Saturday 12 March 2016

KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BAHASA INDONESIA XII



KISI-KISI UJIAN SEKOLAH
SEKOLAH MENENGAH ATAS
MATA PELAJARAN B. INDONESIA
TAHUN PELAJARAN 2015-2016

NO.
LEVEL KOGNITIF
ASPEK
INDIKATOR UN
INDIKATOR SOAL
NO. SOAL
1.
Pemahaman dan pengetahuan
Membaca nonsastra
Siswa mampu memaknai istilah
Disajikan sebuah paragraf nonsastra, siswa dapat memaknai istilah obesitas
14
Siswa mampu mengidentifikasi informasi tersurat
Disajikan sebuah paragraf nonsastra, siswa dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf
17
Membaca Sastra
Siswa mampu mengidentifikasi kata yang bermakna simbolik/ majas/ kias dalam karya sastra
Disajikan kutipan cerpen, siswa menentukan kalimat yang bermajas retorik
1
Menulis terbatas
Siswa mampu menentukan istilah/kata yang tepat sesuai konteks
Disajikan sebuah kalimat rumpang, siswa melengkapi dengan istilah yang tepat
18
Menyunting kata, kalimat dan paragraf
Siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata
Disajikan sebuah paragraf, siswa menentukan istilah tidak tepat
19
Siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penggunaan konjungsi
Disajikan sebuah paragraf, siswa menentukan konjungsi yang tepat untuk memperbaiki konjungsi yang salah
2
Siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat
Disajikan sebuah paragraf, siswa menentukan kalimat yang tidak padu
3
Siswa mampu mengartikan kata
Disajikan sebuah kalimat, siswa menentukan arti kata domestic
20
Menyunting ejaan dan tanda baca
Siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan (judul, sapaan/gelar, nama kota, kata depan)
Disajikan sebuah paragraf rumpang, siswa menentukan kata baku yang tepat sesuai kaidah EYD
9
Siswa mampu mengidentifikasi kesalahan tanda baca
Siswa menentukan penggunaan tanda koma (,) yang salah di dalam kalimat
16
2.
Aplikasi
Membaca nonsastra
Siswa mampu menemukan ide pokok
Disajikan sebuah paragraf nonsastra, siswa menentukan ide pokoknya
4
Siswa mampu menemukan inti kalimat
Disajikan sebuah kalimat, siswa menentukan inti kalimatnya
22
Siswa mampu menentukan makna rujukan
Disajikan sebuah kutipan nonsastra, siswa menentukan makna rujukan
23
Siswa mampu menyimpulkan isi tersirat dalam teks nonsastra
Disajikan sebuah paragraf nonsastra, siswa menentukan simpulan yang tepat
12
Membaca Sastra
Siswa mampu menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/novel
Disajikan sebuah kutipan cerpen, siswa menentukan kesimpulannya
13
Siswa mampu menyimpulkan hubungan antarbagian cerpen/novel


Menulis terbatas
Siswa mampu melengkapi unsur teks eksposisi
Disajikan paragraf eksposisi yang rumpang, siswa melengkapinya
25
Siswa mampu  melengkapi unsur teks deskripsi
Disajikan paragraf deskripsi yang rumpang, siswa melengkapinya
8
Siswa mampu melengkapi unsur teks narasi
Disajikan paragraf narasi yang rumpang, siswa melengkapinya
6
Siswa mampu melengkapi teks sastra
Disajikan kutipan cerpan yang rumpang, siswa melengkapinya
8
Siswa mampu melengkapi teks ulasan
Disajikan teks ulasan (editorial) yang rumpang, siswa melengkapinya dengan kalimat yang tepat
11
Siswa mampu melengkapi teks prosedur
Disajikan langkah-langkah pembuatan KTP elektronik, siswa menyusunnya dengan runtut           
7
Siswa mampu menggunakan istilah dalam kalimat
Siswa menentukan kalimat yang menggunakan istilah elaborasi dengan tepat
15
Siswa mampu menggunakan kata bentukan
Disajikan sebuah paragraf rumpang, siswa melengkapinya dengan kata berimbuhan yang tepat
10
Menyunting ejaan dan tanda baca
Siswa mampu menggunakan ejaan
Disajikan sebuah judul karangan, siswa menentukan penulisan judul yang tepat
24
Siswa mampu menggunakan tanda baca
Siswa menentukan penggunaan tanda baca yang tepat       
21



