Saturday 23 September 2017

KISI-KISI UTS GANJIL TERTULIS 2017-2018

KISI-KISI UTS GANJIL TERTULIS
SMAIT AL FIDAA
TAHUN PELAJARAN 2017-2018



CATATAN : UNTUK MERAPIKAN, SILAKAN DI-COPY KE MS. WORD ATAU MS. EXCEL

KISI-KISI UTS TERTULIS KELAS X


NO MATA PELAJARAN MATERI YANG DIUJIKAN
1. PAI (Fiqih dan Alqur'an Hadits) a. Konsep Kontrol Diri ( Hadits )
b. Ukhuwah QS. Al Hujarat (49) : 10
c. Pergaulan bebas
d. Thobat dan roja
e. Kaidah Tajwid " Dalil Menjauhi Perzinahan"
f. Hikmah menjauhi perbuatan zina
g. Istilah Dalam Islam
       
2. PKn a. peserta didik mengetahui sistem pemerintahan pada periode RIS
b. Pasal 68 ayat 1 & 2
c. peserta didik dapat menjelaskan dampak negatif orde baru
d. menetahui pendapat para ahli tentang politik
e. peserta didik dapat menjelaskan ciri sistem pemerintahan demokrasi liberal
f. peserta didik mengetahui dekrit maklumat presiden Abdurahman Wahid
g. peserta didik mengetahui nasionalisme religius
h. peserta didik mengetahui sistem pemerintahan Indonesia sesudah Amandemen UUD 1945
       
3. Bahasa Indonesia a. Siswa dapat memahami pengertian teks laporan hasil observasi 
b. Siswa dapat membedakan tentang pernyataan atau topik yang faktual atau yang imainatif
c. Siswa dapat menjelaskan tentang struktur teks laporan hasil observasi
d. Siswa dapat memahami kaidah kebahasaan teks laporan hasil observasi
e. Siswa dapat menjabarkan kata benda umum ke dalam kata benda khusus
f. Siswa dapat mengetahui langkah-langkah penulisan teks laporan hasil observasi
g. Siswa dapat membuat kalimat berdasarkan kata yang memiliki makna tidak lugas
h. Siswa dapat menentukan unsur-unsur teks eksposisi
i. Siswa dapat memahami dan menjelaskan struktur teks eksposisi 
j. Siswa dapat menentukan langkah-langkah menulis teks eksposisi
       
4. Matematika Wajib a. Menyelesaikan persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak
b. Menyelesaikan pertidaksaman rasional dan irasional
c. Menemukan penyelesaian dari SPLDV atau SPLTV
d. menyelesaikan model matematika untuk memperoleh solusi permasalahan yang diberikan
       
5. Matematika Peminatan a. Menyelesaikan bentuk bilangan berpangkat
b. Menyelesaikan Persamaan eksponen bentuk af(x) = 1
c. Menyelesaikan Persamaan eksponen bentuk af(x) = ap
d. Menyelesaikan Persamaan eksponen bentuk af(x) = ag(x)
e. Menyelesaikan Persamaan eksponen bentuk af(x) = af(x)
       
6. Fisika a. Menuliskan aturan-aturan keselamatan kerja di laboratorium
b. Menjelaskan simbol-simbol keselamatan kerja di laboratorium
c. Menuliskan besaran pokok, satuan standar SI dan dimensinya
d. Menentukan dimensi suatu besaran turunan
e. Menentukan satuan dari suatu persamaan
f. Menentukan angka penting dan notasi ilmiah
g. Membaca hasil pengukuran menggunakan jangka sorong dan mikrometerskrup
h. Menentukan resultan vektor dari kehidupan sehari-hari  
i. menentukan resultan vektor dari gambar pada diagram Cartesius
       
7. Biologi a. Siswa mampu mengidentifikasi cabang biologi
b. Siswa mampu menjelaskan tingkatan organisasi makhluk hidup
c. Siswa mampu mengidentifikasi masalah pada langkah - langkah ilmiah
d. Siswa mampu menjelaskan tentang sifat ilmuan biologi
e. Peserta didik dapat menjelaskan tingkatan organisasi kehidupan
f. Peserta didik dapat menentukan penulisan tata nama ilmiah sesuai dengan tata nama binomial numenclatur
g. Siswa mampu mengetahui sifat - sifat virus
h. Siswa mamapu menggambarkan struktur badan virus
i. Siswa mampu mengetahui tentang  fase  daur hidup virus
j. Siswa mampu mengidentifikasi tentagpenyakit yang disebabkan oleh  virus
       
8. Kimia a. Peranan ilmu kimia
b. Metode ilmiah: Perumusan masalah
c. Klasifikasi materi dan contohnya
d. Tanda sifat bahan kimia
e. Teori atom Dalton
f. Partikel penyusun atom
g. Penulisan konfigurasi elektron
h. Penulisan konfigurasi elektron
i. Triade Dobereiner  
j. Letak unsur dalam tabel periodik modern (periode dan golongan)
       
