Friday 12 September 2014

SOAL RESPONSI FISIKA KELAS XII

Tanggal                  : 12-9-2014
Kelas / Semester : XII  / I
Pelajaran               : Fisika



1.    Sebuah gelombang berjalan memenuhi persamaan y = 0,2 sin 0,4 π (60t x). x dan y dalam cm dan t dalam sekon. Tentukan:

a. amplitudo gelombang,                c. panjang gelombang, dan

b. frekuensi gelombang,                 d. cepat rambat gelombang!

2.    Dalam suatu percobaan celah ganda Young diketahui jarak kedua sumber 0,8 mm yang disinari dengan cahaya yang memiliki panjang gelombang 0,8 μm. Hitunglah sudut pisah yang dibentuk oleh garis-garis gelap yang berdekatan!

3.    Pada sebuah eksperimen celah ganda yang digunakan cahaya dengan panjang gelombang 0,6 μm. Hasil percobaan diketahui jarak antara tiga garis-garis gelap yang berdekatan adalah 2 mm. Tentukan jarak antara dua garis yang berdekatan jika digunakan cahaya dengan panjang gelombang 0,9 μm!

4.    Cahaya monokromatik dari sebuah sumber mengenai sebuah celah tunggal yang mempunyai diameter celah 0,06 cm. Jarak garis gelap kedua terhadap pusat terang adalah 0,12 cm. Jika jarak celah terhadap layar 2,4 m, berapakah panjang gelombang cahaya tersebut?

5.    Dua celah yang berjarak 1 mm, disinari cahaya merah dengan panjang gelombang 6,5 × 10-7 m. Garis gelap terang dapat diamati pada layar yang berjarak 1 m dari celah. Hitunglah jarak antara gelap ketiga dan terang pusat, serta jarak antara terang kedua dengan garis terang keempat!

No comments:

Post a Comment