Tuesday 27 November 2018




KISI - KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) GANJIL


KELAS X


SMAIT ALFIDAA


TAHUN PELAJARAN 2018-2019






Kisi-Kisi Ulangan Tertulis



NO MATA PELAJARAN MATERI YANG DIUJIKAN PG URAIAN
1. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti a. Arti Potongan Q.S Al Anfal ayat 72 1  
b. Kaidah tajwid 4  
c. Asmaul Husna berikut ayat-ayatnya 8  
d. melanjutan Q.S Al 'Araf ayat 180 1  
e. hadis " menjauhkan hal-hal yang tidak bermanfaat" 1  
f.  ciri-ciri busana muslimah 7  
g. makna surah Al Ahzab ayat 59  3  
h. Allah memerintahkan pada istri-istri nabi berkenaan dengan mahrom 1  
i. ayat berpakaian ketika hendak ke masjid 1  
j. prilaku jujur 4  
k. urutan matan hadist jagalah lima sebelum lima 1  
l. makna surah An Nur ayat 31  1  
m. strategi dakwa Rosul 3  
n. hukum-hukum islam 3  
o. fungsi surat Al Maidah ayat 3  1  
p.  kriteria berbusana muslim yang syar’i (laki-laki dan wanita)   1
q. meneladani As maul Husna   1
r. hikmah hijrah yang dilakukan Rosulullah   1
s. arti Ibadah mahdhoh, aurat, fitnah, sunnah muaqadah, dakwah jahr   1
t. hikmah dan kandungan Hadist Insfiratif no.8   1
JUMLAH SOAL 40 5
 
2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan a. Tugas dan wewenang lembaga negara 1,2,3,4,8,10,13,23 42
  dan Kewarganegaraan  b. Sistem pemerintahan yang pernah berlaku di Indonesia 6,9,21,22, 27  
    c. penyimpangan pada masa berlakunya sistem pemerintahan di Indonesia 7  
    d. wilayah negara, syarat berdirinya negara 11,12,18,19,36  
    e. UUD NRI 45 sebagai sumber hukum  14  
    f. pasal-pasal dalam UUD NRI 45 tentang kewarganegaraan 15,16,20,25,32 43
    g. menjelaskan kewarganegaraan 17,34,38,39,40  
    h. penerapan nilai pancasila dalam bernegara 24 41
    i. hak&kewajiban warga negara  26,37  
    j. suprastruktur dan infrastruktur politik 28 44
    k. pembagian kekuasaan pemerintah pusat dan daerah 29,30,31,33,35 45
    JUMLAH SOAL 40 5
 
3. Bahasa Indonesia a. 1.       mengidentifikasi ide pokok dalam sebuah paragraf 2  
b. 2.       mengidentifikasi kalimat fakta dalam sebuah paragraf 2  
c. 3.       mengidentifikasi penulisan laporan umum 2  
d. 4.       mengidentifikasi unsur intrinsik dalam sebuah teks anekdot 2  
e. 5.       mengidentifikasi cerita rakyat 3  
f. 6.       mengidentifikasi unsur intrinsik hikayat  3  
g. 7.       mengidentifikasi karakteristik hikayat 3  
h. 8.       mengidentifikasi pernyataan umum pada teks laporan hasil penelitian 3  
i. 9.       mengidentifikasi makna kata pada teks laporan hasil observasi 3  
j. 10.    mengidentifikasi makna kata dalam sebuah paragraf 3  
k. 11.    mengidentifikasi kalimat eksposisi 2  
l. 12.    mengidentifikasi unsur intrinsik yang terdapat pada novel 2  
m. 13.    mengidentifikasi unsur yang terdapat dalam sebuah hikayat 2  
n. 14.    melengkapi kalimat rumpang dalam sebuah paragraf 2  
o. 15.    mengidentifikasi unsur-unsur berita 1 1
p. 16.    mengidentifikasi rangkuman sebuah teks  1 1
q. 17.    mengidentifikasi nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah hikayat 1 1
r. 18.    mengidentifikasi kalimat efektif dalam sebuah paragraf 1 1
s. 19.    mengembangkan ide pokok menjadi paragraf deduktif 1 1
t. 20.    menganalisis langkah dalam membuat teks laporan hasil observasi 1  
JUMLAH SOAL 40 5
 
