Friday 31 July 2015

RESPONSI BAHASA INDONESIA KELAS X

RESPONSI BAHASA INDONESIA
KELAS X
TANGGAL 31 JULI 2015
1.    Bacalah berita di bawah ini!
Jumlah pemudik lebaran 2015 yang menggunakan kendaraan pribadi meningkat 5,8 persen dari tahun sebelumnya. “Kami belum ada angka pastinya, tapi dari sampel jumlahnya meningkat,” kata Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementrian Perhubungan J.A Bharata, Minggu, 26 Juli 2015.
Tentukan pokok isi berita di atas!

2.    Bacalah berita dibawah ini!
Metrotvnews.com, Temanggung: Kawasan hutan lindung di lereng Gunung Sindoro, Kabupaten temanggung, Jawa Tengah, Ahad kemarin terbakar. Hingga Senin (24/9) ini api masih berkobar. Petugas Perum Perhutani dan warga setempat kini sedang berusaha memadamkan api yang sejakAhad petang membakar kawasan hutan lindung di Lereng Gunung Sindoro itu. Menurut Juni Junaidi, Asisten Perhutani Bagian Kesatuan Pemangku Hutan (BKPH) Temanggung setidaknya ada 23 personel dari empat Resor Pemangku Hutan (RPH) diturunkan untuk memadamkan api. Api melahap hutan lindung di petak 10 dan 11 lereng Gunung Sindoro. Selain petugas gabungan dari RPH Kecepot, Kemkolo, Jumprit, dan Kwadungan, ada polisi mobil dari Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Kedu Utara serta masyarakat Giripurno dan Katekan di Kecamatan Ngadirejo. “Sejak pukul 07.00 WIB telah naik ke lokasi kebakaran, “katanya. Api yang membakar hutan lindung petak 10 dan 11 RPH Kwadungan mulai terlihat sekitar pukul 18.30 WIB. Titik api berasal dari petak 10 kemudian merambat ke petak 11. Munurut Juni, petugas baru bias mulai memadamkan api pada Senin pagi karena medan berat. “Kami belum bias mengetahui luasan kebakaran tersebut, “katanya. Juni menduga kebakaran itu merupakan kelanjutan dari kebakaran pecan lalu. “Kemungkinan ada tunggak kayu, terutama di kawasan jurang yang masih membara kemudian tertiup angin dan menimbulkan kebakaran lagi,”jelas Juni.
Tentukan 5W+1H dari berita di atas!

3.    Bacalah paragraf di bawah ini!
Batik merupakan salah satu kebudayaan Indonesia yang telah menjadi kebanggaan bangsa. Batik sudah mempunyai tempat tersendiri di hati masyarakat Indonesia. Batik seakan mampu menyampaikan rasa kebudayaan bangsa. Keberadaan batik selama ini telah menjadi primadona di kalangan pecinta mode.
Tentukan ide pokok dari paragraf di atas!

4.    Bacalah penggalan cerpen di bawah ini!
Langit teduh kebiruan memayungi dusun terpencil di lembah sunyi itu. Siang hari, matahari bersinar cerah menembus celah-celah rimbun dedaunan. Di malam hari, para penghuni dusun yang jarang itu senang terlelap dan terayun dalam mimpi-mimpi tentang buah tomat yang ranum, sarang lebah dan udara berbau rumput. Demikian sejuk angin yang berembus dari bukit-bukit yang menglilingi dusun itu hingga di siang hari pun mereka sering bermimpi tentang hal-hal yang indah dan mengasyikkan.
Tentukan unsur intrinsik (latar dan tema ) yang terdapat pada paragraf di atas!

5.    Sebutkan unsur-unsur  intrinsik yang terkandung dalam suatu cerpen!

6.    Bacalah berita di bawah ini!
Menurut Kementrian Lingkungan Hidup, kendaraan bermotor bensin (spark ignition engine) menyumbang 70 persen karbon monoksoda (CO), 100 persen timbal atau plumbum (Pb), 60 persen hidrokarbon (HC) dan 60 persen nitrogen oksida (Nox). Zat-zat ini sangat berbahaya bagi tubuh kita. Padahal dalam setahun, penduduk Jakarta menghirup udara kotor ini selama 173 hari.
Tuliskan informasi yang terkandung dalam berita di atas!

7.    Bacalah penggalan berita di bawah ini!
Bagi Seto Mulyadi, selaku Ketua Komisi Perlindungan Anak, yang paling penting sekarang adalah upaya menyiasati pendidikan khusus bagi pekerja anak, namun bukan bersifat formal.
Karenanya Depdikbud diharapkan agar membuka pintu lebih lebar bagi kemungkinan penyamaan kualitas antara anak yang mengikuti pendidikan pada sekolah formal dan pekerja yang mengikuti pendidikan pada sekolah nonformal. (Media Indonesia, 27 Juli 1999).
Sebutkan pesan yang terkandung dalam penggalan berita di atas!

8.    Buatlah sebuah kalimat perkenalan dalam forum resmi dengan menggunakan bahasa kalian sendiri!

9.    Buatlah sebuah puisi yang mengisahkan pengalaman hidupmu!

10.    Bacalah paragraf di bawah ini!
Hutan pantai di sisi daratan memperkaya pemandangan alam di Pantai Ombak Tujuh yang berada di Sukabumi Selatan, Jawa Barat. Pantai Ombak Tujuh adalah 1 dari 16 pantai di Sukabumi Selatan  yang kami jelajahi. Kegiatan ini kami jelajahi bersama komunitas pecinta jalan-jalan di Jakarta pada bulan Juli lalu.
Sebutkan unsur yang terkandung dalam paragraf di atas!

No comments:

Post a Comment