Friday 26 August 2016

Responsi XI

Responsi Bahasa Indonesia
Kelas XI
26 Agustus 2016

1.       Baca dan pahamilah teks berikut ini untuk mengerjakan soal no 1 dan 2!
Generasi muda, terutama dari kalangan pelajar, harus dimotivasi untuk mencintai dan melestarikan kesenian tradisional. Hal ini perlu dilakukan karena sejumlah seni tradisional di Kabupaten Bandung terancam punah. Berdasarkan data yang dihimpun Kasubdin Seni Budaya Disbudpar Kabupaten Bandung diketahui ada 45 jenis kesenian tradisional di Kabupaten Bandung. Sementara itu, jumlah grup kesenian yang tercatat sekitar 1.500 grup. Dari 45 jenis kesenian tersebut terdapat beberapa kesenian yang hampir punah, seperti beluk, terebang buhun, karinding, bangkong reang. dan talawangsa. Rata-rata pelaku kesenian tersebut sudah memasuki masa tua dan penerusnya dapat dihitung dengan jari.
Ide pokok paragraf tersebut adalah ....
2.       Tuliskan kalimat fakta dan kalimat opini yang terdapat pada paragraf di atas!
3.       Bacalah dengan cermat teks berikut ini, untuk menjawab soal no 3, 4, 5 dan 6!
Pendidikan kesenian di sekolah hingga kini masih belum mendapatkan perhatian serius. Departemen Pendidikan Nasional yang membidangi, jugang kurang memberikan perhatian serius. Sekolah-sekolah yang masih menunggu petunjuk dari Depdiknas menempatkan kesenian bukan sebagai hal mendesak. Akibatnya, pendidikan kesenian di sekolah hanya berjalan ala kadarnya.
Di sisi lain, pihak sekolah kadang-kadang masih memandang kesenian dengan sebelah mata dibandingkan dengan bidang lain, seperti olahraga. Banyak sekolah menganggap dirinya mampu mencetak atlet yang hebat. Sekolah-sekola tersebut lebih bersemangat memajukan bidang olahraga. Kebijakan pengembangan potensi olahraga tidak sebanding dengan pengembangan kesenian.
Menyatakan tentang apakah isi teks bacaan di atas? Tuliskan!
4.       Kalimat tanya yang sesuai dengan isi teks bacaan di atas adalah ....
5.       Buatlah rangkuman dari teks bacaan di atas!
6.       Paragraf pertama bacaan di atas dikembangkan dengan pola ....
7.       Bacalah dengan cermat teks berikut ini untuk menjawab soal no 7 dan 8!
Rendra mencurahkan sebagian besar hidupnya dalam dunia sastra dan teater. Menggubah saak maupun membacakannya, menulis naskah drama sekaligus melakoninya sendiri, dikuasainya dengan sangat matang. Sajka, puisi, maupun drama hasil karyanya sudah melegenda di kalangan pecinta seni sastra dan teater di dalam negeri, bahkan luar negeri.
Menekuni dunia sastra baginya memang bukanlah sesuatu yang kebetulan namun sudah menadi cita-cita dan niatnya sejak dini. Hal tersebut dibuktikan ketika ia bertekad masuk ke Fakultas Sastra dan Kebudayaan Universitas Gajah Mada selepas menamatkan sekolahnya di SMA St.Josef, Solo.
Berisi tentang apakah biografi di atas? Tuliskan!
8.       Tuliskan hal yang dapat diteladani dari tokoh dalam biografi di atas!
9.       Bacalah kutipan berita berikut untuk mengerjakan soal nomo
1) Budaya-budaya tradisional yang makin terkikis pada era modern ini harus kembali ditumbuhkan dalam masyarakat. 2) Dalam budaya itu terdapat nilai-nilai luhur yang bermanfaat seperti sikap gotong royong, musyawarah, silaturahmi, serta saling asah-asih-asuh. 3) Karnaval Budaya Merapi merupakan salah satu potensi budaya tradisional 4) Karnaval tersebut  juga akan berdampak positif pada dunia pariwisata Sleman. 5) Oleh karena itu penyelenggaraan Karnaval Budaya Merapi perlu diselenggarakan setiap tahun.
Terdapat pada nomor berapakah kalimat simpulan paragraf tersebut? Tuliskan kalimatnya!
10.   Bacalah penggalan naskah pidato berikut, dan lengkapilah dengan kalimat persuasif!
Saudara, saudara, Pada peringatan Hari Anak Nasional ini, kami mengharap agar semua jajaran yang ada di kota ini ikut peduli terhadap hak anak. Anak tanpa bimbingan orang tua akan tumbuh menjadi liar dan pribadinya tak akan terbentuk dengan baik. Oleh karena itu, ….
Tuliskan kalimat persuasif yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut! 

No comments:

Post a Comment