KISI-KISI UTS GANJIL TERTULIS
SMAIT AL FIDAA
TAHUN PELAJARAN 2017-2018
CATATAN : UNTUK MERAPIKAN, SILAKAN DI-COPY KE MS. WORD ATAU MS. EXCEL
KISI-KISI UTS TERTULIS KELAS X
NO | MATA PELAJARAN | MATERI YANG DIUJIKAN | ||
1. | PAI (Fiqih dan Alqur'an Hadits) | a. | Konsep Kontrol Diri ( Hadits ) | |
b. | Ukhuwah QS. Al Hujarat (49) : 10 | |||
c. | Pergaulan bebas | |||
d. | Thobat dan roja | |||
e. | Kaidah Tajwid " Dalil Menjauhi Perzinahan" | |||
f. | Hikmah menjauhi perbuatan zina | |||
g. | Istilah Dalam Islam | |||
2. | PKn | a. | peserta didik mengetahui sistem pemerintahan pada periode RIS | |
b. | Pasal 68 ayat 1 & 2 | |||
c. | peserta didik dapat menjelaskan dampak negatif orde baru | |||
d. | menetahui pendapat para ahli tentang politik | |||
e. | peserta didik dapat menjelaskan ciri sistem pemerintahan demokrasi liberal | |||
f. | peserta didik mengetahui dekrit maklumat presiden Abdurahman Wahid | |||
g. | peserta didik mengetahui nasionalisme religius | |||
h. | peserta didik mengetahui sistem pemerintahan Indonesia sesudah Amandemen UUD 1945 | |||
3. | Bahasa Indonesia | a. | Siswa dapat memahami pengertian teks laporan hasil observasi | |
b. | Siswa dapat membedakan tentang pernyataan atau topik yang faktual atau yang imainatif | |||
c. | Siswa dapat menjelaskan tentang struktur teks laporan hasil observasi | |||
d. | Siswa dapat memahami kaidah kebahasaan teks laporan hasil observasi | |||
e. | Siswa dapat menjabarkan kata benda umum ke dalam kata benda khusus | |||
f. | Siswa dapat mengetahui langkah-langkah penulisan teks laporan hasil observasi | |||
g. | Siswa dapat membuat kalimat berdasarkan kata yang memiliki makna tidak lugas | |||
h. | Siswa dapat menentukan unsur-unsur teks eksposisi | |||
i. | Siswa dapat memahami dan menjelaskan struktur teks eksposisi | |||
j. | Siswa dapat menentukan langkah-langkah menulis teks eksposisi | |||
4. | Matematika Wajib | a. | Menyelesaikan persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak | |
b. | Menyelesaikan pertidaksaman rasional dan irasional | |||
c. | Menemukan penyelesaian dari SPLDV atau SPLTV | |||
d. | menyelesaikan model matematika untuk memperoleh solusi permasalahan yang diberikan | |||
5. | Matematika Peminatan | a. | Menyelesaikan bentuk bilangan berpangkat | |
b. | Menyelesaikan Persamaan eksponen bentuk af(x) = 1 | |||
c. | Menyelesaikan Persamaan eksponen bentuk af(x) = ap | |||
d. | Menyelesaikan Persamaan eksponen bentuk af(x) = ag(x) | |||
e. | Menyelesaikan Persamaan eksponen bentuk af(x) = af(x) | |||
6. | Fisika | a. | Menuliskan aturan-aturan keselamatan kerja di laboratorium | |
b. | Menjelaskan simbol-simbol keselamatan kerja di laboratorium | |||
c. | Menuliskan besaran pokok, satuan standar SI dan dimensinya | |||
d. | Menentukan dimensi suatu besaran turunan | |||
e. | Menentukan satuan dari suatu persamaan | |||
f. | Menentukan angka penting dan notasi ilmiah | |||
g. | Membaca hasil pengukuran menggunakan jangka sorong dan mikrometerskrup | |||
h. | Menentukan resultan vektor dari kehidupan sehari-hari | |||
i. | menentukan resultan vektor dari gambar pada diagram Cartesius | |||
7. | Biologi | a. | Siswa mampu mengidentifikasi cabang biologi | |
b. | Siswa mampu menjelaskan tingkatan organisasi makhluk hidup | |||
c. | Siswa mampu mengidentifikasi masalah pada langkah - langkah ilmiah | |||
d. | Siswa mampu menjelaskan tentang sifat ilmuan biologi | |||