4. Matematika Wajib a. Mencari faktor dari persamaan kuadrat 1  Soal  
    b. mencari nilai dari persamaan linear satu variabel yang memuat nilai mutlak 1  Soal  
    c. Menentukan notasi interval/ pertidaksamaan dari PtLSV 1  Soal  
    d. Mencari himpunan penyelesaian dari persamaan linear satu variabel yang memuat nilai mutlak 1  Soal  
    e. Mencari himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan linear satu variabel yang memuat nilai mutlak 3  Soal  
    f. Mencari penyelesaian dari pertidaksamaan linear satu variable 2  Soal  
    g. Mencari penyelesaian dari pertidaksamaan kuadrat 2  Soal  
    h. Mencari penyelesaian dari pertidaksamaan rasional 3 Soal 1  Soal
    i. Mencari penyelesaian dari pertidaksamaan irasional 3  Soal  
    j. Mencari penyelesaian dari Sistem persamaan linear dua variabel 4  Soal 1  Soal
    k. Mencari himpunan penyelesaian dari Sistem persamaan linear tiga variabel 2  Soal  
    l. Mencari himpunan penyelesaian dari Sistem persamaan linear kuadrat 1  Soal 1  Soal
    m. Mencari himpunan penyelesaian dari Sistem persamaan kuadrat - kuadrat 1  Soal  
    n. Mencari nilai dari sebuah fungsi kuadrat  1  Soal  
    o. Mencari titik potong dari sebuah grafik fungsi kuadrat 1  Soal  
    p. Penggunaan diskriminan 2  Soal  
    q. Mencari nilai maksimum dari fungsi kuadrat 1  Soal  
    r. Melukis sebuah grafik fungsi kuadrat   1  Soal
    s. Hubungan Ayat Al- Qur'an dengan materi matematika   1  Soal
    JUMLAH SOAL 30 5
 
5. Sejarah Indonesia a. ciri-ciri sejarah 2 1
    b. kegunaan ilmu sejarah (edukatif, instruktif, inspiratif, rekreatif) 6  
    c. manfaat dan tujuan dari ilmu sejarah 2 1
    d. kaitan manusia dengan waktu (pengulangan, perkembangan, perubahan, kesinambungan) 4  
    e. pemahaman terhadap ilmu sejarah 1  
    f. definisi Sejarah menurut Kuntowijoyo 1 1
    g. definisi Sejarah menurut Herder 1  
    h. definisi Sejarah berdasarkan Etimologi dan bahasa daerah 2  
    i. definisi Sejarah menurut R. Moh. Ali 4  
    j. sejarah objektif (sejarah sebagai peristiwa) 1  
    k. sejarah subjektif (sejarah sebagai kisah) 1  
    l. Jenis-jenis sejarah dan pengertiannya 6 1
    m. metode ilmu sejarah 6  
    n. definisi Sejarah menurut Ibnu Khaldun 1 1
    o. definisi Sejarah menurut Sartono kartidirdjo 1  
    p. sejarah sebagai seni 1  
    JUMLAH SOAL 40 5
 
6. Bahasa Inggris a. Siswa dapat menentukan informasi tersirat maupun tersurat dari Descriptive Text No. 1 - 4  
    b. Siswa dapat menentukan informasi tersirat maupun tersurat dari Samples Of Letter No. 5 - 7  
    c. Siswa dapat menentukan informasi tersirat maupun tersurat dari Recount Text No. 8 - 10  
    d. Siswa dapat menentukan informasi tersirat maupun tersurat dari Samples Of Letter Recount No. 11 - 14  
    e. Siswa dapat menentukan informasi tersirat maupun tersurat dari Recount Text No. 16 - 20  
    f. Siswa dapat menentukan informasi tersirat maupun tersurat dari Descriptive Text No. 21 - 26  
    g. Siswa dapat menentukan informasi dalam Simple Present Tense No. 27  
    h. Siswa dapat menentukan informasi dalam Plans No. 28  
    i. Siswa dapat menentukan informasi dalam WH Questions No. 29  
    j. Siswa dapat menentukan informasi dalam Expressions Of Feeling No. 30 - 32  
    k. Siswa dapat menentukan informasi dalam Plans No. 33 - 34  
    l. Siswa dapat menentukan informasi dalam Present Perfect No. 35  
    m. Siswa dapat menentukan informasi dalam Expressions Of Feeling No. 36  
    n. Siswa dapat menentukan informasi dalam kalimat rumpang mengenai Recount Text No. 14  
    o. Siswa dapat menentukan informasi (mengisi) kalimat rumpang mengenai Recount Text   No. 1
    p. Siswa dapat membuat  kalimatdengan WH Words   No. 2
    q. Siswa dapat melengkapi kalimat Degree of Comparison   No. 3
    r. Siswa dapat menerjemahkan kalimat bahasa Indonesia kedalam bahasa Inggris  menggunakan Adjective In Order   No. 4
    s.
    t Siswa dapat merubah kalimat dengan Adverbial Place   No.5
    JUMLAH SOAL 40 5
 
