Saturday 12 March 2016

KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BIOLOGI XII



KISI-KISI UJIAN AKHIR SEKOLAH – KABUPATEN BEKASI
MATA PELAJARAN           : BIOLOGI
TAHUN PELAJARAN        : 2015/2016
LEVEL KOGNITIF
KOMPETENSI
INDIKATOR
NOMOR SOAL


Materi : Keanekaragaman Hayati dan Ekologi
A
B
Pengetahuan dan Pemahaman
Siswa dapat memahami pengetahuan tentang ciri-ciri makhluk hidup dan perannya dalam kehidupan
1.       siswa dapat menjelankan ciri-ciri virus, archaebacteria, dan eubacteria serta perannya dalam kehidupan
2.       siswa dapat menjelaskan ciri-ciri/peran kelompok jamur dan protista,protozoa,algae,dan Protista mirip jamur serta pereannya dalam kehidupan.
3.       siswa dapat menjelaskan ciri-cicri plantae dan perannya dalam kehidupan.
4.        siswa dapat menjelaskan ciri-ciri animalia dan perannya dalam kehidupan
2

3


7
3

4




5,6
Siswa dapat memahami pengetahuan tentang tingkat keanekaragaman hayati(gen,jenis, dan ekosistem)
5.       siswa dapat menjelaskan tingkat keanekaragaman hayati(gen,jenis, dan ekosistem)
6.       siswa dapat menentukan tingkat keanekaragan hayati (gen,jenis,dan ekosistem)
7.       siswa dapat menyebutkan tingkat keanekaragaman hayati   (gen, jenis dan ekosistem)


1
1

2
Siswa dapat memahami pengetahuan tentang ekosistem
8.       siswa dapat mnetukan hubungan antarkomponen dan aliran energy dalam suatu ekosistem
9.        siswa dapat menjelaskan hubungan antarakomponen dan aliran enirgi dalam suatu ekosistem.

8
Aplikasi
Siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang dasar-dasar pengelompokan makhluk hidup.
10.   siswa dapat mengidentifikasi dasar-dasar pengelompokan makhluk hidup.
11.    siswa dapat membandingkan dasar-dasar pengelompokan makhluk hidup.
5
11
Siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang perubahan lingkungan
12.    siswa dapat mengindentifikasikan factor-faktor yang menyebabkan perubahan lingkungan dan usaha pelestariannya.
6
7
KOMPETENSI
INDIKATOR
NOMOR SOAL A
NOMOR SOAL B
Siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang alur biogeokimia
13.   siswa dapat mengedintifikasikan proses yang terjadi pada daur biogeokimia.
4
9
Penalaran
Siswa mampu menggunakan nalar yang berkaitan dengan percobaan pengelokpokan makhluk hidup
14.   siswa dapat menyimpulkan hasil percobaan pengelokpokan makhluk hidup.
15.   siswa dapat menginterprestasikan percobaan pengelokpokan makhluk hidup.


Siswa mampu menggunakan nalar yang berkaitan dengan perubahan lingkunagn dan dampaknya
16.   siswa dapat menganalisis keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah perubahan lingkungan/pencemaran lingkungan beserta dapaknya.
8
10



Materi : Struktur dan Fungsi Makhuk Hidup


Pengetahuan dan Penalaran
Siswa dapat memahami pengetahuan tentang struktur dan fungsi pada tumbuhan tingkat tinggi
1.       Siswa dapat menjelaskan struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan tigkat tinggi.
2.       Siswa dapat menetukan struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan tingkat tinggi. Siswa dapat menjelaskan struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan tigkat tinggi.

20

18

Siswa dapat memahami pengetahuan tentang struktur dan fungsi pada manusia dan hewan verebrata
3.       Siswa dapat menjelaskan struktur dan fungsi jaringan pada manusia dan hewan vetrata
4.       Siswa dapat menetukan struktur  dan fungsi jaringan pada manusia dan hewan vertebrata.
10


12,19


Siswa dapat memahami pengetahuan tentang bagian-bagian siste organ pada manusia dan hewan veterbrata
5.       Siswa dapat menjelaskan struktur dan fungsi system organ pada manusia
11,21


21,22
Siswa dapat memahami pengetahuan tentang gangguan-gangguan pada system tubuh manusia
6.       Siswa dapat menetukan jenis-jenis gangguan pada system organ manusia
7.       Siswa dapat menjelaskan penyebab terjadinya gangguan pada sistim organ manusia
12



















