Friday 9 August 2019

SOAL RESPONSI BAHASA INDONESIA KELAS XI

SOAL RESPONSI BAHASA INDONESIA KELAS XI


Bacalah paragraf berikut dengan saksama!                                        
Pemerintah kota (Pemkot) Salatiga bersama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan PT Pertamina MOR IV berkoordinasi terkait penambahan stok hingga dua kali lipat elpiji tiga kilogram pada Juni 2016. Upaya tersebut sebagai langkah antisipasi dini supaya tidak terjadi kelangakaan elpiji di Kota Salatiga. Selama Ramadan hingga menjelang Lebaran diperkirakan kelangkaan elpiji tidak akan terjadi. Bulan sebelumnya, stok elpiji melon di Kota Salatiga hanya 2.240 tabung. Per Juni 2016 stok elpiji tiga kilogram bertambah menjadi 4.480.
1.        Ide pokok paragraf tersebut adalah ....
Bacalah teks berikut dengan saksama!
(1) Setiap perusahaan bisnis yang berhasil harus memiliki kepercayaan dari penyokongnya. (2) Wiraniaga adalah perantara yang melaluinya kepercayaan ini diperoleh. (3) Wiraniaga ahli setelah mengetahui bahwa ia melakukan hal penting untuk memperoleh dan mempertahankan kepercayaan dari para pembelinya. (4) Ia melakukan tawar menawar dengan mereka seolah-olah ia adalah pemilik bisnis yang ia wakili. (5) Ia menangani para pelanggannya persis sama dengan apa yang ia inginkan dari mereka jika ia menjadi pelanggan.
2.        Kalimat utama pada paragraf tersebut ditandai dengan nomor …. 

Bacalah teks prosedur berikut dengan saksama!
Petunjuk Membuat Mainan Terjun Payung
(a)   Gabungkan ujung benang, kemudian ikat boneka!
(b)   Ikatkan benang sepanjang 30 cm ke semua lubang pada plastik!
(c)   Buatkan lingkaran pada plastik sampul buku!
(d)   Lemparkan ke udara, tampaklah orang terjun!
(e)   Gunting plastik sesuai pola, kemudian beri lima lubang untuk benang pada pinggirnya!
3.        Urutan kalimat tersebut agar menjadi paragraf eksposisi yang benar adalah ....

Bacalah isi puisi berikut dengan saksama!
Karangan Bunga
Tiga anak kecil
Dalam langkah malu-malu
Datang ke Salemba
Sore itu
“Ini dari kami bertiga
Pita hitam dalam karangan bunga
Sebab kami ikut berduka
Bagi kakak yang ditembak mati siang tadi.”
4.        Makna lambang kata “pita hitam” dalam puisi tersebut adalah ....

Perhatikan paragraf berikut dengan cermat!
Selama bertahun-tahun terjadi banyak masalah kesehatan karena kekurangan air bersih. Pendidikan minim karena kondisi ekonomi memprihatinkan.  Sekarang air bersih tidak sulit lagi. Setiap rumah sudah mempunyai kamar mandi dan WC. Kehidupan ekonomi warga terus membaik. Semua itu terkait dengan pulihnya tiga mata air yang mengering setelah perusakan hutan tahun 1964-1965. Ternyata reboisasi hutan Wonodadi membawa perubahan yang tidak terbayangkan bagi masyarakat sekitar hutan tersebut.
5.        Makna istilah reboisasi dalam paragraf di atas adalah ....

Bacalah teks berikut!
(1) Peserta Perkebunan Inti Rakyat (PIR) kelapa sawit, di Desa Suka Makmur bukan hanya memerlukan rumah yang layak huni. (2) Mereka tahu betul, arti rumah yang sehat dan indah.   (3) Untuk bisa memilih rumah, mereka  melakukan arisan di antara kelompok tani.   (4) Sekarang di desa yang ditempati tahun 1986 itu telah berdiri 200 rumah permanen dengan ukuran rata-rata 12 x 14 meter. (5) Dua puluh anggota kelompok tani Bunga Kantil memiliki rumah  baru dan permanen.
6.        Kalimat yang berisi fakta terdapat pada nomor ....

Bacalah teks biografi berikut dengan seksama!
Adam Malik Batubara lahir di Pematangsiantar, Sumatera Utara, 22 Juli 1917. Semenjak kecil ia gemar menonton film koboi, membaca, dan fotografi. Beliau pernah menjadi Menteri Perdagangan, Menteri Luar Negeri, lalu Ketua DPR, hingga puncak karirnya sebagai Wakil Presiden Indonesia ke-3. Adam Malik menempuh pendidikan dasarnya di Holladech-Inlandsche School Pematangsiantar. Ia melanjutkan ke Sekolah Agama Parabek di Bukittinggi, namun hanya satu setengah tahun saja karena kemudian pulang kampung dan membantu orang tua berdagang. Disela-sela kesibukan barunya itu, ia banyak membaca berbagai buku yang memperkaya pengetahuan dan wawasannya. Pada usia 20 tahun, ia bersama dengan Soemanang, Sipahutar, Armijn Pane, Abdul Hakim, dan Pandu Karta wiguna memelopori berdirinya Kantor Berita Antara pada tahun 1937.
7.        Hal yang patut diteladani dari tokoh pada teks tersebut adalah ....

Bacalah hikayat berikut!
Maka kata Indera Bangsawan, “Hamba ini tiada bernama dan tiada tahu akan bapak Hamba, karena diam dalam hutan rimba belantara. Adapun sebabnya hamba kemari ini karena hamba mendengar khabar anak raja sembilan orang hendak datang membunuh buraksa dan merebut tuan hamba dari padanya itu, itulah maka hamba datang kemari hendak melihat tamasya anak raja itu. Mengasihani hamba dan pada bicara akal hamba akan anak raja-raja yang sembilan itu tiadalah dapat membunuh buraksa itu. Jika lain daripada Indera Bangsawan tiada dapat membunuh akan buraksa itu.
8.        Amanat yang tersirat dalam kutipan sastra klasik tersebut adalah ….

Cermati paragraf berikut!
Indonesia memiliki keanekaragaman budaya. Akan tetapi, kita sulit sekali untuk mengetahui ciri-ciri dan asal budaya tersebut. Walaupun, ada kemiripan budaya suatu daerah dengan daerah lainnya yang menyulitkan kita membedakannya. Jadi, kita tidak usah heran bahwa ada orang Indonesia tidak tah tentang kebudayaan Indonesia. Bahkan, ada yang terheran-heran melihat tari kecak tetapi mendengarkan lagu soleram kalau dia tidak pernah mengetahuinya dan memang tidak pernah mau tahu. 
9.        Perbaikan konjungsi yang tercetak miring dalam paragraf tersebut adalah ....

Cermati paragraf berikut!
mereka kurang cinta kebudayaannya sendiri, bahkan ada yang menganggapnya kampung. Musik ang mereka dengarkan bukan lagi gending karismen atau tanjidor, melainkan house music atau musik DJ, R&B, HIP-hop, metal dan lain-lain. Tarian mereka bukan lagi jaipongan, kecak, atau pendet, melainkan modern dance, break dance, dan ang sejenis itu. Hal ini tunjuk bahwa generasi muda Indonesia ternyata lebih menyukai kesenian asing daripada kesenian lokal.   
10.    Perbaikan kata dasar bercetak tebal yang tepat dalam paragraf tersebut adalah .... 

No comments:

Post a Comment