9. Sejarah a. mengidentifikasikan sejarah menurut para ahli
b. peserta didik mengetahui kegunaan sejarah menurut Nugroho
c. menjelaskan fungsi mempelajari masa lalu
d. menjelaskan sejarah sebagai kisah,peristiwa,seni dan ilmu
e. menetahui langkah-langkah  metode sejarah
f. jelaskan metode rekonstruksi  sejarah
g. dapat membedaan ilmu sejarah dengan ilmu social
       
10. Bahasa Arab a. Melafalkan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan tema identitas diri
b. Menjawab pertanyaan mengenai informasi tertentu dari wacana tulis
c. Menerjemahkan makna kata/ungkapan sesuai konteks
d. mengidentifikasi tarkib tentang isim ma’rifah dan nakiroh
       
11. Sosiologi a. Menjelaskan pengertian sosiologi menurut etimologi
b. Menjelaskan hakikat sosiologi
c. Menjelaskan objek studi sosiologi
d. Menjelaskan ciri sosilogi menurut Soerjono Soekanto
e. Menjelaskan gejala sosial
f. Menjelaskan gejala sosial yang ada dalam masyarakat
g. Menuliskan faktor – faktor hubungan sosial dalam masyarakat
h. Menjelaskan konflik yang terjadi dalam masyarakat
i. Menjelaskan penyebab kegagalan sosialisasi dalam masyarakat
j. Menjelaskan salah satu bentuk hubungan sosial dalam masyarakat
       
12. Bahasa Inggris a. Disajikan sebuah Recount text, siswa mampu mengisi kalimat Rumpang yang ada pada teks.
b. Siswa mampu menyebutkan jenis teks.
c. Siswa mampu menganalisis informasi tersurat dari sebuah Recount Text
d. Siswa mampu menganalisis informasi tersurat dari sebuah Recount Text
e. Siswa mampu menentukan jawaban dari informsai tersirat dalam Recount Text
f. Siswa mampu menganalisis tujuan dari sebuah teks
g. Siswa mampu menentukan jawaban dari informsai tersirat dalam Recount Text
h. Siswa mampu menentukan General Structure dari sebuah Recount Text
i. Siswa mampu menentukan jawaban dari Teks Rumpang dengan menggunakan is, are, has, and have.
j. Siswa mampu membuat kalimat dengan menggunakan Expressing Congratulation
       

KISI-KISI UTS TERTULIS KELAS XI


NO MATA PELAJARAN MATERI YANG DIUJIKAN
1. PAI (Fiqih dan Alqur'an Hadits) a. Merubah ke huruf latin, mengartikan dan menentukan hukum bacaan dari surat  AL Baqoroh ayat 148, Fathir ayat 32, Al Isra ayat 26-27 dan Al Baqoroh ayat 177
b. Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah.
c. Menjelaskan langkah-langkah tobat yang diterima Allah
d. Menjelaskan perilaku orang yang memiliki sifat Roja’.
e. Mengartikan, menjelaskan dan menuliskan hikmah hadits ke 27, 28,29,30.
       
2. PKn a. menjelaskan budaya politik menurut para ahli
b. mengidentifikasikan orientasi budaya politik
c. menjelaskan budaya politik partisipan
d. menjelaskan tiga orientasi budaya politik partisipan warga
e. menjelaskan budaya politik menurut para cendekiawan indonesia
f. menjelaskan sosialisasi politik tidak langsung beserta contoh
g. memberikan tanggapan terhadap sikap politik
h. menjelaskan macam-macam demokrasi
       
3. Bahasa Indonesia a. Menjelaskan bagian – bagian dalam sebuah pidato
b. Mengidentifikasi unsur resensi
c. Mengidentifikasi watak tokoh dalam sebuah drama
d. Menjelaskan macam – macam konjungsi
e. Menuliskan sistematika daftar pustaka
f. Mengidentifikasi kata serapan 
g. Menjelaskan unsur – unsur intrinsik drama
h. Menuliskan sistematika penulisan resensi
i. Mengidentifikasi unsur intrinsik dalam sebuah novel
j. Mengidentifikasi catatan kaki
       
4. Matematika a. Menentukan mean,median, modus, rentangan kuartil, simpangan kuartil 
b. Menentukan rataan gabungan 
c. Menentukan permutasi 
d. Menentukan nilai kaidah pencacahan 
e. Mencari nilai n dari hasil Kombinasi 
f. Menentukan nilai frekuensi harapan 
       
