Friday 14 October 2016

Responsi Kls X

Responsi Bahasa Indonesia  
Kelas X
14 Oktober 2016
1.      Bacalah penggalan paragraf dibawah ini!
Akhir – akhir ini marak diberitakan makanan dan minuman yang bermelamin. Disinyalir makanan dan minuman yang berasal dari China mengandung melamin. Zat itu sendiri dinyatakan dapat menaikan kadar protein dalam minuman seperti susu atau makanan seperti biskuit. Jenis makanan dan minuman yang bermelamin masih dapat ditemukan di beberapa swalayan atau supermarket. Sampai saat ini, pemerintah belum mampu melindungi kepentingan konsumen.
Kalimat yeng berisi kritikan terdapat pada kalimat …
2.      Sebutkan dan jelaskan jenis – jenis puisi lama!
3.      Bacalah penggalan berita dibawah ini dengan seksama!
Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menjamin jika mi instan aman untuk dikonsumsi. BPOM pun siap bertanggung jawab bila mi instan membahayakan kesehatan. Bahkan kepala BPOM Kustantinah memberikan pernyataan pada wartawan, Kamis, 14 Oktober 2010 lalu bahwa mereka menilai aman dan akan bertanggung jawab jika terjadi apa – apa terhadap warga Indonesia yang mengkonsumsi mi instan.
Berikan tanggapan terhadap penggalan berita diatas!
4.      Bacalah paragraf dibawah ini dengan seksama!
Produksi padi tahun 2015 diperkirakan mencapai 53,01 juta ton gabah kering giling atau turun dua persen dibandingkan dengan produksi tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan adanya penurunan luas panen padi sawah akibat bencana banjir dan kekeringan, serta pergeseran waktu tanam pada empat bulan pertama di tahun 2005.
Gagasan utama paragraf di atas adalah …
5.      Bacalah penggalan cerpen dibawah ini dengan seksama!
….Ibu makin jarang di rumah. Tinggal aku dan ayah yang mengurus sawah. Terkadang ibu baru pulang setelah beberapa hari. Tetapi, kejarangan ini tidak pernah menimbulkan rindu kami lagi. Walau adikku yang terkecil. Kami sudah biasa. Kami pun jarang bertanya di mana ibu dan kapan pulang. Hari-hari ibu tidak pergi, pagi ia sudah ada di pinggir jalan. Dari rumah dibawanya segulungan goni-goni dan siangnya goni itu sudah penuh berisi beras yang dicegatnya berdikit-dikit dari orang-orang kampung lewat. Besoknya, jika hari pasar, beras ini dibawanya ke pasar dengan pedati sewaan. Dari pasar ibu membawa buntalan berisi berbagai pakaian atau barang lain. Dan apabila hari pasar dibawanyalah ke pekan terdekat. Dan jika tidak habis laku, dibawanyalah ke luar kampung. Orang-orang kampung memang lebih suka pakaian-pakaian yang sudah jadi, yang tebal-tebal. Dan ibu memang tahu kesukaan orang-orang kampung ini. Dari pembelinya, beraslah yang sering diterima ibu.
(Jika Hujan Turun, J.E. Siahaan)
Tema yang tersirat dari kutipan cerpen di atas adalah…
6.      Rumahku berada di ujung gang dengan tembok berwarna kuning muda. Di teras rumah terdapat kolam ikan yang cukup luas.
Paragraf di atas termasuk ke dalam paragraf …
7.      Bacalah penggalan paragraf dibawah ini untuk menjawab soal nomor 7&8!
         Sebanyak 141 tenaga kerja Indonesia yang dideportasi pemerintah Malaysia tiba di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, kemarin. Mereka yang dipulangkan adalah para TKI illegal karena tidak memiliki surat ijin kerja maupun ijin tinggal di Malaysia. Sampai sekarang, penertiban terus dilakukan pemerintah Malaysia. Total jumlah TKI yang dipulangkan sejak Januari mencapai 2.120 orang. Pemerintah Provinsi Jawa Timur memberikan uang saku Rp.35.000 kepada semua TKI yang dipulangkan sebagai ongkos kembali ke daerah masing-masing. Dana berasal dari dana APBD.
Ide pokok pada paragraf di atas adalah …
8.      Berdasarkan letak ide pokoknya, paragraf diatas termasuk paragraf …
9.      Bacalah penggalan puisi dibawah ini!
Ombak memecah di tepi pantai
Angin berhembus lemah lembut
Majas yang digunakan pada penggalan puisi di atas adalah ….
10.   Bacalah penggalan cerita dibawah ini dengan seksama!
“Sudahlah, Tin. Tidak apa-apa, toh sakit Ahmad belum lama. Jangan berpikir yang macam-macam. Kita butuh uang biar besok Ahmad bias langsung di bawa ke dokter. Kebutuhan kita kan banyak, barangkali saja mala mini banyak rejeki, percayalah, Tin, Allah Maha Pemurah.”Kata Adam sambil mengenakan kaos oblongnya.
“Tapi Kang”
“Sudah, jaga Ahmad baik-baik. Percaya saja sama Yang Maha Kuasa.” Kata Adam sambil mencium kening istrinya kemudian Ahmad.
Amanat yang terkandung dalam penggalan cerpen di atas adalah ….



No comments:

Post a Comment