Saturday 10 January 2015

RESPONSI MATEMATIKA KELAS XI

Hari, Tanggal    : Sabtu, 10 Januari 2014
Kelas/Semester : XI/II
Materi               : Aturan Perkalian


1.      Dari angka 2, 4, 6, 8, dan 9 dibuat bilangan yang terdiri dari 3 angka berbeda. Tentukan banyaknya bilangan yang kurang dari 500!

2.      Pada peringatan HUT RI di suatu universitas, diadakan acara pembagian hadiah. Saat pendaftaran, setiap peserta diberi kupon yang nantinya bisa ditukar dengan hadiah apabila nomor yang dimilikinya sesuai dengan nomor yang terambil pada saat pengocokan. Nomor-nomor yang dibagikan terdiri dari suatu huruf yang diikuti oleh dua angka yang berbeda dan angka kedua harus ganjil. Tentukan banyaknya nomor undian yang harus dibuat!

3.      Pada kompetisi sepak bola diikuti oleh 5 klub. Masing-masing membawa bendera untuk dikibarkan. Lima bendera diatur pada 5 tiang berjajar. Tentukan banyak cara menempatkan 5 bendera itu agar bendera klub tuan rumah berada di tengah-tengah!

4.      Dari kota A ke kota B dilayani oleh 4 bus dan dari B ke C oleh 3 bus. Seseorang berangkat dari kota A ke kota C melalui B kemudian kembali lagi ke A juga melalui B. Jika saat kembali dari C ke A, ia tidak mau menggunakan bus yang sama, maka hitunglah banyak cara perjalanan orang tersebut!

5.      Dari angka-angka 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, dan 7 disusun bilangan (tanpa berulang) yang terdiri dari 3 angka. Jika masing-masing bilangan itu lebih dari 460, maka tentukan banyaknya bilangan yang dapat disusun!

No comments:

Post a Comment