Saturday 12 October 2019

SOAL RESPONSI BAHASA INDONESIA KELAS XI

SOAL RESPONSI BAHASA INDONESIA KELAS XI


Cermati teks berikut!
Produksi film nasional kini semakin meningkat dengan tema yang beragam. Dapat dikatakan bahwa film layar lebar telah menunjukkan kemajuan yang cukup pesat dengan adanya berbagai genre film. Hal ini juga menyebabkan berkurangnya film yang berbau horor.
1.         Makna istilah yang bercetak miring pada teks adalah ….
Cermati teks berikut!
Meski terlambat, langkah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengeluarkan surat edaran baru yang berisikan pemecatan untuk para Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang terbukti melakukan korupsi, patut diapresiasi. (2) Seluruh kepala daerah dan lembaga terkait harus segera merespons surat edaran tersebut dengan melakukan pemecatan terhadap PNS yang tersangkut kasus korupsi. (3) Hal itu penting segera dilakukan untuk mencegah kerugian negara yang lebih besar dengan tetap menggaji para penggarong uang rakyat tersebut. (4) Berdasarkan data di KPK, hingga saat ini masih ada 2.357 PNS koruptor yang belum dipecat dan masih menerima gaji dari negara. (5) Akibat keteledoran ini, pemerintah harus mengeluarkan uang untuk menggaji mereka sekitar Rp11.785.000.000 setiap bulan.
2.         Kalimat fakta dalam teks tersebut terdapat pada kalimat nomor ….
Cermati teks berikut!
Asal-usul bentuk rumah gadang sering dihubungkan dengan kisah perjalanan nenek moyang Minangkabau. Konon kabarnya, bentuk badan rumah gadang Minangkabau yang menyerupai tubuh kapal adalah meniru bentuk perahu nenek moyang Minangkabau pada masa dahulu. Perahu nenek moyang ini dikenal dengan sebutan lancang. Menurut cerita, lancang nenek moyang ini semula berlayar menuju hulu Batang Kampar. Setelah sampai di suatu daerah, para penumpang dan awak kapal naik ke darat. Lancang ini juga ikut ditarik ke darat agar tidak lapuk oleh air sungai. Lancang kemudian ditopang dengan kayu-kayu agar berdiri dengan kuat. Lalu, lancang itu diberi atap dengan menggantungkan layarnya pada tali yang dikaitkan pada tiang lancang tersebut. Selanjutnya, karena layar yang menggantung sangat berat, tali-talinya membentuk lengkungan yang menyerupai gonjong. Lancang ini menjadi tempat hunian buat sementara.
3.         Ide pokok teks di atas adalah ….
Cermati teks berikut!
Pendidikan karakter harus mulai ditanamkan sejak dini agar dapat menjadi dasar yang kuat bagi seseorang untuk menghadapi kehidupan di masa mendatang.
4.         Inti kalimat tersebut adalah ….
Cermati teks berikut!
Salah satu tradisi unik yang ada di Sumatera Barat adalah Pesta Tabuik. Perayaan Tabuik merupakan tradisi masyarakat Pariaman, Sumatera Barat, untuk memperingati meninggalnya cucu Nabi Muhammad, Hasan dan Husein. Prosesi ini biasanya berlangsung selama satu minggu dengan perayaan puncak yang dinamakan hoyak tabuik yang dilaksanakan pada tanggal 10 Muharram setiap tahunnya.
5.         Kata ini yang bercetak miring pada teks di atas merujuk kepada kelompok kata ….
Cermati teks berikut!
(1) Literasi pada dasarnya mengacu pada kemampuan membaca dan menulis. (2) Kemampuan ini juga tidak bisa dilepaskan dari kemampuan menyimak dan berbicara. (3) Dengan demikian, literasi identik dengan kemampuan menyeluruh keterampilan berbahasa yang terdiri atas kemampuan mnyimak, berbicara, membaca, dan menulis. (4) Oleh karena itu, seorang dikatakan literate (terdidik) apabila ia menguasai keempat keterampilan berbahasa. (5) Keempat keterampilan berbahasa tersebut, khususnya keterampilan membaca dan menulis perlu terus dipelajari, dilatih, dan dibiasakan secara konsisten.
6.         Kalimat utama teks tersebut terdapat pada nomor ….
Cermatilah kalimat-kalimat berikut!
Kalimat utama: Secara garis besar, tambo Minangkabau dapat dibedakan atas dua jenis yaitu tambo adat dan tambo alam.
Kalimat penjelas:
(1) Kedua jenis tambo ini tidak berdiri sendiri, melainkan sebuah kesatuan yang utuh.
(2) Sayangnya, generasi muda Minangkabau kurang peduli dengan hakikat tambo.
(3) Tambo adat mengisahkan tentang adat, undang-undang, serta sistem pemerintahan Minangkabau di masa lalu.
(4) Tambo alam mengisahkan asal usul nenek moyang, batas-batas wilayah, serta sejarah kerajaan Minangkabau.
(5) Tambo termasuk ke dalam jenis sastra lama yang pada awalnya berupa sastra lisan.
7.         Kalimat penjelas yang mendukung kalimat utama terdapat pada nomor ....
Cermati penggalan cerpen berikut!
(1) Pertama kali aku mengetahui bakat semacam itu adalah saat nenek berkata bahwa seorang yang dekat tapi jauh akan pergi bersama orang-orang asing yang tak diketahui selain nama mereka. (2) Pamanku yang termuda mengatakan bahwa seluruh orang dekat kami berkumpul dekat-dekat saja, tiada yang jauh, jadi tidak akan ada orang mati. (3) Empat bulan kemudian paman termuda itu mati saat kapal laut yang ditumpanginya menuju perairan Filipina lenyap ditelan badai. (4) Ia baru bekerja sebagai seorang mualim kapal ikan. (5) Kami semua sudah lupa bahwa nenek pernah mengatakan tentang itu sebelumnya.
(Perihal Tanda-tanda, karya Wisnu Sumarwan: Kompas, 02 Juli 2017)
8.         Kalimat bermajas pada cerpen tersebut terdapat pada nomor….
Cermati penggalan puisi berikut!
TAKDIR
Ketika hidup terasa indah
Dan segalanya kurasa mudah
Tanpa ragu kumengaku
Ya… inilah anugerah-Mu
Ketika cinta Kau pertemukan
Kebahagiaan yang kurasakan
Dengan senyuman kulantangkan
Ya… ini jalan-Mu Tuhan

Tapi badai itu mulai datang, menyerbu
Menghadang, menyapu
Kututup mata dan telingaku
Kubungkam mulut dengan jemariku
Bukan ini yang kumau!
Kuberlari dengan sesakku
Berharap waktu cepat berlalu
9.         Makna lambang dari kata badai adalah ….
Bacalah penggalan cerpen berikut ini!
(1) Jam dinding kamarku sudah menunjukan pukul lima sore. (2) Tetapi Papa belum juga pulang. (3) Aku masih menunggu janji dari Papa, bahwa hari ini kami akan pergi jalan-jalan. (4) Tapi, sepertinya janji akan kembali tinggal janji. (5) Tidak lama kemudian terdengar suara klakson mobil Papa. (6) Aku bergegas keluar dari kamar, aku ingin menghampiri Papa. (7) Tapi, kulihat Papa masih sibuk dengan telepon genggamnya.
(Ermaweni: Mimpi yang Tertunda)
10.     Kalimat yang menunjukkan latar pada kutipan cerpen tersebut terdapat pada nomor ....

1 comment: