Friday 9 August 2019

SOAL RESPONSI BAHASA INDONESIA KELAS XII

SOAL RESPONSI BAHASA INDONESIA KELAS XII


Bacalah teks berikut dengan saksama!
Kota Balikpapan dihuni penduduk dari ragam suku bangsa di tanah air. Demi menjaga dan terpeliharanya kota sekaligus melestarikan ragam budaya yang ada, masyarakat membentuk sejumlah paguyuban. Pada hari sabtu 21 november pengurus paguyuban mengadakan pertemuan di rumah dinas wakil walikota. Dalam pertemuan tersebut dibicarakan langkah pemikiran para tokoh paguyuban dalam rangka memajukan seni dan budaya di kota Balikpapan.
1.         Ide pokok paragraf tersebut adalah ....

Bacalah teksberikut dengan saksama!
Pemanasan Global
Perubahan iklim terjadi di berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia. Perubahan iklim tersebut menyebabkan kemarau panjang hingga hujan yang tidak menentu. Peristiwa alam tersebut berdampak pada keadaan alam daerah tertentu. Misalnya, di daerah dataran tinggi, intensitas hujan yang tinggi menyebabkan tanah terkikis dan rapuh. Keadaan alam tersebut berpotensi menyebabkan bencana tanah longsor.
Perubahan iklim terjadi akibat pemanasan global yang merusak lapisan ozon. Pemanasan global dapat terjadi karena penggunaan energi listrik atau bahan bakar kendaraan secara besar-besaran. Aktivitas manusia tersebut dapat menimbulkan emisi gas yang dapat merusak lapisan ozon. Hal terpenting yang dapat dilakukan adalah mengubah gaya hidup menjadi lebih hemat energi. Dengan demikian dampak pemanasan global dapat berkurang.
2.         Kalimat utama paragraf pertama teks tersebut adalah ....

3.         Kami turut prihatin kepada terjadinya musibah di daerah itu.
Kalimat efektif hasil perbaikan kalimat tersebut yang tepat adalah ....

Bacalah puisi berikut dengan seksama!
Janganlah sampai kawan
Kesejahteraan tinggallah angan
Keadilan hanyalah khayal
Kemerdekaan kembalilah terjajah
Yang tersisa hanyalah kebodohan

Mari naik kapal, kawan
Jangan hanya tinggal diam
Mari bersatu ambil peranan
Buatlah perubahan
4.         Kata naik kapal dalam puisi tersebut melambangkan ....

Cermatilah kalimat-kalimat berikut!
Kalimat utama: Memotret manusia adalah sebuah seni tertinggi dalam fotografi.
Kalimat penjelas:
(1)      Diperlukan kamera khusus yang harganya mahal karena kamera tersebut mempunyai ketajaman fokus yang baik.
(2)      Dalam foto jurnalis,  memotret memerlukan waktu dan sudut pemotretan yang sesuai.
(3)      Ada waktu yang tidak bisa ditawar saat menekan tombol rana untuk merekan ekspresi atau gesture tubuh yang khas.
(4)      Ada sudut pemotretan tertentu untuk merekam manusia dengan sebaik-baiknya sesuai rencana pemotretan.
(5)      Memotret manusia hendaknya memotret model yang cantik atau tampan dan menyesuaikan dengan situasi.
5.         Kalimat penjelas yang mendukung kalimat utama terdapat pada nomor ....

Cermati kutipan berikut!
(1) Semua warga sekolah merasa bangga: wajah-wajah mereka ceria. (2) Hampir di setiap lomba taman dan keindahan mereka selalu menyandang juara. (3) Orang-orang yang lalu lalang di depan sekolah sering melihat berbagai burung di halaman sekolah yang ditanami berbagai pohon yang rindang. (4) Sudah selayaknya sekolah itu dipuji, karena memang tampak indah, bersih, dan nyaman. (5) Menjaga keindahan taman di setiap lingkungan kota/kabupaten perlu dijadikan prinsip yang dipegang teguh.
6.         Kalimat penjelas yang tidak padu dalam paragraf tersebut bernomor ....

Cermati paragraf berikut!
Dalam mendiagnosis batu ginjal, pertama-tama dokter mencoba menggali keterangan dari pasien, seputar gejala-gejala yang dialaminya. Biasanya dokter akan menanyakan apakah pasien mempunyai riwayat menderita batu ginjal sebelumnya atau tidak. Dokter juga akan menanyakan apakah pasien memiliki keluarga yang berpenyakit asma atau apakah belakangan pasien sering mengonsumsi makanan atau suplemen yang memicu terbentuknya penyakit itu.
7.         Akhiran-nya pada kata dialaminya mengacu pada kata ....

Bacalah paragraf berikut!
Pemerintah kota (Pemkot) Salatiga bersama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan PT Pertamina MOR IV berkoordinasi terkait penambahan stok hingga dua kali lipat elpiji tiga kilogram pada Juni 2016. Upaya tersebut sebagai langkah antisipasi dini supaya tidak terjadi kelangkaan elpiji di Kota Salatiga. Selama Ramadan hingga menjelang lebaran diperkirakan kelangkaan elpiji tidak akan terjadi. Bulan sebelumnya, stok elpiji Kota Salatiga hanya 2.240 tabung. Per Juni 2016 stok elpiji tiga kilogram bertambah menjadi 4.480.
8.         Makna kata bercetak miring pada paragraf tersebut adalah ....

Bacalah teks berikut!
Rotan merupakan sumber kehidupan yang diwariskan secara turun-temurun oleh masyarakat di Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah. Mereka tetap bertahan sebagai petani rotan walaupun akhir-kahir ini harga rotan anjlok. Karena itu, Pemda setempat harus ... memberikan solusi agar harga rotan membaik dan perekonomian masyarakat stabil.
9.         Ungkapan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....

Cermati kalimat berikut!


Pak Budi mengoreksi karangan Andreas yang berjudul “faktor yang memengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.”



10.         Penulisan judul karangan yang sesuai dengan PUEBI adalah ....














No comments:

Post a Comment