5. Fisika a. Menentukan kecepatan rata-rata suatu benda
b. Menentukan percepatan awal suatu benda
c. Menentukan percepatan sentripetal suatu benda
d. Menentukan perbandingan kecepatan awal, kecepatan di titik tertinggi, dan kecepatan saat bola sampai di tanah pada gerak parabola
e. Menentukan kecepatan sudut pada roda-roda yang berhubungan (seporos, setali, dan bersinggungan)
f. Menentukan tinggi maksimum dan jarak terjauh yang dicapai bola
       
6. Biologi a. Memahami Pengertian sel
b. Memahami Organel sel hewan melalui gambar
c. Memahami kaitan organel sel dalam menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari – hari 
d. Memahami fungsi organel sel hewan
e. Memahami arti sifat totipotensi dan contohnya
f. Memahami morfologi jaringan meristem
g. Memahami kaitan al Quran dengan materi pembelajaran
       
7. Kimia a. Teori atom Bohr
b. Bilangan kuantum
c. Penulisan konfigurasi elektron dan diagram orbital
d. Bentuk molekul
e. Gaya van der Waals
f. Ikatan Hidrogen
g. Hukum kekekalan energi
h. Reaksi eksoterm dan endoterm
i. Perubahan entalpi dan diagram entalpi
j. Persamaan Termokimia
       
8. Sejarah a. mengetahui sejarah kerajaan Aceh
b. menjelaskan sejarah Kerajaan Perlak
c. mengidentifikasikan Perjanjian Bongaya
d. mengidentifikasikan peninggalan kerjaan islam
e. mengidentifikasikan perjanjian saragosa
f. mengidentifikasikan berdirinya VOC
g. menjelaskan penyimpangan tanam paksa
h. mengetahui sejarah penjelajah samudera,eropa ke Indonesia
       
9. Bahasa Arab a. Mengaitkan 2 kata yang saling berhubungan antara fi'il dan dhomirnya
b. Menjawab pertanyaan mengenai informasi tertentu dari wacana tulis
c. Menerjemahkan makna kata/ungkapan sesuai konteks
d. Mengidentifikasi tarkib tentang masdar shoriih dan muawwal
e. Membuat kalimat dari kosa kata yang diberikan
       
10. Bahasa Inggris a. Disajikan sebuah Analytical Exposition text, siswa mampu mengisi kalimat Rumpang yang ada pada teks.
b. Siswa mampu menentukan jenis teks.
c. Siswa mampu menentukan General Structure dari Analytical Exposition Text.
d. Siswa mampu menentukan jawaban dari informsai tersirat dalam Analytical Expositon Text
e. Siswa mampu menentukan jawaban dari informsai tersirat dalam Analytical Expositon Text
f. Siswa mampu menentukan tujuan dari sebuah teks.
g. Siswa mengubah kalimat Active menjadi kalimat Passive Voice
h. Siswa mengubah kalimat Passive menjadi kalimat Active Voice
i. Siswa mampu menentukan jawaban dari kalimat rumpang pada Conditional Sentences
j. Siswa mampu membuat kalimat dengan menggunakan Conditional Sentences
       
11. Bahasa Jepang a. Nama-nama tempat di sekolah dan di rumah
b. Pendapat terhadap negara Jepang
c. Nama-nama benda di rumah dan di sekolah dalam bahasa jepang
d. Perkenalan diri
e. Menterjemahkan kalimat
f. Nama-nama hari dan hiragananya
g. Percakapan
h. Menterjemahkan kalimat
       


KISI-KISI UTS TERTULIS KELAS XII
 
NO MATA PELAJARAN MATERI YANG DIUJIKAN
1. PAI (Fiqih dan Alqur'an Hadits) a. QS Al jumu'ah (62) : 9, Tajwid dan maknanya
b. Hadits ke 42  "Menjaga lidah"
c. Kebebasan ; dalam perspektif (padangan islam) tentang  LGBT 
d. Tujuan dan  hukum  pernikahan serta perceraian
e. Bentuk-bentuk ke zholiman
f. Rukun  Nikah
       
2. PKn a. Menjelaskan Ideologi bangsa
b. mendiskripsikan fungsi pancasila berdasarkan kedudukan sebagai dasar negara
c. mendiskripsikan ciri khas ideologi
d. memberikan contoh sikap positif nilai kerakyatan yang terdapat pada pancasila
e. mendiskripsikan fungsi pokok pancasila
f. pandangan siswa terhadap paradigma pembangunan
g. mediskripsikan ciri pemerintahan parlementer
h. mendiskripsikan tugas dan wewenang MPR
       
