Friday 31 July 2015

RESPONSI BAHASA INDONESIA KELAS XI

RESPONSI BAHASA INDONESIA
KELAS XI
TANGGAL 31 JULI 2015

1.    Sebutkan dan jelaskan unsur-unsur yang terkandung dalam sebuah novel!

2.    Jelaskan perbedaan antara sambutan dan pidato!

Bacalah penggalan novel di bawah ini!
Tengah hari, kota Cairo seakan membara. Matahari berpijar di tengah petala langit. Seumpama lidah api yang menjulur dan menjilat-jilat bumi. Tanah dan pasir seakan menguapkan bau neraka. Hembusan angin Sahara disertai debu yang menggulung-gulung menambah panas udara semakin tinggi dari detik ke detik. Penduduknya banyak yang berlindung dalam flat, yang ada dalam apartemen-aparteman berbentuk kubus dengan pintu, jendela, dan tirai tertutup rapat.
3.     Sebutkan unsur  intrinsik yang terkandung di dalam penggalan novel di atas!

Bacalah artikel di bawah ini untuk menjawab pertanyaan no 4-6!
Badmood
Apakah kamu pernah dalam keadaan merasa sangat terganggu tanpa sebab apa-apa? Atau tiba-tiba merasa tidak enak? Perasaan berubah dari sedih menjadi marah-marah dantiba-tiba merasa senang hanya dalam hitungan menit dapat membuat remaja hilang kontrol. Lalu, mengapa emosi seperti roller coaster ini sering terjadi pada remaja?
Berhadapan dengan perubahan secara konstan dan tekanan adalah salah satu jawabannya. Mungkin saja terjadi saat remaja memulai hari pertamanya di sekolah baru dan ia tidak menemukan teman-teman lamanya. Atau terjadi saat timbul keinginan untuk naik tingkat atau menjadi lebih baik dalam olahraga atau aktivitas lainnya yang merupakan salah satu perhatian bagi remaj.
Menjadi remaja berarti berjuang dengan identitas dan jati diri. Diterima di kalangan teman sangatlah penting. Remaja juga menganggap penting saat pertama kali mereka harus terpisah jauh dari orang tua maupun keluarga. Remaja mungkin berpikir saat inilah harus membuat keputusan sendiri dalam segala hal, tapi di sisi lain merasa terlalu percaya diri dan merasa kesepian dalam satu waktu.
Penyebab penting pada perubahan mood adalah faktor biologis. Saat pubertas dimulai, tubuh mulai memproduksi hormon. Hormon ini (progesteron dan estrogen pada gais remaja dan testosterone pada remaja laki-laki) menyebabkan perubahan fisik pada remaja. Perubahan tersebut juga menyebabkan perubahan emosi, naik turun yang menyebabkan perasaan tidak terkontrol.
4.    Apakah tema artikel di atas?

5.    Berilah contoh peristiwa atau keadaan yang membuatmu menjadi badmood!

6.    Jelaskan faktor biologis yang menyebabkan remaja mengalami emosi yang cenderung tidak stabil!

7.    Sebutkan perbedaan antara artikel ilmiah dan nonilmiah!

8.    Bacalah penggalan artikel di bawah ini!
Penggunaan pestisida dan pupuk kimia untuk tanaman dalam jangka waktu yang lama tidak lagi menyuburkan tanaman dan memberantas hama. Pestisida justru dapat mencemari lingkungan dan menjadikan tanah lebih keras sehingga perlu pengolahan dengan biaya yang tinggi.
Tentukan pokok persoalan yang terdapat pada penggalan artikel di atas!

9.    Buatlah sebuah kata sambutan dalam sebuah pidato!

10.    Buatlah sebuah pidato dengan tema pentingnya pendidikan agama di usia dini!




No comments:

Post a Comment