Sunday 1 July 2018

TUGAS LIBURAN SEMESTER GENAP 2018 BIOLOGI

TUGAS LIBURAN SEMESTER GENAP
TAHUN PELAJARAN 2017-2018
MATA PELAJARAN BIOLOGI




KELAS X


3.000 Spesies Tanaman Musnah Setiap Tahun

Sekitar 3.000 spesies tanaman per tahunnya punah akibat ulah manusia. Padahal dari 300.000 spesies yang diperkirakan tersebar di muka bumi ini, sekitar 35.000 berkhasiat obat. Kerusakan lingkungan akibat penebangan hutan dan pembakaran lahan untuk perkebunan dan permukiman telah mengakibatkan musnahnya keanekaragaman hayati di seluruh dunia. Baru beberapa ribu dari tanaman itu yang telah diketahui kandungan senyawa kimianya. Oleh karena itu, harus ada upaya konservasi budidaya tanaman berkhasiat obat. Hal ini dapat dilakukan dengan mengembangkan perkebunan tanaman obat dengan melibatkan masyarakat lokal. Dengan membudidayakan tanaman obat dan mengolahnya menjadi produk obat-obatan dan komoditas lain yang bernilai ekonomis, selain dapat mendukung upaya konservasi biodiversitas, juga dapat memberdayakan dan meningkatkan pendapatan masyarakat di pedesaan. Hal ini disampaikan Prof. Dr. LJ. Slikkerveer, Ketua World Think Tank dan Direktur Program LEAD Universitas Leiden, Belanda, kepada pers pada Pameran Internasional Jamu di Singapura. Pameran bertema tanaman obat untuk pelayanan kesehatan dan pelestarian biokultural di Indonesia ini diselenggarakan 11-29 April di University Cultural Centre, National University of Singapore.
Sumber: Kompas edisi Kamis, 13 April 2006

Pertanyaan:
Berdasarkan berita di atas, jawablah pertanyaan berikut ini:
1.    Tuliskan 10 jenis tanaman obat yang paling dibutuhkan oleh industri jamu atau kosmetik di Indonesia! Apakah Anda mudah menemukannya dalam kehidupan sehari-hari?
2.    Mengapa menurunnya keanekaragaman hayati dapat merugikan manusia?
3.    Apakah yang dimaksud dengan konservasi biodiversitas? Bagaimana bentuk konservasi tanaman obat yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan?



KELAS XI


No comments:

Post a Comment