus sekolah) dan tidak memiliki keterampilan apa-apa.
Pewawancara     : Untuk mengatasi hal itu, apa saran bapak?
Pewawancara    : Memperluas lapangan kerja dan yang terpenting adalah membangun sumber daya manusianya melalui wajib belajar 9 tahun, latihan-latihan keterampilan terhadap generasi muda.
Ide pokok penggalan wawancara di atas adalah …
55     Bacalah penggalan cerpen di bawah ini!
Aku harus biasa pada dingin malam. Terkadang harus menungguinya sampai penuh menggenang. Tak jarang sampai jauh malam menunggu orang lain pulang dan jika sudah sepi ku tutuplah lubang air ke sawah lain. Air mengaliur ke sawahku semua.
Penggalan cerpen di atas menggambarkan unsur intrinsik …
66      Bacalah penggalan pidato di bawah ini!
Bapak, ibu, dan para siswa yang berbahagia, siapa yang mesti dituntut untuk bertanggung jawab atas terjadinya polusi ruang kalau bukan kita sendiri pelakunya. Kalau kita menyadari bahwa menjaga kesehatan lebih utama dari pada memulihkan kesehatan, dan kalau kita yakin bahwa kebersihan adalah pangkal kesehatan, maka tidak perlu diperintah, kita mesti berbuat sesuatu yang terbaik bagi kesehatan kita.
Pesan yang terkandung dalam penggalan pidato di atas adalah …
77      Di bawah ini adalah hal-hal yang harus ada dalam naskah pidato
a.       Salam penutup
b.       Isi pidato
c.       Pembuka
d.       Penutup
e.       Salam pembuka
Urutan yang benar dalam naskah pidato adalah …
88       Bacalah penggalan proposal di bawah ini!
Memiliki kemampuan berbicara tidaklah semudah yang dibayangkan orang. Banyak ahli terampil menuangkan gagasannya dalam bentuk tulisan namun sering mereka kurang terampil menyajikannya secara lisan (langsung). Oleh sebab itulah perlu kiranya diadakan lomba diskusi panel untuk tingkat SMU se-DKI ini. Sebagai wadah bagi siswa berlatih berbicara dan mengeluarkan pendapat.
Penggalan proposal kegiatan di atas merupakan unsur proposal bagian …
99     Bacalah penggalan novel di bawah ini!
Tatkala kulihat ayah akan dibawa ke dalam penjara, sebagaimana seorang penjahat yang bersalah besar, gelaplah mataku dan hilanglah pikiranku dan dengan tiada kuketahui, keluarlah aku, lalu berteriak, “Jangan dipenjarakan ayahku! Biarlah aku menjadi istri Datuk Maringgih!”
Mendengar perkataan itu, tersenyumlah Datuk Maringgih dengan senyum yang pada penglihatanku, sebagai senyum seekor harimau yang hendak menerkam mangsanya, dan terbanglah sukacitanya dan berahi serta hawa nafsu hewan kepada matanya sehingga aku terpaksa menutup mataku.
Watak tokoh aku dalam penggalan novel di atas adalah …
110.  Sebutkan sistematika penulisan proposal!


No comments:

Post a Comment