Saturday 21 February 2015

RESPONSI BAHASA INDONESIA XI

Hari/Tanggal  : Senin/23 Februari 2015
Kelas/Semester  : XI/II

Bacalah teks berikut dengan seksama! (soal 1-4)
Transportasi adalah pemindahan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan sebuah kendaraan yang digerakkan oleh manusia atau mesin.  Transportasi digunakan untuk memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari.
Kini transportasi merupakan salah satu indikator kemajuan sebuah komunitas, kawasan, atau wilayah. Bahkan, menjadi salah satu indikator penilaian suatu daerah berhasil atau tidak menjalankan otonomi daerah. Beberapa wilayah yang sebelumnya tidak pernah tersentuh oleh jalan beraspal, setelah otonomi daerah, jalan-jalan kampung pun diaspal.
Masalah transportasi ini tidak saja menjadi beban pemerintah untuk memperbaiki dan mengadakan secara fisik, tetapi juga pengaturannya sangat berpengaruh karena transportasi merupakan penentu kemajuan kehidupan manusia.
1.         Tentukan pernyataan umum wacana tersebut!
2.         Tentukan urutan alasan logis/penjelasan wacana tersebut!
3.         Tentukan interpretasi  dari bacaan di atas!
4.         Carilah hubungan logis dari beberapa peristiwa dalam teks tersebut!
Bacalah dengan seksama! (soal 5-8)
Temperatur permukaan bumi sedang memanas dengan laju yang menentukan. Berbagai perubahan iklim terkait dengan zaman penting sebelumnya, disetel secara aktif oleh berbagai penyebab alamiah, seperti variasi pada orbit bumi yang mempengaruhi jumlah sinar matahari. Dalam kasus-kasus itu, siklus pendinginan dan pemanasan berlangsung lambat selama bermilennium-millenium. Saat ini, hal itu berbeda. Iklim sedang berubah lebih cepat daripada yang pernah terjadi sebelumnya. Kegiatan manusia adalah penyebab utamanya. Sebagai contoh, pembakaran minyak bumi, gas, batu bara membanjiri atmosfer dengan karbon dioksida. Hal ini memicu kenaikan tajam pada temperatur global dalam abad terakhir. Dampaknya adalah pada pola penguapan yang berubah, gletser-gletser yang meleleh, badai-badai yang menguat dan kenaikan permukaan laut.
5.         Evaluasilah struktur isi teks tersebut: Apakah ada pernyataan umum, urutan alasan logis, dan interpretasi!
6.         Evaluasilah kaidah teks tersebut: Apakah menjelaskan hubungan logis dari beberapa penjelas!
7.         Evaluasilah kebahasaan: Apakah terdapat kalimat definisi dan kalimat penjelas!
8.         Perbaiki kesalahan teks tersebut sesuai hasil evaluasimu!
9.         Jelaskan mengenai kaidah dan struktur teks eksplanasi kompleks!
10. Susunlah sebuah teks dialog antara guru dan murid berdasarkan teks eksplanasi tersebut!

No comments:

Post a Comment