7. Matematika Peminatan a. Mencari nilai pendekatan eksponesial 1 soal  
    b. Menentukan himpunan penyelesaian persamaan eksponen berbentuk: 12 Soal  
    c. a.        af(x) = p à f(x) = p  
    d. b.       af(x) =  af(x)  à f(x) = g(x)  
    e. c.        af(x) =  bf(x) à f(x) = 0  
    f. d.       f(x)h(x) = g(x)h(x) 1 Soal
    g. e.       H(x)f(x) = H(x)g(x)  
    h. f.         A(af(x)2 + B(af(x)) +C = 0  
    i. Menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan eskponen  
    j. Menentukan nilai dari penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian logaritma  
    k. Menentukan himpunan penyelesaian persamaan logaritma bentuk: 2 Soal  
    l. a.        alog f(x) = alog p 4 soal 1 Soal
    m. b.       alog f(x) = alog g(x) 9 Soal  
    n. c.        alog f(x) = blog f(x) 1 Soal  
    o. d.       f(x)log f(x) = blog f(x) 1 Soal 1 Soal
    p. e.       f(x)log g(x) = f(x)log h(x)   1 Soal
    q. f.         A{alog x}2 + B{ alog x} + C   1 Soal
    r. Menyatakan bilangan logaritma kedalam bentuk “a”    
    s. Penerapan Fungsi Eksponen :    
      1.       Pertumbuhan    
      2.       Peluruhan (Pengurangan)    
      Hubungan ekspresi logaritma dan ekspresi eksponen    
      Hubungan Ayat Al- Qur'an dengan materi eksponen dan logartima    
    JUMLAH SOAL 30 5
 
8. Fisika  a. Metode ilmiah  1, 2,   
    b. Data kuantitatif dan data kualitatif 3,   
    c. Alat-alat laboratorium 4,  
    d. Variabel bebas 5,  
    e. Hipotesis  6,  
    f. Penerapan fisika di berbagai bidang 7, 8,  1
    g. Besaran vektor 9,   
    h. Pengukuran dengan mikrometer berdasarkan angka penting   2
    i. Besaran pokok 15,16,19  
    j. Satuan  17,  
    k. Dimensi  18,  
    l. Angka penting 20,  
    m. Menghitung kecepatan 21, 29  
    n. Menghitung resultan vektor 22-25 3,4
    o. Perpindahan dan jarak 26, 28, 30  
    p. Macam-macam gerak lurus 27  
    q. Menghitung waktu tempuh - 5
    JUMLAH SOAL 30 5
 
9. Biologi  a. BAB I RUANG LINGKUP BIOLOGI    
    b. Memahami objek kajian biologi dan tahapan metode ilmiah 2 1
    c. Menyebutkan simbol-simbol bahan berbahaya di laboratorium 1  
    d. Memahami sruktur organisasi makhluk hidup 1  
    e. Menyebutkan manfaat dan penyalahgunaan ilmu biologi 2  
    f. BAB II KEANEKARAGAMAN HAYATI    
    g. Memahami keanekaragaman hayati tingkat gen dan spesies 2  
    h. Meyebutkan keanekaragaman hayati yang ada di indonesia 1  
    i. Memahami pelestarian sumber daya alam ex situ dan in situ 3  
    j. BAB III KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP    
    k. Mengetahui tokoh ilmuan yang berjasa dalam klasifikasi makhluk hidup 2  
    l. Menjelaskan tingkatan taksonomi pada klasifikasi makhluk hidup 1 1
    m. Memahami ciri-ciri makhluk hidup berdasarkan genus dan spesiesnya 3  
    n. Memahami sistem penamaan ilmiah pada makhluk hidup 3  
    o. BAB IV VIRUS    
    p. Menyebutkan ciri-ciri virus 2  
    q. Menjelaskan awal penemuan virus 1  
    r. Menyebutkan contoh virus, manfaat dan damak negatifnya 3 1
    s. Memahami cara perkembangbiakan virus 1  
    t. Menjelaskan struktur tubuh virus 1  
    u. BAB IV MONERA    
    v. Menyebutkan ciri-ciri monera 2  
    w. Menjelaskan bentuk-bentuk bakteri 3  
    x menyebutkan contoh monera beserta manfaat atau dampak negatifnya 1 1
    y BAB V PROTISTA    
    z Menjelaskan ciri-ciri protista 2  
    ab Menjelaskan jenis alat gerak pada protozoa 1 1
    ac Menyebutkan bagian tubuh dari protozoa 1  
    ad Menyebutkan cara reproduksi pada protista 1  
    JUMLAH SOAL 40 5
 
