Friday 13 November 2015

SOAL RESPONSI KELAS XI

SOAL RESPONSI BAHASA INDONESIA
KELAS XI
13 NOVEMBER 2015

11.      Bacalah kutipan novel di bawah ini!
Kutipan I
Bapak berwajah orang penting tadi berusaha tersenyum ramah.
“Ini anak saya, Flo, “katanya pelan-pelan. “Dia sudah tidak ingin lagi sekolah di sekolah PN dan sudah membolos dua minggu. Dia bersikeras hanya ingin sekolah di sini.”

Kutipan II
“Aku sedang belajar, Bu. Doakan aku besok bisa,ya Bu!”
Aku gugup menghadapi ujian pertamaku. Aku tidak ingin mengecewakan ibuku. Sudah saatnya aku belajar dengan kesadaran sendiri tanpa di suruhsuruh ubuku.
Perbedaan karakteristik kedua novel tersebut adalah …
22.      Bacalah paragraf di bawah ini!
Salah satu kedudukan Bahasa Indonesia adalah sebagai bahasa nasional. Kedudukan ini dimiliki sejak dicetuskannya Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928. Kedudukan ini dimungkinkan oleh kenyataan Bahasa Melayu yang mendasari Bahasa Indonesia telah menjadi lingua franca selama berabad-abad di seluruh tanah air kita. Hal itu ditunjang oleh faktor tidak terjadinya persaingan antarbahasa daerah yang satu dengan bahasa daerah lainnya.
Paragraf di atas adalah paragraf …
33.      Bacalah penggalan hikayat di bawah ini!
Maka kata Indera Bangsawan, “Hamba ini tiada bernama dan tiada tahu akan bapak hamba, karena diam dalam hutan rimba belantara. Adapun sebabnya hamba kemari ini karena hamba mendengar kabar anak raja sembilan orang hendak datang membunuh buraksa dan merebut tuan hamba daripadanya itu, itulah maka hamba datang kemari hendak melihat tamasya anak raja itu. Mengasihani hamba dan pada bicara akal hamba akan anak raja-raja yang Sembilan itu tiadalah dapat membunuh buraksa itu. Jika lain daripada Indera Bangsawan tiada dapat membunuh akan buraksa itu.
Amanat yang tersirat dari penggalan hikayat di atas adalah …
44.      Bacalah penggalan proposal di bawah ini!
Dalam rangka Perayaan HUT RI Ke-67 tahun 2002, OSIS SMA Negeri 1 Girimarto menggelar acara “Lomba Debat Berbahasa Indonesia yang Baik dan Benar sebagai Bentuk Cinta Tanah Air dan Bangsa.” Melalui lomba ini diharapkan akan tercipta penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar di kalangan siswa. Selain itu, melalui kegiatan tersebut diharapkan adanya pemasukan dana dari pihak-pihak yang berkompeten.
Tujuan kegiatan berdasarkan penggalan proposal di atas adalah …
55.      Bacalah penggalan wawancara di bawah ini!
Wartawan    : “Kota ini gagal meraih medali emas dari cabang tenis putera. Apa komentar Anda?
Narasumber : “Sebenarnya kami agak kecewa, namu atlet kami sudah bermain dengan maksimal. Mereka juga sudah berlatih keras.”
Isi pokok wawancara di atas adalah …
66.      Buatlah satu buah surat kuasa!
77.      Sebutkan hal-hal apa saja yang harus dimiliki seorang pembaca naskah berita ketika membacakan berita di televise!
88.      Sebutkan hal-hal yang harus diperhatikan dalam menyusun resensi!
99.      Bacalah penggalan proposal di bawah ini!
Demikian proposal kegiatan Donor Darah di Kelurahan Sukamaju ini kami susun. Harapan kami semoga acara ini dapat memberikan sumbangsih bagi masyarakat yang membutuhkannya serta menyemtuh hati seluruh warga masyarakat untuk selalu peduli terhadap sesama.
Penggalan proposal di atas merupakan bagian dari … proposal.
110.  Buatlah sebuah resensi buku!

No comments:

Post a Comment