Saturday 19 August 2017

Responsi Kelas XI

RESPONSI BAHASA INDONESIA
KELAS XI
21 AGUSTUS 2017



A.           Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
Bacalah penggalan novel di bawah ini dengan seksama untuk menjawab soal nomor 1&2!
Malam itu langit biru tua. Bintang gemintang memamerkan kerlipnya. Udara sejuk mengalir dari lereng Merbabu menyapu kawasan Grabag dan Secang. Ribuan orang tumpah ruah di kawasan Pesantren Kanzul Ulum Caniretno, Magelang. Suara gamelan mengalur menciptakan suasana magis tersendiri. Rerumputan dan dedaunan bergoyang diterpa angin, mereka seumpama jamaah thariqah yang berzikir mengiringi irama gamelan.
(Bidadari Bermata Bening, Habiburrahman El Shirazy)
1.      Tuliskan unsur intrinsik yang terdapat dalam penggalan novel di atas!
2.      Tuliskan gaya bahasa yang terdapat dalam penggalan novel di atas!

Bacalah penggalan teks drama di bawah ini dengan seksama!
Gadis         : “Aku tidak mengemis nyawa pada Tuan!”
Van Dijk   : “Akan kita lihat nanti … Hei kau Ibu! Siapkan dirimu! Kini giliranmu!”
Gadis        : “ Tidak! Tidak! Biarkan aku pulang. Demi kemanusiaan. Aku punya anak dua orang, masih kecil-kecil. Mereka terkunsi. Jika aku harus mati buat mereka aku akan menerima dengan senang hati.”
3.      Kesimpulan dari penggalan dialog di atas adalah ….

Bacalah penggalan resensi di bawah ini dengan seksama!
Perwatakan yang ia tampilkan dalam diri tokoh-tokoh yang ia ciptakan sangat hidup, seperti tokoh Monang yang perwujudan sifat-sifat yang dimiliki oleh banyak pria, begitu pula dengan tokoh Maren. Karakter yang dimilikinya sangat sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Si penulis juga mampu mengetengahkan tokoh-tokoh lain yang dapat memperkuat karakter tokoh utamanya.
4.      Unsur yang terkandung dalam penggalan di atas adalah ….

5.      Buatlah sebuah kalimat yang mengandung konjungsi subordinatif!

Bacalah penggalan pidato di bawah ini dengan seksama!
Dalam proses komunikasi saya dengan seluruh rakyat Indonesia, baik melalui surat, telepon, maupun SMS, masih sering dirasakan adanya pelayanan yang kurang baik kepada rakyat. Oleh karena itu, mari kita tingkatkan kualitas pelayanan dengan penuh ketulusan, kasih sayang, dan rasa tanggung jawab.
6.      Tuliskan tujuan dari penggalan pidato di atas!

7.      Tuliskan dan jelaskan unsur-unsur yang terkandung dalam sebuah drama!
8.      Tuliskan langkah-langkah dalam menulis resesnsi!

Bacalah penggalan novel di bawah ini!
Aku sedikit ragu-ragu mau membuka pintu. Hatiku ketar-ketir. Angin sahara terdengar mendesau-desau. Keras dan kacau. Tak bisa dibayangkan betapa kacaunya di luar sana. Panas disertai gulungan debu yang berterbangan. Suasana yang jauh dari nyaman. Namun, niat harus dibulatkan. Bismillah tawakaltu’ala Allah. Pelan-pelan kubuka pintu apartemen.
(Ayat-ayat Cinta, Habiburrahman El Shirazy)
9.      Watak tokoh “aku” yang terkandung dalam penggalan novel di atas adalah ….

Bacalah paragraf di bawah ini dengan seksama!
Kebutuhan hidup sehari-hari setiap keluarga dalam masyarakat tidaklah sama. Hal ini sangat tergantung dari besarnya penghasilan setiap keluarga. Keluarga yang berpenghasilan rendah, kebutuhan pokoknya sulit terpenuhi. Lain halnya dengan yang berpenghasilan tinggi. Mereka dapat menyumbangkan sebagian penghasilannya untuk pembangunan tempat-tempat beribadah atau untuk kegiatan sosial lainnya. Tempat-tempat ibadah memang perlu bagi masyarakat. Pada umumnya, tempat-tempat ibadah ini dibangun secara gotong royong dan sangat mengandalkan sumbangan para dermawan. Perbedaan penghasilan yang besar dalam masyarakat telah menimbulkan jurang pemisah antara si kaya da si miskin.
10.  Tuliskan ide pokok dari paragraf di atas!

No comments:

Post a Comment