Thursday 28 November 2019

SOAL RESPONSI FISIKA KELAS XI

SOAL RESPONSI FISIKA KELAS XI


1.       Penerapan perpindahan kalor di alam dapat kita jumpai pada sirkulasi udara di pantai. Pada siang hari angin bertiup dari laut menuju ke darat yang disebut angin laut. Sebaliknya, pada malam hari bertiup angin dari darat menuju ke laut yang disebut angin darat. 
Mengapa angin laut bertiup pada siang hari dan angin darat bertiup pada malam hari? Jelaskan!

2. Perhatikan gambar bidang di bawah ini!



Titik berat bidang di atas tiap koordinat (x,y) adalah … cm.

3.       Jika poros perputaran oleh gaya-gaya yang bekerja berada pada titik pusat persegi. Maka momen gaya totalnya sebesar ... N.


   
       Balok logam A, B dan C dengan jenis logam berbeda memiliki koefisien konduksi termal balok B adalah dua kali koefisien konduksi termal balok A dan koefisien konduksi termal balok C adalah dua kali koefisien termal balok B. Ujung sebelah kiri bersuhu 80° C sedangkan ujung lainnya 10° C. 
4.    Tiga batang logam A, B dan C dengan ukuran sama tetapi suhu ujung-ujungnya berbeda dilekatkan menjadi satu. Balok logam A, B dan C dengan jenis logam berbeda memiliki koefisien konduksi termal balok B adalah dua kali koefisien konduksi termal balok A dan koefisien konduksi termal balok C adalah dua kali koefisien termal balok B. Ujung sebelah kiri bersuhu 80° C sedangkan ujung lainnya 10° C.  
         Tentukan :
a.     Suhu pada sambungan A dan B adalah ... ° C.
b.     Suhu pada sambungan B dan C adalah ... ° C.

5.       Maryam akan mendesain percobaan sederhana terkait hukum pokok hidrostatika menggunakan pipa U seperti pada gambar di bawah ini!


Sebuah pipa U yang diisi minyak dan air dalam keadaan stabil tampak seperti gambar. Jika massa jenis air = 1000 kg.m– 3, dan massa jenis minyak 800 kg.m– 3, maka perbedaan ketinggian (Δ h) adalah…..

No comments:

Post a Comment