Monday 8 April 2019

SOAL RESPONSI MATEMATIKA KELAS X

SOAL RESPONSI MATEMATIKA KELAS X


1.       Terdapat sebuah taman yang indah di tengah kota yang berbentuk segitiga sembarang. Taman tersebut sangat bagus jika digunakan untuk bermuhasabah atau dijadikan tempat mentoring bagi para remaja yang menggemari tempat terbuka untuk menimba ilmu. Jika sudut apit taman tersebut sebesar 45o dan panjang dua sisi yang mengapitnya masing – masing 28m dan 36m, luas taman tersebut adalah ….

2.       Seorang pengamat melihat puncak pohon dengan sudut elevasi 25o. Pada puncak pohon, pengamat tersebut melihat induk burung yang sedang memberi makan anak – anaknya. Pengamat  tersebut tertegun, sungguh Allah SWT telah mengatur rizki setiap ciptaannya. Jika jarak antara pengamat dan pohon adalah 60 meter, maka tinggi  pohon tersebut adalah ….

3.       Pilot pesawat yang sedang terbang dengan ketinggian 850 kaki, takjub melihat luasnya lautan yang diciptakan Allah SWT. Ditengah lautan, pilot tersebut melihat sebuah kapal pesiar yang sedang berlayar. Apabila sudut depresi pilot terhadap kapal sebesar 30o. Maka jarak pandang langsung pilot terhadap kapal adalah ….

4.       Pak Sabil menabung uang di suatu bank sebesar Rp 50.000.000,00 dengan bunga majemuk 10% per tahun. Jumlah tabungan Pak Sabil setelah 5 tahun adalah sekian rupiah. Karena pak Sabil ingin menghindari riba, maka bunga yang diterimanya ia sedekahkan untuk pembangunan masjid didekat rumahnya. Selain itu pak Sabil juga ingin bersedekah dari uang tabungannya yang selama ini ia tabung sebanyak 20%. Maka jumlah sedekah yang dikeluarkan pak Sabil adalah ….  

No comments:

Post a Comment