e. | Peserta didik dapat menjelaskan tingkatan organisasi kehidupan | |||
f. | Peserta didik dapat menentukan penulisan tata nama ilmiah sesuai dengan tata nama binomial numenclatur | |||
g. | Siswa mampu mengetahui sifat - sifat virus | |||
h. | Siswa mamapu menggambarkan struktur badan virus | |||
i. | Siswa mampu mengetahui tentang fase daur hidup virus | |||
j. | Siswa mampu mengidentifikasi tentagpenyakit yang disebabkan oleh virus | |||
8. | Kimia | a. | Peranan ilmu kimia | |
b. | Metode ilmiah: Perumusan masalah | |||
c. | Klasifikasi materi dan contohnya | |||
d. | Tanda sifat bahan kimia | |||
e. | Teori atom Dalton | |||
f. | Partikel penyusun atom | |||
g. | Penulisan konfigurasi elektron | |||
h. | Penulisan konfigurasi elektron | |||
i. | Triade Dobereiner | |||
j. | Letak unsur dalam tabel periodik modern (periode dan golongan) | |||
9. | Sejarah | a. | mengidentifikasikan sejarah menurut para ahli | |
b. | peserta didik mengetahui kegunaan sejarah menurut Nugroho | |||
c. | menjelaskan fungsi mempelajari masa lalu | |||
d. | menjelaskan sejarah sebagai kisah,peristiwa,seni dan ilmu | |||
e. | menetahui langkah-langkah metode sejarah | |||
f. | jelaskan metode rekonstruksi sejarah | |||
g. | dapat membedaan ilmu sejarah dengan ilmu social | |||
10. | Bahasa Arab | a. | Melafalkan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan tema identitas diri | |
b. | Menjawab pertanyaan mengenai informasi tertentu dari wacana tulis | |||
c. | Menerjemahkan makna kata/ungkapan sesuai konteks | |||
d. | mengidentifikasi tarkib tentang isim ma’rifah dan nakiroh | |||
11. | Sosiologi | a. | Menjelaskan pengertian sosiologi menurut etimologi | |
b. | Menjelaskan hakikat sosiologi | |||
c. | Menjelaskan objek studi sosiologi | |||
d. | Menjelaskan ciri sosilogi menurut Soerjono Soekanto | |||
e. | Menjelaskan gejala sosial | |||
f. | Menjelaskan gejala sosial yang ada dalam masyarakat | |||
g. | Menuliskan faktor – faktor hubungan sosial dalam masyarakat | |||
h. | Menjelaskan konflik yang terjadi dalam masyarakat | |||
i. | Menjelaskan penyebab kegagalan sosialisasi dalam masyarakat | |||
j. | Menjelaskan salah satu bentuk hubungan sosial dalam masyarakat | |||
12. | Bahasa Inggris | a. | Disajikan sebuah Recount text, siswa mampu mengisi kalimat Rumpang yang ada pada teks. | |
b. | Siswa mampu menyebutkan jenis teks. | |||
c. | Siswa mampu menganalisis informasi tersurat dari sebuah Recount Text | |||
d. | Siswa mampu menganalisis informasi tersurat dari sebuah Recount Text | |||
e. | Siswa mampu menentukan jawaban dari informsai tersirat dalam Recount Text | |||
f. | Siswa mampu menganalisis tujuan dari sebuah teks | |||
g. | Siswa mampu menentukan jawaban dari informsai tersirat dalam Recount Text | |||
h. | Siswa mampu menentukan General Structure dari sebuah Recount Text | |||
i. | Siswa mampu menentukan jawaban dari Teks Rumpang dengan menggunakan is, are, has, and have. | |||
j. | Siswa mampu membuat kalimat dengan menggunakan Expressing Congratulation | |||
KISI-KISI UTS TERTULIS KELAS XI
NO | MATA PELAJARAN | MATERI YANG DIUJIKAN | ||
1. | PAI (Fiqih dan Alqur'an Hadits) | a. | Merubah ke huruf latin, mengartikan dan menentukan hukum bacaan dari surat AL Baqoroh ayat 148, Fathir ayat 32, Al Isra ayat 26-27 dan Al Baqoroh ayat 177 | |
b. | Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah. | |||
c. | Menjelaskan langkah-langkah tobat yang diterima Allah | |||