10. Kimia a. Memahami ilmu kimia dan perannnya. 1, 2, 3  
    b. Memahami karakteristik ilmu kimia. 3, 5, 6  
    c. Menerapkan prinsip-prinsip metode ilmiah untuk memahami fenomena kimia di sekitarnya. 7, 8, 9  
    d. Menjelaskan materi dan klasifiksinya 10, 11, 12 1
    e. Menggunakan peralatan di laboratorium secara tepat. 13, 14, 15  
    f. Menjelaskan partikel dasar penyusun atom, konfigurasi elektron dan perkembangan teori atom. 18, 17, 19, 20  
    g. Menjelaskan perkembangan sistem periodik unsur dan dasar-dasar pengelompokan unsur. 20, 21, 22, 23 2, 3
    h. Menjelaskan hubungan konfigurasi elektron dengan sistem periodik unsur. 24, 25, 26, 27  
    i. Menjelaskan proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan kovalen koordinasi, dan ikatan logam. 28, 29, 30 4
    j. Membedakan sifat fisika ion, kovalen, dan logam. 31, 32, 33  
    k. Menuliskan rumus lewis untuk menggambarkan pembentukan ikatan kovalen. 34, 35  
    l. Menggambarkan rumus Lewis untuk molekul poliatom. 36, 37, 38 5
    m. Menentukan kepolaran molekul. 39, 40  
    JUMLAH SOAL 40 5
 
11. Bahasa Arab a. percakapan sehari-hari 8  
    b. kosa kata tentang biodata diri, fasilitas umum di sekolah, dan kehidupan di keluarga dan di asrama  11  
    c. tarkib tentang isim ma’rifah dan nakiroh  10 1
    d. tarkib tentang mubtada’ dan khobar 3 1
    e. macam-macam khobar   1
    f. mubtada dhomir khobar fi'il mudhori 8 1
    g. memahami teks bacaan   1
    JUMLAH SOAL 40 5
 
12. Seni Budaya Sesuai kisi-kisi soal 30 5
13. Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan Sesuai kisi-kisi soal 30 5
14. Prakarya dan Kewirausahaan Sesuai kisi-kisi soal 30 5
15. Bahasa Sunda Sesuai kisi-kisi soal 30 5
16. Sosiologi Sesuai kisi-kisi soal 30 5
 






Kisi-Kisi Ulangan Praktek



NO MATA PELAJARAN MATERI YANG DIUJIKAN (BAHAN DAN ALAT, ASPEK PENILAIAN)
1. Pendidikan Agama Islam Materi :  hafalan hadist insfiratif ( Hadist no 8-18)
Bahan : 
Alat :
Aspek Penilaian : Fasih , lancar dan artinya tepat
     
2. Bahasa Indonesia Materi : cerita hikayat 
Bahan : 
Alat :
Aspek Penilaian : keindahan, kerapian, kebersihan, kesesuaian dengan tema
     
3. Bahasa Inggris Materi :  Procedure Text
Bahan : video 
Alat : tema masing-masing 
Aspek Penilaian : Teamwork, Pronounciation, Expressions, etc.
     
4. Fisika Materi : Gerak Lurus dan Gerak Jatuh Bebas
Bahan : koran bekas, lakban hitam, kelereng, dan bola pingpong (perkelompok)
Alat : stopwatch, gunting, meteran dan penggaris (perkelompok)
Aspek Penilaian : Ketepatan membaca alat ukur waktu (stopwatch),Kesesuaian percobaan dengan konsep,Laporan
     
5. Kimia Materi : Senyawa ion
Bahan : garam, air
Alat : Alat rangkaian listrik
Aspek Penilaian : laporan praktikum
     
6. Biologi Materi : KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP (Projek : Membuat Tanaman Gantung)
Bahan :  Botol bekas, Tali, pupuk, dan tanaman.
Alat : Penggaris, cutter, spidol, dan cat
Aspek Penilaian : keterampilan 
     
7. Seni Budaya Materi : Menggambar Seni rupa 2 dimensi (tema asmaul husna 1-20) teknik kolase
Bahan :  Kanvas ukuran A4, Kuas, pewarna, bahan kolase (bebas)
Alat :
Aspek Penilaian : 
     
8. Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan Materi :  Keterampilan Gerak Lari Jarak Pendek : 400 meter
Bahan : 
Alat :
Aspek Penilaian : Penempatan kaki pada saat di garis starts.d posisi aba-aba,Keterampilan lari jarak pendek,Kecepatan lari
     
9. Bahasa Sunda Materi :  membaca biantara ( pidato sunda )
Bahan :  naskah pidato  sunda dari guru bidang study
Alat :
Aspek Penilaian : 
     
10. Prakarya dan Kewirausahaan Materi : membuat karya dari barang bekas
Bahan : botol, kertas dan lain -lain 
Alat :
Aspek Penilaian : kerapihan dan keunikan 
     
11. Bahasa Arab Materi :  mubtada dhomir + khobar fi'il mudhori
Bahan : 
Alat :
Aspek Penilaian : ketepatan
     
12. Al-Qur'an Materi : Hafalan Al-Qur'an selama kurang lebih 3 bulan
Bahan : 
Alat :
Aspek Penilaian : Makhorijul Huruf, Tajwid, dan Hafalan
     

No comments:

Post a Comment