Friday 23 October 2015

RESPONSI FISIKA KELAS XII

RESPONSI FISIKA 
KELAS XII
23 OKTOBER 2015



1.     Sudut puncak prisma 100. Sinar monokromatis dijatuhkan pada salah satu sisi prisma. Jika sudut deviasi prisma sama dengan 300 maka nilai indeks bias bahan prisma adalah ....







2.     Suatu celah sempit tunggal disinari oleh cahaya monokromatis dengan panjang gelombang 5.000 Amstrong. Lebar celah agar terjadi pola difraksi maksimum orde kedua pada sudut 300 adalah .... meter.







3.     Seberkas cahaya monokromatis setelah melalui dua celah sempit yang berjarak 8 cm, membentuk pola interferensi pada layar yang berjarak 12 meter dari celah tadi. Jika pada layar terang ketiga terjadi pada jarak 4 cm dari terang pusat maka panjang gelombang cahaya tersebut adalah .... meter.







4.     Seberkas cahaya jatuh tegak lurus pada kisi yang terdiri atas 10.000 garis/cm dan menghasilkan interferensi minimum kedua pada sudut 300. Panjang gelombang  cahaya yang digunakan adalah .... meter.







5.     Jarak dua lampu sebuah mobil 244 cm. Panjang gelombang rata-rata cahaya yang dipancarkan kedua lampu mobil itu 600 nm. Jika nyala lampu itu diamati oleh seseorang yang diameter pupil matanya 3 mm, maka jarak maksimum mobil dengan orang itu supaya nyala kedua lampu masih terlihat terpisah adalah .... meter.




No comments:

Post a Comment