Saturday 12 March 2016

KISI-KISI UJIAN SEKOLAH MATEMATIKA XII



KISI – KISI SOAL UJIAN SEKOLAH UTAMA TINGKAT SMA
KABUPATEN BEKASI TAHUN PELAJARAN 2015 – 2016


Mata pelajaran             : Matematika                                                                                                                                       Alokasi Waktu            : 120 menit
Kelas / Program           : XII / IPA                                                                                                                                          Jumlah Soal                 : 40
Kurikulum Acuan       :                                                                                                                                                          

No. Urut
Kompetensi   Dasar Kur 2013

Kompetensi Dasar KTSP

Materi
Indikator
Bentuk Soal
No. Soal

3.11 Mendekripsikan konsep dan aturan pada bidang datar serta menerapkannya dalam pembuktian sifat-sifat (simetris, sudut, dalil titik tengah segitiga, dalil intersep, dalil segmen garis, dll) dalam geometri bidang.
6.1   Menentukan kedudukan titik, garis, dan bidang dalam ruang dimensi tiga

Dimensi tiga
·   Menentukan kedudukan garis dan bidang dalam ruang

PG
1

3.5 Mendeskripsikan konsep jarak dan sudut antar garis/bidang, bidang/bidang dan irisan dua bidang dalam bangun ruang dimensi tiga melalui demonstrasi menggunakan alat peraga atau media lainnya, dan menerapkannya dalam pemecahan masalah.
6.2 Menentukan jarak dari titik ke garis dan dari titik ke bidang dalam ruang dimensi tiga
jarak
·   Menentukan jarak titik dan garis dalam ruang

PG
2

3.1Memilih dan menerapkan aturan eksponen dan logaritma sesuai dengankarakteristik permasalahanyang akandiselesaikan dan memeriksakebenaran langkah-langkahnya.
1.1 Menggunakan aturan pangkat, akar, dan logaritma

Bilangan Berpangkat
·   Mengubah bentuk pangkat negatif ke pangkat positif dan sebaliknya.

PG
3

3.1Memilih dan menerapkan aturan eksponen dan logaritma sesuai dengankarakteristik permasalahanyang akandiselesaikan dan memeriksakebenaran langkah-langkahnya.
1.1 Menggunakan aturan pangkat, akar, dan logaritma

Logaritma
·   Melakukan operasi aljabar dalam bentuk logaritma.

PG
4

3.1Memilih dan menerapkan aturan eksponen dan logaritma sesuai dengankarakteristik permasalahanyang akandiselesaikan dan memeriksakebenaran langkah-langkahnya.
1.1 Menggunakan aturan pangkat, akar, dan logaritma

Bentuk akar
·   Merasionalkan bentuk akar

PG
5

4.2Menerapkan konsep nilaimutlak dalam persamaan dan pertidaksamaan linierdalam memecahkan masalah nyata.
3.4 Menyelesaikan pertidaksamaan satu variabel yang melibatkan bentuk pecahan aljabar
Pertidaksamaan Harga Mutlak
·   Menentukan penyelesaian pertidaksamaan satu variabel yang melibatkan bentuk pecahan aljabar

PG

6

4.5Membuat model matematika berupa SPLDV, SPLTV, dan SPtLDV dari situasi nyata dan matematika, sertamenentukan jawab dan menganalisismodel sekaligus jawabnya

3.3 Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dan penafsirannya
Sistem persamaan linier tiga variabel
·   Menafsirkan hasil penyelesaian masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear

PG
7

4.9Mengidentifikasi dan menerapkan konsep fungsi dan persamaan kuadrat dalam menyelesaikan masalah nyatadan menjelaskannyasecaralisan dan tulisan.

2.2 Menggambar grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat
Grafik fungsi kuadrat
·   Menentukan sumbu simetri dan titik puncak grafik fungsi kuadrat dari grafiknya.

