Friday 15 February 2019

SOAL RESPONSI B.INDONESIA KELAS XI


SOAL RESPONSI BAHASA INDONESIA
KELAS XI

Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Taman Nasional Bunaken memiliki ekosistem terumbu karang yang sangat kaya.Terdapat sekitar 390 spesies terumbu karang di wilayah ini. Spesies alga yang dapatditemui di Taman Nasional Bunaken adalah Caulerpa, Halimeda dan Padina,sementara spesies rumput laut yang banyak ditemui adalah Thalassia hemprichii,Enhallus acoroides, dan Thalassaodendron ciliatum. Taman Nasional Bunaken jugamemiliki berbagai spesies ikan, mamalia laut, reptil, burung, moluska dan mangrove.Sekitar 90 spesies ikan tinggal di perairan wilayah ini.(www.wikipedia.co.id)
1.         Gagasan utama paragraf tersebut adalah ....
Bacalah teks berikut dengan saksama!
(1) Daya ingat yang baik sangat diperlukan untuk menunjang aktivitas sehari-hari. (2) Dapat dibayangkan bagaimana sebuah aktivitas akan berjalan lancar jika selalu lupa apa yang harus dikerjakan. (3) Dalam proses belajar pun, daya ingat yang tajam sangat dibutuhkan. (4) Itulah sebabnya Anda mesti berikhtiar untuk meningkatkan daya ingat, setidaknya dengan mengonsumsi makanan empat sehat lima sempurna.
2.         Kalimat utama paragraf tersebut terdapat dalam kalimat nomor ....
Perhatikan teks berikut dengan cermat!
Selama bertahun-tahun terjadi banyak masalah kesehatan karena kekurangan air bersih. Pendidikan minim karena kondisi ekonomi memprihatinkan.  Sekarang air bersih tidak sulit lagi. Setiap rumah sudah mempunyai kamar mandi dan WC. Kehidupan ekonomi warga terus membaik. Semua itu terkait dengan pulihnya tiga mata air yang mengering setelah perusakan hutan tahun 1964-1965. Ternyata reboisasi hutan Wonodadi membawa perubahan yang tidak terbayangkan bagi masyarakat sekitar hutan tersebut.
3.         Makna istilah reboisasi dalam paragraf di atas adalah ….
Bacalah teks berikut dengan saksama!
(1) Kekerasan terhadap anak semakin marak. (2) Satgas Perlindungan Anak, misalnya, setiap hari menerima enam laporan kekerasan dan kejahatan terhadap anak. (3) Laporan yang sama banyaknya diterima juga di daerah oleh lembaga yang bergerak dalam perlindungan anak. (4) Tingginya kekerasan terhadap anak memperlihatkan ketidakpedulian kita terhadap hak anak untuk tumbuh dan berkembang dengan wajar, bebas dari rasa takut, dan ancaman. (5) Oleh karena itu, kita menuntut Kementerian PPPA membuat kebijakan nasional yang lebih konkret dalam melindungi anak. (kompas.com)
4.         Mengapa kekerasan terhadap anak masih terus terjadi?
5.         Opini penulis dalam paragraf di atas ditunjukkan dalam kalimat ....
6.         Apa yang dimaksud dengan unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik? Jelaskan!
7.         Buatlah contoh tanggapan persetujuan dan penolakan dengan bahasa yang baik (masing-masing satu)!
8.         Tulis dan jelaskan nilai-nilai yang dalam karya sastra (cerpen)!
9.         Buatlah kalimat yang menyampaikan opini dan fakta (masing-masing satu)!
10.      Tulis dan jelaskan metode dalam berpidato!

No comments:

Post a Comment