d. | Menjelaskan perilaku orang yang memiliki sifat Roja’. | |||
e. | Mengartikan, menjelaskan dan menuliskan hikmah hadits ke 27, 28,29,30. | |||
2. | PKn | a. | menjelaskan budaya politik menurut para ahli | |
b. | mengidentifikasikan orientasi budaya politik | |||
c. | menjelaskan budaya politik partisipan | |||
d. | menjelaskan tiga orientasi budaya politik partisipan warga | |||
e. | menjelaskan budaya politik menurut para cendekiawan indonesia | |||
f. | menjelaskan sosialisasi politik tidak langsung beserta contoh | |||
g. | memberikan tanggapan terhadap sikap politik | |||
h. | menjelaskan macam-macam demokrasi | |||
3. | Bahasa Indonesia | a. | Menjelaskan bagian – bagian dalam sebuah pidato | |
b. | Mengidentifikasi unsur resensi | |||
c. | Mengidentifikasi watak tokoh dalam sebuah drama | |||
d. | Menjelaskan macam – macam konjungsi | |||
e. | Menuliskan sistematika daftar pustaka | |||
f. | Mengidentifikasi kata serapan | |||
g. | Menjelaskan unsur – unsur intrinsik drama | |||
h. | Menuliskan sistematika penulisan resensi | |||
i. | Mengidentifikasi unsur intrinsik dalam sebuah novel | |||
j. | Mengidentifikasi catatan kaki | |||
4. | Matematika | a. | Menentukan mean,median, modus, rentangan kuartil, simpangan kuartil | |
b. | Menentukan rataan gabungan | |||
c. | Menentukan permutasi | |||
d. | Menentukan nilai kaidah pencacahan | |||
e. | Mencari nilai n dari hasil Kombinasi | |||
f. | Menentukan nilai frekuensi harapan | |||
5. | Fisika | a. | Menentukan kecepatan rata-rata suatu benda | |
b. | Menentukan percepatan awal suatu benda | |||
c. | Menentukan percepatan sentripetal suatu benda | |||
d. | Menentukan perbandingan kecepatan awal, kecepatan di titik tertinggi, dan kecepatan saat bola sampai di tanah pada gerak parabola | |||
e. | Menentukan kecepatan sudut pada roda-roda yang berhubungan (seporos, setali, dan bersinggungan) | |||
f. | Menentukan tinggi maksimum dan jarak terjauh yang dicapai bola | |||
6. | Biologi | a. | Memahami Pengertian sel | |
b. | Memahami Organel sel hewan melalui gambar | |||
c. | Memahami kaitan organel sel dalam menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari – hari | |||
d. | Memahami fungsi organel sel hewan | |||
e. | Memahami arti sifat totipotensi dan contohnya | |||
f. | Memahami morfologi jaringan meristem | |||
g. | Memahami kaitan al Quran dengan materi pembelajaran | |||
7. | Kimia | a. | Teori atom Bohr | |
b. | Bilangan kuantum | |||
c. | Penulisan konfigurasi elektron dan diagram orbital | |||
d. | Bentuk molekul | |||
e. | Gaya van der Waals | |||
f. | Ikatan Hidrogen | |||
g. | Hukum kekekalan energi | |||
h. | Reaksi eksoterm dan endoterm | |||
i. | Perubahan entalpi dan diagram entalpi | |||
j. | Persamaan Termokimia | |||
8. | Sejarah | a. | mengetahui sejarah kerajaan Aceh | |
b. | menjelaskan sejarah Kerajaan Perlak | |||
c. | mengidentifikasikan Perjanjian Bongaya | |||
d. | mengidentifikasikan peninggalan kerjaan islam | |||
e. | mengidentifikasikan perjanjian saragosa | |||
f. | mengidentifikasikan berdirinya VOC | |||
g. | menjelaskan penyimpangan tanam paksa | |||
h. | mengetahui sejarah penjelajah samudera,eropa ke Indonesia | |||
9. | Bahasa Arab | a. | Mengaitkan 2 kata yang saling berhubungan antara fi'il dan dhomirnya | |
b. | Menjawab pertanyaan mengenai informasi tertentu dari wacana tulis | |||
c. | Menerjemahkan makna kata/ungkapan sesuai konteks | |||