PG
8,9

4.3 Mengolah data masalah nyatadengan menerapkan aturan operasi dua fungsiatau lebih dan menafsirkan nilai variableyangdigunakan untuk memecahkan masalah.


5.1   Menentukan komposisi fungsi dari dua fungsi

Komposisi Fungsi
·   Menggunakan aturan komposisi dari beberapa fungsi untuk menyelesaikan masalah

PG
10

4.4Memilih strategi yang efektif dan menyajikan model matematika dalam memecahkan masalah nyata terkait fungsi invers dan invers fungsi.


5.2   Menentukan invers suatu fungsi

Invers fungsi
·   Menentukan fungsi invers dari suatu fungsi.

PG
11

4.10 Menyusun model matematika dari masalah yangberkaitan dengan persamaan dan fungsikuadrat dan menyelesaikan serta memeriksa kebenaran jawabannya.

2.3 Menggunakan sifat dan aturan tentang persamaan dan pertidaksamaan kuadrat.

Persamaan Kuadrat
·   Menentukan akar-akar persamaan kuadrat.

PG
12

3.3Mendeskripsikan dan menerapkan konsep sistem persamaan linier dan kuadrat dua variabel (SPLKDV) dan memilih metode yang efektif untuk menentukan himpunan penyelesaiaanya

3.1   Menyelesaikan sistem persamaan linear dan sistem persamaan campuran linear dan kuadrat dalam dua variabel.

SPLKDV
·   Menentukan penyelesaian sistem persamaan campuran linear dan kuadrat dua variabel

\PG
13

4.4 Menggunakan SPLDV, SPLTV dan sistem pertidaksamaan linear duavariabel (SPtLDV) untuk menyajikan masalah kontekstual dan menjelaskan maknatiapbesaran secaralisan maupun tulisan

2.3 Menyelesaikan model matematika dari masalah program linear dan penafsirannya

Nilai maksimum
·   Menentukan nilai optimum dari fungsi objektif

PG

14

4.5Membuat model matematika berupa SPLDV, SPLTV, dan SPtLDV dari situasi nyata dan matematika, sertamenentukan jawab dan menganalisismodel sekaligus jawabnya

2.2 Merancang model matematika dari masalah program linear

Program linier
·  Merumuskan model matematika dari masalah program linear
PG
15

3,4 Mendeskripsikankonsep matriks sebagai representasi numerik dalam kaitannyadengan konteks nyata.

3,1 Menggunakan sifat-sifat dan operasi matriks untuk menunjukkan bahwa suatu matriks persegi merupakan invers dari matriks persegi lain

matriks
·   Melakukan operasi aljabar atas dua matriks

PG
16

4.2 Memadu berbagai konsep dan aturan operasi matriks dan menyajikanmodel matematika dari suatu masalah nyata dengan memanfaatkan nilai determinan atau invers matriks dalam pemecahannya.
3.2 Menentukan determinan dan invers matriks 2x2

determinan matriks
·   Menentukan determinan matriks 2x2

PG
17

4.2 Memadu berbagai konsep dan aturan operasi matriks dan menyajikanmodel matematika dari suatu masalah nyata dengan memanfaatkan nilai determinan atau invers matriks dalam pemecahannya.
3.2 Menentukan determinan dan invers matriks 2x2

Invers matriks
·   Menentukan invers dari matrks 2x2

PG
18

4.8Menyajikan hasil,menemukan pola barisan dan deret dan penerapannyadalam penyelesaian masalah sederhana.
3.1. Menentukan suku ke-n barisan dan jumlah n suku deret aritmetika dan geometri

Barisan aritmatika
·   Mengehitung suku ke-n dan jumlah n suku deret aritmetika dan deret geometri.

