Friday 13 January 2017

Responsi Kls XI

Responsi Bahasa Indonesia
Kelas XI
13 Januari 2017

1.      Batubara bentuk padat digunakan secara langsung dengan teknologi pembakaran konvensional dan pembakaran terferidasi, yakni secara fluidasi dan karbonisasi. Batubara bentuk cair dugunakan sebagai bahan baku minyak, misalnya gasolin dan naptho. Adapun bentuk gas biasanya digunakan sebagai bahan baku di sektor perumahan. Selain itu, dengan pemanfaatan teknologi comunined cycle power generation, ICC atau fludized bed bolter dapat membangkitkan tenaga listrik daya tinggi yang lebih efisien.
Gagasan utama paragraf di atas adalah ….
2.      Pertemuan Dua Hari, karya N.H. Dini terbitan PT. Gramedia Tahun 1986 dengan tebal buku 85 halaman, menyuguhkan gambar dan kata-kata yang memikat pembaca, di samping unsur yang lain. Sampul buku didominasi warna hijau dengan latar belakang pepohonan. Ilustrasi utama gambar sesosok wanita yang berhadapan dengan seorang  bocah cilik. Jika dilihat sepintas, sepertinya sampul buku mengambarkan kasih sayang ibu terhadap anaknya.
Kutipan di atas termasuk ke dalam resensi buku fiksi karena ….
3.      (1) Di rumah sakit, baik karyawan maupun pasien tampak sering menyaksikan acara   tersebut.
(2) Para pedagang pun menyempatkan diri untuk menontonnya
(3) Setelah pemancar televisi swasta menayangkan telenovela berseri, ibu-ibu rumah tangga selalu mengikuti tayangan tersebut.
(4) Dengan demikian, acara telenovela boleh dikatakan digemari oleh banyak orang.
Urutan yang tepat untuk mnyusun paragraf yang baik berdasarkan data di atas adalah ….
5.      Judul                      : Keberangkatan
Pengarang                         : N.H. Dini
Penerbit                : Gramedia
Tempat  Terbit      : Jakarta
Tahun  Terbit        : 1991
Penulisan daftar pustaka yang benar sesuai dengan identitas buku di atas adalah ….
6.      Demikianlah sekelumit gambaran generasi muda ditinjau dari sosok pribadinya maupun perannya dalam menghadapi era lepas landas. Semoga kajian yang sederhana ini dapat menggugah generasi muda pada khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk selalu menyukseskan  era tinggal landas.
Panggalan makalah tersebut dikutip dari bagian ….
7.        Tuliskann hal-hal yang perlu diperhatikan saat membaca berita!
8.        Dalam buku ini Mochtar Lubis, dengan gaya bahasa wartawannya, sanggup melukiskan dengan hidup suasana revolusi pada saat itu
Bagian yang ada dalam penggalan resensi di atas adalah ….
9.        Diharapkan UU perlindungan konsumen ini efektif. Undang-undang tersebut merupakan upaya advokasi hak-hak konsumen untuk memilih. Dalam kaitan ini amat penting bagi kita untuk mengkritisi iklan sebagai instrumen mass marketing.
Letak kalimat utama paragraf di atas adalah …. 
10. Tulis dan jelaskan cara menampilkan watak tokoh dalam cerita!

No comments:

Post a Comment