d. | Mengidentifikasi tarkib tentang masdar shoriih dan muawwal | |||
e. | Membuat kalimat dari kosa kata yang diberikan | |||
10. | Bahasa Inggris | a. | Disajikan sebuah Analytical Exposition text, siswa mampu mengisi kalimat Rumpang yang ada pada teks. | |
b. | Siswa mampu menentukan jenis teks. | |||
c. | Siswa mampu menentukan General Structure dari Analytical Exposition Text. | |||
d. | Siswa mampu menentukan jawaban dari informsai tersirat dalam Analytical Expositon Text | |||
e. | Siswa mampu menentukan jawaban dari informsai tersirat dalam Analytical Expositon Text | |||
f. | Siswa mampu menentukan tujuan dari sebuah teks. | |||
g. | Siswa mengubah kalimat Active menjadi kalimat Passive Voice | |||
h. | Siswa mengubah kalimat Passive menjadi kalimat Active Voice | |||
i. | Siswa mampu menentukan jawaban dari kalimat rumpang pada Conditional Sentences | |||
j. | Siswa mampu membuat kalimat dengan menggunakan Conditional Sentences | |||
11. | Bahasa Jepang | a. | Nama-nama tempat di sekolah dan di rumah | |
b. | Pendapat terhadap negara Jepang | |||
c. | Nama-nama benda di rumah dan di sekolah dalam bahasa jepang | |||
d. | Perkenalan diri | |||
e. | Menterjemahkan kalimat | |||
f. | Nama-nama hari dan hiragananya | |||
g. | Percakapan | |||
h. | Menterjemahkan kalimat | |||
KISI-KISI UTS TERTULIS KELAS XII
NO | MATA PELAJARAN | MATERI YANG DIUJIKAN | ||
1. | PAI (Fiqih dan Alqur'an Hadits) | a. | QS Al jumu'ah (62) : 9, Tajwid dan maknanya | |
b. | Hadits ke 42 "Menjaga lidah" | |||
c. | Kebebasan ; dalam perspektif (padangan islam) tentang LGBT | |||
d. | Tujuan dan hukum pernikahan serta perceraian | |||
e. | Bentuk-bentuk ke zholiman | |||
f. | Rukun Nikah | |||
2. | PKn | a. | Menjelaskan Ideologi bangsa | |
b. | mendiskripsikan fungsi pancasila berdasarkan kedudukan sebagai dasar negara | |||
c. | mendiskripsikan ciri khas ideologi | |||
d. | memberikan contoh sikap positif nilai kerakyatan yang terdapat pada pancasila | |||
e. | mendiskripsikan fungsi pokok pancasila | |||
f. | pandangan siswa terhadap paradigma pembangunan | |||
g. | mediskripsikan ciri pemerintahan parlementer | |||
h. | mendiskripsikan tugas dan wewenang MPR | |||
3. | Bahasa Indonesia | a. | Siswa dapat menuliskan perbedaan fakta dan opini | |
b. | Siswa dapat menuliskan dan menentukan ciri-ciri ide pokok | |||
c. | Siswa dapat memahami puisi baru | |||
d. | Siswa dapat menuliskan dan memahami metode pidato | |||
e. | Siswa dapat memahami tentang kritik dan saran | |||
f. | Siswa dapat menyimpulkan permasalahan dalam laporan | |||
g. | Siswa dapat memahami puisi lama | |||
h. | Siswa dapat menentukan pengertian surat dinas beserta contohnya | |||
i. | Siswa dapat menetukan perbedaan novel dan cerpen | |||
j. | Siswa dapat memahami dan menentukan bagian-bagian surat lamaran kerja | |||
4. | Matematika | a. | Menghitung hasil integral tertentu dari fungsi aljabar | |
b. | Menentukan integral tak tentu dari fungsi aljabar menggunakan substitusi | |||
c. | Menentukan integral tak tentu dari fungsi trigonometri menggunakan substitusi | |||
d. | Menghitung luas daerah antara dua kurva menggunakan integral | |||
e. | Menentukan model matematika dari suatu masalah program linear | |||
f. | Menyelesaikan masalah program linear (soal maksimum) | |||
5. | Fisika | a. | Menentukan frekuensi yang didengar olah pengamat pada peristiwa Efek Doppler | |
b. | Menentukan salah satu besaran pada gelombang berjalan | |||
