Saturday 17 January 2015

RESPONSI FISIKA XI

Hari, Tanggal       : Sabtu, 17 Januari 2014
Kelas/Semester : XI/II



   1.Batang AB bebas berputar di titik O. Seperti pada Gambar dibawah. Panjang AB = 3 m, AO = 2 m dan OB = 1 m. Pada titik A bekerja gaya FA = 10 N dan pada titik B bekerja gaya FB = 20 N. Tentukan torsi yang bekerja pada batang dan arah putarnya.

  2. Sebuah benda berotasi dengan momen inersia 2,5 x 10-3 kg m² dan kecepatan sudut 5 rad/s.Agar benda tersebut berhenti dalam waktu 2,5s maka besar momen gaya yang harus dikerjakan adalah ….


  3. Seorang penari balet berputar dengan tangan terentang pada kecepatan sudut 1,5 putaran tiap sekon di atas lantai licin dengan momen inersia sebesar 6 kg m². Kemudian kedua tangannya menyilang di dada. Maka kecepatan sudut dan momen inersia sekarang adalah ….
  4.Sebuah benda titik bergerak melingkar dengan kecepatan sudut awal 20rad/s. Setelah bergerak menempuh sudut 100 rad, kecepatannya menjadi 60 rad/s. Jika momen inersia benda tersebut 4 kg m² maka momen gaya yang bekerja pada titik tersebut adalah ….
  5. Sebuah katrol homogen dengan jari-jari 15 cm digantungkan pada sebuah tiang. Momen inersia katrol tersebut adalah 0,4 kg m². Katrol ditarik dengan gaya F = 20 N. Besar percepatan sudut katrol tersebut adalah ….

No comments:

Post a Comment