Friday 17 March 2017

Responsi Kls XI

Responsi Bahasa Indonesia
Kelas XI
17 Maret 2017

1.      Cermati kalimat-kalimat berikut!
(1)     Sejak itu, jumlahnya bertambah dua kali lipat setiap 25 tahun.
(2)     Setelah tahun 1680, Inggris tidak lagi menjadi sumber terbesar imigrasi.
(3)     Banyak pula orang yang terpaksa meninggalkan kampung halamannya untuk menghindari kemiskinan.
(4)     Pada tahun 1690, populasi penduduk Amerika telah berkembang menjadi seperempat juta orang.
(5)     Ribuan pengungsi berbondong-bondong meninggalkan daratan Eropa untuk melarikan diri dari bencana perang.
      Perbaikan urutan yang tepat untuk menjadi paragraf cerita sejarah yang baik adalah ….

2.      Cermatilah paragraf berikut dengan saksama!
Survey Badan Pusat Stastistik di Indonesia pada tahun 2013 menunjukkan, orang Indonesia paling gemar menonton telivisi, yakni sekitar 91,68 persen,” kata Hamid. Sebelumnya, pada 12–13 November 2015, diselenggarakan pelatihan bagi 68 guru dari 33 propinsi mengenai buku pengenalan terhadap jasa keuangan itu. Para peserta pelatihan juga berlatih menggunakan permainan Sikapiuangmu, sebagai penerapan melalui permainan pengenalan produk dan jasa keuangan. Diharapkan, siswa dapat bermain sambil balajar.
       Kata yang tepat untuk memperbaiki kata tidak baku yang tercetak miring dalam paragraf tersebut adalah ….

3.      Cermatilah paragraf berikut dengan saksama!
Mengonsumsi buah dan sayur lebih dari lima porsi setiap harinya terbukti berguna menjaga kesehatan. Srudi terbaru menyebutkan sayur dapat mencegah kematian akibat penyakit jantung, stroke, dan kanker.
Penelitian yang dilakukan tim ilmuwan dari University College London (UCL) di London, Inggris ini merekomendasikan untuk mengonsumsi hanya lima porsi buah dan sayuran setiap hari ternyata tidaklah cukup. Paling tidak, kita musti melahap tujuh porsi  buah dan sayuran segar setiap harinya, terutama produk sayuran-sayuran. Studi yang dilansir laman The Guardian juga menyarankan untuk menyantap buah kalengan, berseberangan dengan mereka yang meyakini bahwa kebiasaan tersebut termasuk sehat.  
      Tujuan isi artikel tersebut memberitahu kepada pembaca bahwa ....

4.      Cermati isi paragraf berikut!
(1) Saya sekarang setiap hari menyempatkan membaca buku, terutama membaca buku sastra.  (2) Manfaat yang dihasilkan dari sebuah proses membaca karya sastra dapat dirasakan langsung oleh penikmat sastra. (3) Menurut saya sebuah karya sastra mempunya andil besar dalam menyebarkan manfaat bagi diri lewat keindahannya.  (4) Bukan sebaliknya, menyebarkan keindahan yang melenakan dan tidak membawa gerak perubahan karena sastra lahir dari kejernihan jiwa, dan perasaan seseorang. (5) Oleh sebab itu, manfaat tersebut dapat dirasakan antara lain: melembutkan perasan dan hati, memberi kesadaran akan kebenaran hidup, kegembiran dan pengobat kegelisahan hati, memberikan penghayatan mendalam, dan yang paling penting lagi menjadikan manusia berbudaya dan peka lingkungan.
      Kalimat fakta dalam paragraf tersebut, terdapat pada nomor ….

5.      Bacalah paragraf  berikut dengan saksama!
Tahun 2005, Maret, posisi Tugu Khatulistiwa dikoreksi kembali oleh tim dari BPPT yang berkerja sama dengan Pemerintah Kota Pontianak secara satelit. Ternyata,  terdapat perbedaan  ±117 m dari posisi yang asli ke arah selatan Khatulistiwa.  Perbedaan itu terjadi karena faktor akurasi alat dan cara yang digunakan pada waktu dulu dan sekarang. Menurut ahli geologi, bumi itu mengalami pergeseran secara alami sebanyak ± 1 mm, apalagi kalau terjadi gempa akan semakin besar pergeserannya.
     Arti istilah akurasi sesuai dengan isi teks tersebut adalah ....
6.     Cermati paragraf berikut!
Dia mengatakan ketika kita harus menanamkan rasa kecintaan terhadap tanah air juga menghargai berbagai jenis kebudayaan daerah masing-masing. Apabila hal ini tidak dilakukan, mereka tidak akan pernah tertarik apalagi mencintai jenis kebudayaan milik negaranya sendiri.
Perbaikan kata penghubung (konjungsia) yang tercetak miring pada paragraf tersebut adalah ....

7.         Cermati paragraf teks berita berikut!
(1) Hamas telah menerbitkan buku teks pelajaran baru yang berisi materi perlawanan terhadap Israel. (2) Buku itu bergambar masjid Al-Aqsa di Yerusalem dan Gua Para Leluhur di Hebron dua situs lokasi bentrokan antara umat Islam dan Yahudi. (3) Isinya tentang politik dan sejarah Palestina secara tegas dan tidak mengakui negara Israel. (4) Hamas, dalam buku ini disejajarkan dengan pahlawan nasional Yasser Arafat. (5) Sejarah mutakhir juga dicantumkan dalam buku tersebut, seperti serangan militer Israel ke jalur Gaza pada musim dingin 2008-2009 dan November 2012.
Ide pokok paragraf tersebut adalah ….

8.      Cermati penggalan novel berikut!
Seperti biasa, Ustad Salman ingin berbeda. Menjelang foto bersama besok, dia mengumpulkan kami. “Menurut saya, untuk bisa maju dan berprestasi, kita tidak boleh biasa-biasa saja. Harus mencari yang lebih baik dan berbeda. Setuju?”
“Setuju…” Kami mengangguk-angguk, sudah biasa mendengar bagian ini. “Karena itu, kita akan bikin spanduk kelas kita dalam bahasa lain, yang belum pernah ada di PM, yaitu bahasa Perancis!”
                               Dikutip dari novel  Negeri  5 Menara karya A. Fuadi
      Amanat yang terdapat pada penggalan novel tersebut adalah ….




9.      Cermati penggalan novel berikut!
(1) Jangan takut. (2) Saya datang bukan karena pelanggaran. (3) Hanya untuk meminta maafkan atas tackling kemarin,” katanya. (4) Menyodorkan telapak tangan. (5) Ragu-ragu aku sambut uluran tangannya. (6) Dia mengayun genggamannya dua kali sambil tersenyum tipis. (7) Sebelum aku sempat berkomentar, dia telah menghilang di balik pintu. (8) Walau sangar, dia ternyata sportif.
Dikutip dari novel  Negeri 5 Menara karya A. Fuadi
      Nilai moral pada penggalan novel di atas terdapat pada kalimat nomor ….

10.     Ce rmati dialog berikut!
Iwan : Saya rasa masalah ini perlu kita bicarakan sekarang juga sekarang juga.
Uli    : Iya. Kita tidak boleh berdiam diri saja. Masalah ini terjadi karena kita.
Iwan: Benar juga. Ada baiknya kita bicara sebenarnya. Kalau kita tidak bicara Iman yang akan terus disalahkan.
Uli   : Kita tidak boleh  ....
Iwan: Kita harus berterus terang dan bertanggung jawab atas apa yang telah kita lakukan.
       Peribahasa yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang dalam dialog tersebut adalah ....

No comments:

Post a Comment