Pemahaman dan pengetahuan
Membaca nonsastra
Siswa mampu menemukan ide pokok
Disajikan sebuah paragraf nonsastra, siswa dapat menemukan ide pokok
26
Siswa mampu menemukan inti kalimat
Disajikan sebuah paragraf nonsastra, siswa dapat menentukan inti kalimat
27
Membaca Sastra
Siswa mampu menyimpulkan isi tersirat cerpen/novel (sebab konfik, akibat konflik, nilai moral)
Disajikan cerpen, siswa dapat menyimpulkan isi tersirat cerpen/novel (sebab konfik, akibat konflik, nilai moral)
28
Menulis terbatas
Siswa mampu menyimpulkan hubungan antar bagian cerpen/novel
Disajikan cerpen, siswa menyimpulkan hubungan antar bagian cerpen/novel
29
3.
Penalaran
Membaca nonsastra
Siswa mampu membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa teks.
Siswa membandingkan isi, pola penyajian dan bahasa teks
30
Siswa mampu menyimpulkan perbedaan dan persamaan isi
Disajikan sebuah paragraf nonsastra, siswa menyimpulkan isi, pola penyajian dan bahasa teks
31
Siswa mampu membandingkan penggunaan bahasa dan pola peyajian beberapa jenis teks
Disajikan paragraf, siswa mampu membandingkan penggunaan bahasa dan pola peyajian beberapa jenis tekssebuah kalimat, siswa menentukan inti kalimatnya
32
Siswa mampu membandingkan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa teks
Disajikan sebuah kutipan nonsastra, siswa memabndingkan penggunana bahasa dan pola penyajian beberapa teks
33
Membaca Sastra
Siswa mampu membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa karya sastra
Disajikan sebuah paragraf sastra, siswa  mampu membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa karya sastra
34
Siswa mampu menganalisis hubungan antarbagian karya sastra
Disajikan sebuah karya sastra, Siswa mampu menganalisis hubungan antarbagian karya sastra
35
Siswa mampu membuktikan kesimpulan dengan data pada karya sastra
Disajikan sebuah karya sastra, Siswa mampu membuktikan kesimpulan dengan data pada karya sastra
36
Siswa mampu mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini
Disajikan sebuah karya sastra, Siswa mampu mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini
37
Siswa mampu menilai keunggulan/kelemahan karya sastra
Disajikan sebuah karya sastra, Siswa mampu menilai keunggulan/kelemahan karya sastra
38
Siswa mampu meringkas karya sastra
Disajikan sebuah karya sastra, siswa mampu meringkas karya sastra
39
Menulis terbatas
Siswa mampu mengurutkan urutan teks
Disajikan sebuah teks, siswa mampu mengurutkan sebuah teks
40
Siswa mampu  memvariasikan kata yang bermakna sama
Disajikan sebuah kata, siswa mampu memvariasikan kata
41
Siswa mampu memvarisikan kalimat yang bertujuan sama
Disajikan kalimat, siswa mampu memvariasikan kalimat yang mempunyai tujuan sama
42
Siswa mampu menyusun paragraf dari beberapa data
Disajikan data, siswa mampu menyusun paragraf dari beberapa data
43
Siswa mampu menggabungkan beberapa kalimat dengan konjungsi yang sesuai
Disajikan kalimat, siswa mampu menggabungkan beberapa kalimat dengan konjungsi yang sesuai
44
Menyunting kata, kalimat, dan paragraf
Siswa mampu menggunakan ejaan
Disajikan sebuah judul karangan, siswa menentukan penulisan judul yang tepat
48
Siswa mampu memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat
Disajikan kalimat, siswa mampu memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat
49
Siswa mampu menggunakan tanda baca
Siswa menentukan penggunaan tanda baca yang tepat       
50



No comments:

Post a Comment