Friday 9 February 2018

Responsi Kls X

Responsi Fisika
Kelas X
9 Februari 2018

1.      Jarak rata-rata antara planet A dan matahari adalah 4 kali jarak planet B ke matahari. Berapa tahunkah waktu yang diperlukan planet A untuk mengitari matahari satu kali?

2.      Massa planet A sekitar 4kali massa palnet B dan jarak antar pusatplanet A dan B adalah R. Suatu benda bermassa M berada pada jarak r dari pusat planet A dan garis lurus yang menghubungkan kedua planet memiliki gaya gravitasi nol. Maka tentukanlah jarak r ?

3.      Dua planet berbentuk bola mempunyai rapat massa rata-rata sama, sedangkan jari-jarinya R1 dan R2. Tentukanlah perbandingkan medan gravitasi pada permukaan planet pertama terhadap medan gravitasi pada permukaan planet kedua ?

4.      Ketika sebuah satelit berada 106 m dari bulan, periode orbitnya adalah 25 menit. Ketika planet tersebut turun ke orbit yang lebih rendah 1,6 x 105 m. Maka tentukanlah periode baru dari satelit tersebut?

5.      Dua buah satelit A dan B mengorbit sebuah planet yang sama dengan jari-jari orbitnya masing-masing berurutan R da 2 R. Jika kecepatan orbit satelit A adalah v, maka tentukanlah kecepatan orbit satelit B ?

1 comment: