Friday 20 July 2018

Soal Responsi Bahasa Indonesia Kelas XII


Kelas XII
Bacalah laporan berikut ini !
Laporan Pengamatan Pemilu Presiden  di Yogyakarta

        Pemilu presiden di beberapa daerah di Yogyakarta mengalami beberapa masalah kecil. Beberapa tempat pemungutan suara (TPS) menerima logistic pemilu yang tidak lengkap. Masalah ini terjadi karena adanya kesalahan pengiriman logistik pemilu.
        Menurut ketua Panwas Kulon Progo, M. Jumarin, masalah logistik yang terjadi di beberapa TPS dapat segera diatasi. Cepatnya penanganan kekurangan logistik karena kerja sama antara Panitia Pemilihan Umum Kecamatan (PPK) dengan Panwas Kecamatan.
        Kekurangan logistik  pemilu terjadi di Tirtorahayu sebanyak dua puluh lima surat suara. Selain itu, di Krembang kekurangan surat suara sebanyak sembilan puluh surat suara.
1.         Fakta yang terdapat dalam laporan tersebut adalah .…
2.         Opini yang terdapat dalam laporan di atas adalah ....
3.         Kesenian tradisional semakin tidak dikenal oleh kalangan muda. Mereka tidak mengenal lagi tari-tarian daerah apa lagi kisah pawayangan. Padahal, dalam kesenian tradisional tersebut terkandung nilai-nilai moral  yang patut diteladani. Ironisnya, mereka lebih mengenal dan mencintai kesenian asing daipada kesenian bangsa sendiri.
Tanggapan yang tepat untuk penggalan laporan tersebut adalah ….
4.         Dalam sejarah Indonesia, gelar pahlawan nasional yang pernah diangkat tidak pernah dicabut. Riwayat hidupnya diajarkan sejak bangku sekolah dasar. Perjuangan mereka menjadi inspirasi dan teladan segenap masyarakat, termasuk generasi muda.
Gagasan utama paragraf di atas adalah ….
5.         Sistem transportasi massal seperti kereta api sangat dibutuhkan keberadaanya di kota besar seperti Jakarta. Pembangunan sistem ini sebenarnya sudah direncanakan dengan dibangunnya sistem jaringan kereta api bawah tanah. Tingkat yang berada di atasnya dapat dimanfaatkan untuk jalan, pertokoan, atau fasilitas lainnya.
Ide pokok artikel tersebut adalah ….
6.        Krisis moneter yang melanda Indonesia berdampak pada sektor industri. Banyak perusahaan mem-PHK karyawan. Hal ini terpaksa dilakukan agar prusahaan tidak bangkrut. Akibanya, banyak anak putus sekolah karena orang tuanya kehilangan pekerjaan. Diantara anak tersebut, ada  yang menjadi gelandangan.
Permasalahan yang terdapat dalam kutipan artikel tersebut adalah ….
7.         Bacalah gurindam berikut dengan saksama!
Pabila banyak mencela orang
Itulah tanda dirinya kurang
Maksud isi gurindam di atas adalah ....
8.         Tuliskan ciri-ciri puisi lama!
9.         Buatlah contoh paragraf deskriptif!
10.     Bacalah pantun berikut dengan seksama!
Di Cisolok pasar Cirasa
Pagi-pagi membeli ragi
Inilah sholat tiang agama
Jangan lalai, biar ga rugi
Analisis pantun di atas! Tentukan nilai moral yang terkandung di dalamnya!

No comments:

Post a Comment