PG
19

3.10Mendeskripsikan dan menganalisis konsep dan sifat-sifat limit fungsi trigonometri dan nilai limit fungsi aljabar menuju ketakhinggaan dan meng-gunakan  dalam pemecah-an berbagai masalah.
6.2 Menggunakan sifat limit fungsi untuk menghitung bentuk tak tentu fungsi aljabar dan trigonometri
Limit Fungsi Aljabar
·   Menghitung limit fungsi aljabar

PG
20

3.10Mendeskripsikan dan menganalisis konsep dan sifat-sifat limit fungsi trigonometri dan nilai limit fungsi aljabar menuju ketakhinggaan dan meng-gunakan  dalam pemecah-an berbagai masalah.
6.2 Menggunakan sifat limit fungsi untuk menghitung bentuk tak tentu fungsi aljabar dan trigonometri
Limit Fungsi Trigonometri
·   Menghitung limit fungsi trigonometri

PG
21

4.2 Mengidentifikasi, menyajikan model matematika dan menyelesaikan masalah keseharian yang berkaitan dengan barisan dan deret aritmetika, geometri dan yang lainnya.

4.1. Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan deret dan penafsirannya

pertumbuhan
·   Menentukan penyelesaian  model matematika yang berkaitan dengan deret

PG
22

4.1 Merencanakan dan melaksanakan strategi yang efektif dalam mengaplikasikan konsep dan operasi, dan sifat-sifat matriks dalam memecahkan masalah nyata terkait sistem persamaan linier dan transformasi geometri, serta menginterpretasikan menganalisis makna hasil pemecahan masalah.

3.6 Menggunakan transformasi geometri yang dapat dinyatakan dengan matriks dalam pemecahan masalah

Transformasi geometri
·   Menjelaskan arti geometri dari suatu transformasi bidang

PG
23

3.6  Mendeskripsikan identitas penjumlahan sinus, identitas selisih sinus, identitas penjumlahan kosinus, identitas selisih dan menerapkannya dalam pemecahan masalah.
2.3 Menggunakan rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus

trigonometri
·   Menyelesaiakan masalah yang melibatkan rumus jumlah dan selisih dua sudut

PG
24

3.22Menurunkan aturan dan sifat turunan fungsialjabar dari aturan dan sifat limitfungsi.

6.3 Menggunakan konsep dan aturan turunan dalam perhitungan turunan fungsi
Turunan fungsi
·   Menentukan turunan fungsi aljabar dan trigonometri dengan menggunakan sifat-sifat turunan

PG
25

3.24Mendeskripsikan konsep turunan dan menggunakannya untuk menganalisis grafik fungsi dan mengujisifat-sifat yang dimiliki untuk mengetahui fungsi naik dan fungsi turun.

6,4 Menggunakan turunan untuk menentukan karakteristik suatu fungsi dan memecahkan masalah
Turunan fungsi
·   Menentukan fungsi monoton naik dan turun dengan menggunakan konsep turunan pertama

PG
26

3.25Menerapkan konsep dansifat turunan fungsi untuk menentukangradien garis singgungkurva, garis tangen, dangaris normal.
6,4 Menggunakan turunan untuk menentukan karakteristik suatu fungsi dan memecahkan masalah
Turunan fungsi
·   Menentukan persamaan garis singgung dari sebuah fungsi

PG
27

3.28Mendeskripsikan konsep integral tak tentu suatu fungsi sebagai kebalikandari turunan fungsi.

1,2 Menghitung integral tak tentu dan integral tentu dari fungsi aljabar dan fungsi trigonometri yang sederhana

INTEGRAL
·   Menentukan integral dengan dengan cara substitusi

PG
28


1,2 Menghitung integral tak tentu dan integral tentu dari fungsi aljabar dan fungsi trigonometri yang sederhana

INTEGRAL
·   Menetukan integral dengan dengan cara parsial

PG
29

3.7 Mendeskripsikan dan menerapkan konsep dan aturan integral tentu untuk membuktikan dan menyelesaikan masalah terkait luas daerah di bawah kurva, daerah di antara dua kurva dan volume benda putar.
1.3 Menggunakan integral untuk menghitung luas daerah di bawah kurva dan volum benda putar
INTEGRAL
·   Menghitung luas suatu daerah yang dibatasi oleh kurva dan sumbu-sumbu pada koordinat.