c. | Menentukan jarak perut dan simpul pada gelombang stasioner ujung bebas/terikat | |||
d. | Menentukan perbandingan panjang pipa organa terbuka dan pipa organa tertutup | |||
e. | Menentukan jarak dari intensitas bunyi dan taraf intensitas bunyi | |||
f. | Menentukan salah satu besaran pada interferensi celah ganda Young | |||
6. | Biologi | a. | Pengertian pertumbuhan dan perkembangan | |
b. | Nama nama hormon pada hewan dan tumbuhan beserta fungsinya | |||
c. | Proses perkecambahan | |||
d. | Pengertian metabolisme, anabolisme dan katabolisme | |||
e. | Pengertian enzim, karakteristik dan fungsinya | |||
f. | Perbedaan respirasi aerob dan anaerob | |||
g. | Proses tahapan respirasi aerob | |||
h. | Pemahaman substrat dan hasil akhir dari proses glikolisis, siklus kreb, dan transfer elektron! | |||
i. | Pengertian proses reaksi terang dan reaksi gelap pada fotosintesis serta perbedaannya | |||
j. | Pemahaman Proses sintesis protein |
|||
7. | Kimia | a. | Menentukan kemolalan larutan jika diketahui kadar larutan tersebut | |
b. | Menganalisis sifat koligatif larutan jika diketahui gambar molekuler larutan | |||
c. | Menentukan nilai E sel jika diketahui nilai beda potensialnya | |||
d. | Menentukan reaksi spontan dan tidak spontan jika diketahui reaksi | |||
e. | Menentukan penyetaraan reaksi dengan metode
biloks ataupun setengah reaksi pencegahannya |
|||
f. | Menentukan nilai titik didih larutan jika diketahui titik beku larutan | |||
8. | Sejarah | a. | mengidentifikasikan kabinet Ampera | |
b. | mengidentifikasikan tujuan didirikan OKI | |||
c. | Mengetahui makna Reformasi | |||
d. | menjelaskan tugas pancakrida | |||
e. | mendiskripsikan kelemehan orde baru | |||
f. | mendiskripsikan pelita I sampai V | |||
g. | mendskripsikan lahirnya reformasi | |||
9. | Bahasa Arab | a. | Mengaitkan 2 kata yang saling berhubungan antara dhomir dan huruf nasb serta fi'ilnya | |
b. | Menjawab pertanyaan mengenai informasi tertentu dari wacana tulis | |||
c. | Menerjemahkan makna kata/ungkapan sesuai konteks | |||
d. | Mengidentifikasi tarkib tentang fi'il mudhori marfu', mansub, dan majzum | |||
e. | Mengisi kata-kata yang kosong dengan huruf nasb atau jazm yang sesuai | |||
10. | Bahasa Inggris | a. | Disajikan sebuah Narrative text, siswa mampu mengisi kalimat Rumpang yang ada pada teks. | |
b. | Siswa mampu menentukan Ide pokok dalam Narrative Text | |||
c. | Siswa mampu menganalisis dan menentukan informasi tersurat dalam Narrative Text | |||
d. | Siswa mampu menentukan jenis teks | |||
e. | Siswa mampu menarik kesimpulan cerita dalam Narrative Text | |||
f. | Siswa mampu menganalisis dan menentukan Persamaan kata dalam sebuah kalimat | |||
g. | Siswa mampu mnentukan jawaban yang tepat dalam kalimat rumpang di Adjective Clause | |||
h. | Disajikan sebuah Explanation text, siswa mampu mengisi kalimat Rumpang yang ada pada teks. | |||
i. | Disajikan sebuah Explanation text, siswa mampu mengisi kalimat Rumpang yang ada pada teks. | |||
j. | Siswa mampu mengubah kalimat (translate) dengan menggunakan bentuk Simple Present Progressive with Always | |||
11. | Bahasa Jepang | a. | Pandangan terhadap negara Jepang | |
b. | 10 nama benda di sekolah dan di rumah | |||
c. | Menterjemahkan kalimat | |||
d. | Menterjemahkan ke hiragana dan katakana | |||
e. | Buat karangan singkat | |||
f. | Terjemahkan kalimat dari hiragana | |||
No comments:
Post a Comment