Friday 16 October 2015

SOAL RESPONSI BAHASA INDONESIA KELAS XI

Soal Responsi Bahasa Indonesia
Kelas XI
Tanggal 19 Oktober 2015

             Jawablah pertanyaan di bawah ini!
1.       Surat yang dibuat untuk menyatakan pengalihan atau pelimpahan kepada seseorang untuk bertindak atas nama pemberi hak kuasa tersebut disebut surat …
2.       Bacalah pasal perjanjian jual-beli berikut ini dengan seksama!
Pihak Pertama menjual kepada Pihak Kedua 30 TV berwarna 29 Inc, harga @Rp. 3.000.000,-. Biaya seluruhnya termasuk Pajak Pendapatan Negara (PPN) sebesar 10% adalah @Rp. 90.000.000,-
Isi pasal surat perjanjian jual-beli di atas adalah …
3.       Sebutkan manfaat membaca resensi buku!
4.       Bacalah kutipan resensi di bawah ini dengan seksama!
Ronggeng Dukuh Paruk berkisah tentang kehidupan seorang ronggeng, Srintil, yang tinggal di sebuah desa kecil bernama Dukuh Paruk. Ditempat inilah Srintil salah satu penghuni dari penduduk Dukuh Paruk yang menempati 23 rumah. Srintil seorang anak yatim. Ayah dan ibunya bersama penduduk lainnya meninggal karena keracunan tempe bongkrek saat Srintil masih bayi. Beruntunglah ia masih punya kakek yang membesarkannya.
Hal yang dibahas dalam penggaloan resensi di atas adalah …
5.       Kenapa novel dikatakan cerita fiksi?
6.       Bacalah penggalan resensi di bawah ini!
Kendati novel ini mengandung pujian dari banyak pihak, termasuk mereka yang seharusnya bias bersikap lebih kritis, ada beberapa catatan penting yang dapat kita ajukan kepada pengarangnya. Seperti diingatkan mahafisikawan Inggris, Stephen Hawking, kelemahan yang sering melekat dalam novel dan film fiksi sains adalah sifatnya yang terlalu mengada-ada (Hawking, 1993). Artinya tindak tunduk terhadap logika ketat dan sains yang nyata. Sayangnya, novel ini pun terperosok ke dalam cacat yang nyaris sama.
Hal yang dibahas dalam penggalan resensi di atas adalah …
7.       Sebutkan langkah-langkah dalam melakukan wawancara!
8.       Bacalah penggalan novel di bawah ini!
Untuk pergi bersama-sama ke rimba tempat mereka mengumpulkan dammar, mereka harus meninggalkan kampong Air Jernih, yang terletak di Tepi Danau Bantau. Air Jernih terletak di Tepi Sungai Air Putih yang bermuara ke danau. Di pinggir muara sungailah terletak kampung mereka. Mereka menuju hutan dengan menyusuri tepi sungai, memasuki hutan, dan mendaki gunung-gunung. Sungai tak dapat dilalui dengan perahukarena penuh dengan batu besardan karena sungai mengalir dengan derasnya turun dari gunung-gunung.
Unsur intrinsik yang terdapat pada penggalan novel di atas adalah …
9.       Bacalah artikel di bawah ini!
Merujuk pada beberapa studi perekonomian, Marjio menyampaikan kenaikan satu persen pertumbuhan ekonomi nasional dapat menyerap tenaga kerja kurang lebih 400 ribu orang, Jateng menyumbang sekitar sepuluh persen kepada pertumbuhan nasional, maka setiap kenaikan pertumbuhan satu persen diperkirakan dapat menyediakan lapangan kerja bagi 40 ribu orang. Dengan tingkat pertumbuhan pada tahun ini sebesar 6,5 persen, maka dapat terserap tenaga kerja 260.000 orang, sambungnya. Kita berharap Indonesia dapat terus meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Dengan demikian dapat meningkatkan penyerapan tenaga kerja.
Ringkasan artikel di bawah adalah …
10.   Kegiatan tanya jawab yang bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai suatu hal disebut …
               



No comments:

Post a Comment