Friday 16 September 2016

Responsi Kls XII

Responsi Bahasa Indonesia
Kelas XII
19 September 2016

Laporan berikut untuk soal nomor 1-3!
Berawal dari Sandal Magelangan
            1) 19 April 2012, rombongan kami mengunjungi salah satu industri penyulingan minyak akar wangi di Garut, Jawa Barat. 2) Minyak akar wangi merupakan produk minyak aksiri(essential oil) yang dihasilkan dari proses penyulingan bagian akar tanaman akar wangi. 3) Proses produksi yang digunakan penyuling masih menggunakan teknologi penyulingan sederhana. 4) Proses yang digunakan untuk penyulingan minyak astiri yaitu teknologi penyulingan uap-air dengan menggunakan ketel penyuling. 5) Menurut pemilik industri, penyulingan menggunakan teknologi sederhana tersebut hanya menghasilkan minyak astiri dengan mutu rendah. 6) Dengan demikian, umumnya minyak astiri yang dihasilkan tidak dapat langsung diekspor.
1.        Laporan di atas membahas tentang ....
2.        Kalimat yang berisi opini pada laporan di atas terdapat dalam nomor ....
3.        Kalimat yang berisi fakta pada laporan di atas terdapat dalam nomor ....
4.        Gagasan : Berwirausaha merupakan salah satu langkah nyata untuk menurunkan angka pengangguran di Indonesia.
Tanggapan yang tepat untuk menanggapi gagasan yang dikemukakan di atas adalah .…
5.        Pemerintah berencana memberikan bantuan modal kepada UKM kecil dan orang-orang yang membutuhkan bantuan modal untuk berwirausaha. Bantuan tersebut sekiranya akan diberikan secara bertahap dan dipantau langsung oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Untuk melihat respon dari para ahli ekonomi dan tokoh masyarakat, petugas dan Kemenparekraf mengadakan diskusi dengan mereka.
Pengungkapan pendapat yang tepat terhadap permasalahan dalam diskusi di atas adalah ….
6.        OSIS SMA Perintis Kemerdekaan mengadakan diskusi untuk merencanakan kegiatan yang berhubungan dengan kewirausahaan. Salah satu anggota OSIS bernama Ria mengajukan program kegiatan seminat bertema kewirausahaan. Ria berpendapat bahwa dengan seminar tersebut, pengetahuan siswa mengenai kewirausahaan akan bertambah. Berikanlah pernyataan yang sopan untuk menyanggah pendapat di atas!
7.        Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengadakan diskusi dengan tema “Menjadi Pengusaha Mandiri”.
Kalimat yang sopan untuk Kemukakan pendapat berdasarkan tema diskusi diatas dengan kalimat yang sopan!
8.        Bahasa Indonesia semakin diminati warga asing di luar negeri dan telah diajarkan setidaknya di 73 negara. (2) Tenaga pendidik bahasa Indonesia untuk luar negeri juga semakin dibutuhkan, kata Koordinator Program Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing di Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri Departemen Pendidikan Nasional Pengesti Wiedarti.  (3) Beliau juga mengatakan, permintaan terhadap tenaga pendidik bahasa Indonesia ternyata terbilang cukup banyak. (4) Begitu pula, pengiriman tenaga pendidik bahasa Indonesia ke luar negeri bergantung dari bentuk kerja sama antarnegara dan lembaga diberbagai bidang. (5) Saat ini terdapat sekitar 219 lembaga yang mengajarkan bahasa Indonesia untuk penutur asing di 73 negara.
Ide pokok paragraf di atas adalah ….
Teks berikut untuk soal nomor 9 s.d.10!
Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
9.        Daerah mempunyai wewenang menentukan kelulusan terkait rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dan seluruh kabupaten/kota, kecuali Rokan Hilir (Rohil), yang dimulai selasa (18/ 11). Penentuan itu berdasarkan urutan ranking oleh tim dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dan Satuan Kerja (Satker) terkait.
Hal itu diungkapkan Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau Ir. H. Herliyan Saleh, M.Sc. di Pekanbaru, Selasa (18/11). ”Daerah berwenang untuk menentukan kelulusan CPNS tersebut. Kita akan melakukan penilaian dan menetapkan rangking terbaik dari masing-masing CPNS yang mengikuti tes tersebut, selanjutnya diserahkan ke pusat untuk melihat apakah sudah sesuai prosedur atau tidak penerimaan CPNS ini,” ujarnya.
Dikatakannya, bagi Riau penerimaan CPNS ini memang sangat diperlukan. Karena keperluan CPNS di Riau masih cukup banyak terutama sekali bagi kabupaten/ kota karena setiap tahunnya dipastikan ada PNS yang pension dan sebagainya.
Pertanyaan yang sesuai dengan isi teks di atas adalah ….
10. Tuliskan kesimpulan dari teks di atas!

No comments:

Post a Comment