3. Bahasa Indonesia a. Siswa dapat menuliskan perbedaan fakta dan opini 
b. Siswa dapat menuliskan dan menentukan ciri-ciri ide pokok
c. Siswa dapat memahami puisi baru
d. Siswa dapat menuliskan dan memahami metode pidato
e. Siswa dapat memahami tentang kritik dan saran
f. Siswa dapat menyimpulkan permasalahan dalam laporan
g. Siswa dapat memahami puisi lama
h. Siswa dapat menentukan pengertian surat dinas beserta contohnya
i. Siswa dapat menetukan perbedaan novel dan cerpen
j. Siswa dapat memahami dan menentukan bagian-bagian surat lamaran kerja
       
4. Matematika a. Menghitung hasil integral tertentu dari fungsi aljabar
b. Menentukan integral tak tentu dari fungsi aljabar menggunakan substitusi
c. Menentukan integral tak tentu dari fungsi trigonometri menggunakan substitusi
d. Menghitung luas daerah antara dua kurva menggunakan integral
e. Menentukan model matematika dari suatu masalah program linear
f. Menyelesaikan masalah program linear (soal maksimum)
       
5. Fisika a. Menentukan frekuensi yang didengar olah pengamat pada peristiwa Efek Doppler
b. Menentukan salah satu besaran pada gelombang berjalan
c. Menentukan jarak perut dan simpul pada gelombang stasioner ujung bebas/terikat
d. Menentukan perbandingan panjang pipa organa terbuka dan pipa organa tertutup
e. Menentukan jarak  dari intensitas bunyi dan taraf intensitas bunyi
f. Menentukan salah satu besaran pada interferensi celah ganda Young
       
6. Biologi a. Pengertian pertumbuhan dan perkembangan
b. Nama nama hormon pada hewan dan tumbuhan beserta fungsinya
c. Proses perkecambahan
d. Pengertian metabolisme, anabolisme dan katabolisme
e. Pengertian enzim, karakteristik dan fungsinya
f. Perbedaan respirasi aerob dan anaerob
g. Proses tahapan respirasi aerob
h. Pemahaman substrat dan hasil akhir dari proses glikolisis, siklus kreb, dan transfer elektron!
i. Pengertian proses reaksi terang dan reaksi gelap pada fotosintesis serta perbedaannya
j. Pemahaman Proses sintesis protein

       
7. Kimia a. Menentukan kemolalan larutan jika diketahui kadar larutan tersebut
b. Menganalisis sifat koligatif larutan jika diketahui gambar molekuler larutan
c. Menentukan nilai E sel  jika diketahui nilai beda potensialnya
d. Menentukan reaksi spontan dan tidak spontan jika diketahui reaksi
e. Menentukan penyetaraan reaksi dengan metode biloks ataupun setengah reaksi
pencegahannya
f. Menentukan nilai titik didih larutan jika diketahui titik beku larutan
       
8. Sejarah a. mengidentifikasikan kabinet Ampera
b. mengidentifikasikan tujuan didirikan OKI
c. Mengetahui makna Reformasi
d. menjelaskan tugas pancakrida
e. mendiskripsikan kelemehan orde baru
f. mendiskripsikan pelita I sampai V
g. mendskripsikan lahirnya reformasi
       
9. Bahasa Arab a. Mengaitkan 2 kata yang saling berhubungan antara dhomir dan huruf nasb serta fi'ilnya
b. Menjawab pertanyaan mengenai informasi tertentu dari wacana tulis
c. Menerjemahkan makna kata/ungkapan sesuai konteks
d. Mengidentifikasi tarkib tentang fi'il mudhori marfu', mansub, dan majzum
e. Mengisi kata-kata yang kosong dengan huruf nasb atau jazm yang sesuai
       
10. Bahasa Inggris a. Disajikan sebuah Narrative text, siswa mampu mengisi kalimat Rumpang yang ada pada teks.
b. Siswa mampu menentukan Ide pokok dalam Narrative Text
c. Siswa mampu menganalisis dan menentukan informasi tersurat dalam Narrative Text
d. Siswa mampu menentukan jenis teks 
e. Siswa mampu menarik kesimpulan cerita dalam Narrative Text
f. Siswa mampu menganalisis dan menentukan Persamaan kata dalam sebuah kalimat
g. Siswa mampu mnentukan jawaban yang tepat dalam kalimat rumpang di Adjective Clause
h. Disajikan sebuah Explanation text, siswa mampu mengisi kalimat Rumpang yang ada pada teks.
i. Disajikan sebuah Explanation text, siswa mampu mengisi kalimat Rumpang yang ada pada teks.
j. Siswa mampu mengubah kalimat (translate) dengan menggunakan bentuk Simple Present Progressive with Always
       
11. Bahasa Jepang a. Pandangan terhadap negara Jepang
b. 10 nama benda di sekolah dan di rumah
c. Menterjemahkan kalimat
d. Menterjemahkan ke hiragana dan katakana
e. Buat karangan singkat
f. Terjemahkan kalimat dari hiragana
       

No comments:

Post a Comment