Saturday 14 February 2015

RESPONSI FISIKA XI

Hari/Tanggal    : Sabtu/14 Februari 2015
Kelas/Semester : XI/II


1.      Seorang penari balet memiliki momen inersia 8 kgm² ketika kedua lengannya telentang dan 2 kg m2 ketika merapat ke tubuhnya. Pada saat kedua lengannya  terentang, penari tersebut berputar dengan kelajuan 3 putaran/s. Setelah itu, kedua lengannya dirapatkan ke tubuhnya. Tentukanlah laju putaran penari ketika kedua lengannya merapat!
2.      Suatu roda yang berbentuk cakram homogen berjari-jari 50 cm dan massanya 300 kg. Pada saat berputar, roda tersebut memiliki momen gaya sebesar 375 Nm. Tentukan percepatan angular cakram tersebut. 
3.      Batang AC bermassa 40 kg dan panjangnya 3 m. Jarak tumpuan A dan B adalah 2 m (di B papan dapat berputar) seorang anak bermassa 25 kg berjalan dari A menuju C. Berapa jarak minimum anak dari titik C agar papan tetap setimbang (ujung batang A hampir terangkat)?

4.      Sebuah roda berputar dari kecepatan 10 rad/s menjadi 70 rad/s karena mendapat momen gaya tetap dalam waktu 3 sekon. Jika momen inersia roda 4 kg m2, tentukanlah besar momen gaya tersebut?
5.      Letak titik berat benda dibawah ini terhadap titik (0,0)  adalah ....






No comments:

Post a Comment