PG
30

3.7 Mendeskripsikan dan menerapkan konsep dan aturan integral tentu untuk membuktikan dan menyelesaikan masalah terkait luas daerah di bawah kurva, daerah di antara dua kurva dan volume benda putar.
1.3 Menggunakan integral untuk menghitung luas daerah di bawah kurva dan volum benda putar
INTEGRAL
·   Menghitung volume benda putar.

PG
31

3.22Mendeskripsikankonsep peluangsuatu kejadian menggunakan berbagai objek nyatadalam suatu percobaan menggunakanfrekuensi relatif.
1.4 Menggunakan aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi dalam pemecahan masalah

Aturan perkalian
·   Menggunakan  aturan perkalian, permutasi dan kombinasi

PG
32

3.22Mendeskripsikankonsep peluangsuatu kejadian menggunakan berbagai objek nyatadalam suatu percobaan menggunakanfrekuensi relatif.
1.6 Menentukan peluang suatu kejadian dan penafsirannya

Peluang
·   Menentukan peluang kejadian melalui percobaan

PG
33

4.18Menyajikan hasilpenerapan konsep peluang untuk menjelaskanberbagai objek nyata melaluipercobaan menggunakan frekuensi relatif.
1.6 Menentukan peluang suatu kejadian dan penafsirannya

Frekuensi Harapan
·   Menentukan frekuensi harapan suatu kejadian melalui percobaan

PG
34

3.20 Mendeskripsikan berbagai penyajian data dalam bentuk tabel atau diagram/plotyangsesuai untuk mengomunikasikan informasi dari suatu kumpulan data melalui analisis perbandingan berbagai variasi penyajian data.

1.1   Membaca data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive

diagram lingkaran
·  Mengidentifikasi nilai suatu data yang ditampilkan pada tabel dan diagram
PG
35

3.12 mendeskripsikan dan menggunakan berbagai ukuran pemusatan, letak dan penyebaran data sesuai dengan karakteristik datamelaluiaturan dan rumus sertamenafsirkandan mengkomunikasikannya
1.3 Menghitung ukuran pemusatan, ukuran letak, dan ukuran penyebaran data, serta penafsirannya

Ukuran pemusatan
·   Menentukan rataan, median, dan modus.

PG
36

3.11 Menghitung ukuran pemusatan, ukuran letak, dan ukuran penyebaran data, serta penafsirannya

1.3 Menghitung ukuran pemusatan, ukuran letak, dan ukuran penyebaran data, serta penafsirannya

Pemusatan data tunggal
Menentukan simpangan rata-rata dan simpangan baku
PG
37

3.18 mendeskripsikan konsep persamaan lingkaran dan menganalisis sifat garis singgung lingkaran dengan menggunakan metode koordinat
3.1 Menyusun persamaan lingkaran yang memenuhi persyaratan yang ditentukan

Persamaan lingkaran
·   Menentukan persamaan lingkaran yang memenuhi kriteria tertentu.

PG
38

3.18 mendeskripsikan konsep persamaan lingkaran dan menganalisis sifat garis singgung lingkaran dengan menggunakan metode koordinat
3.2 Menentukan persamaan garis singgung pada lingkaran dalam berbagai situasi

Persamaan garis singgung pada lingkaran
·   Merumuskan  persamaan garis singgung yang gradiennya diketahui.

PG
39

3.11Mendeskripsikan dan menganalisisaturan sinus dan kosinus serta menerapkannyadalam menentukan luas daerahsegitiga.
5.1 Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan teknis yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri
trigometri
·   Menentukan nilai perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku.

PG
40



No comments:

Post a Comment