KOMPETENSI
INDIKATOR
NOMOR SOAL A
NOMOR SOAL B
Aplikasi
Siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang mekanisme kerja system organ
8.       Siswa dapat mengidentifikasikan mekanisme kerja system organ pada manusia
13,15
17
Siswa dpat mengaplikasikan pengetahuan tentang pengaruh gangguan/serangan penyakit dan mekanisme kerja organ
9.       Siswa dapat mengidentifikasikan pengaruh jenis gangguan atau penyakit pada mekanisme kerja organ.
14

Penalaran
Siswa dapt menggunakan nalar yang berkaitan dengan gangguan/penyakit berdasarkan hasil uji laboraturium
10.   Siswa dapat menyimpulkan jenis gangguan system organ manusia berdasarkan uji laboratorium.
11.   11. Siswa dapat menganalisis jenis gangguan system organ manusia berdasarkan hasil uji laboratrium.
16

Siswa dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan percobaan tentang factor ekternal pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan
12.   Siswa dapat menginterprestasikan hasil percobaan mengenai factor ekternal pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.
13.   Siswa dapat merancang percobaan tentang factor ekternal pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.
17
23,24













KOMPETENSI
INDIKATOR
NOMOR SOAL A
NOMOR SOAL B


Materi : biomolekuler dan Bioteknologi


Pengetahuan dan Pemahaman
Siswa dapat memahami pengetahuan tentang struktur dan fungsi sel
1.       Siswa dapat menjelaskan struktur sel dan komponen kimiawinya.
2.       Siswa dapat menjelaskan fungsi organel sel pada tumbuhan dan hewan
19


18
Siswa dapat memahami pengetahuan tentang susunan RNA, DNA, dan kromosom
3.       Siswa dapat menjelaskan struktur nukleotida DNA,RNA, dan kromosom
4.       Siswa dapat menetukan struktur nukleotida DNA, RNA, dan kromosom
22

29,30

35
Siswa dapat memahami pengetahuan tentang metabolism sel
5.       Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri prosen katabolisme, karbohidrat, respirasi aerob,respirasi anaerob, dan anabolisme.
23
26
Siswa dapat memahami pengetahuan tentang bioteknologi
6.       Siswa dapat menetukan prinsip dasar bioteknologi
7.       Siswa dapat menjelaskan prinsip dasar bioteknologi
8.       Siswa dapat menyebutkan contoh aplikasi bioteknologi konvensional/modern.


28
38

39





KOMPETENSI
INDIKATOR
NOMOR SOAL A
NOMOR SOAL B
Aplikasi
Siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang transport membrane
9.       Siswa dapat mengidentifikasi proses yang terjadi di dalam sel (transpor membran)

27
Siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang enzim
10.   Siswa dapat mengindentifikasikan ciri-ciri dan cara kerja enzim serta factor-fakto yang mempengaruhi cara kerja enzim
36
25
Siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang mekasnisme reaksi katabolisme dan anabolisme
11.   Siswa dapat mengidentifikasikan mekanisme reaksi katabolisme karbohidrat
12.   Siswa dapat mengidentifikasikan zat-zat yang dihasilkan pada respirasi aerob
13.   Siswa dapat mengidentifikasikan peristiwa peristiwa fotosintesispada tumbuhan berserta tahap-tahapnya
14.   Siswa dapat mengidentifikasikan proses kemosintesis/reaksi anaerob
25

24

40

26






28
Siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan tentanv reproduksi sel
15.   Siswa dapat mengidentifikasikan tahap-tahap reproduksi sel( mitosis dan meosis)
16.   Siswa dapat membandingkan pembelahan mitosis dan pembelahan meosis
38

37


Siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan tetagf sintesis protein
17.   Siswa dapat megidentifikasikan mekanisme sintesis protein.
27
31
Siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan tetang dampak bioteknologi
18.   Siswa dapat mengidentifikasikan dampat aplikasi  bioteknologi bagi masyarakat dan lingkungan.
39
40
Penalaran
Siswa dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan precobaan tentag tranpor membrane
19.   Siswa dapat menginterprestasikan kesimpulan atau hasil percobaan transpr membrane
20.   Siswa dpat menganalissis percobaan tranpor membran.
29

Siswa dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan percobaan metabolism sel
21.   Siswa dapat menginterprestasikan hasil percobaan metabolism sel.
22.   Siswa dapat menganalisis percobaan metabolism sel


Siswa dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan percobaan bioteknologi
23.   Siswa dapat menyimpulkan hasil percobaan bioteknologi.
24.   Siswa dapat menganalissi percobaan bioteknologi.
18




















KOMPETENSI
INDIKATOR
NOMOR SOAL A
NOMOR SOAL B


Materi : Genetiak dan Evolusi


Pengetahuan dan Pemahaman
Siswa dapat memahami pengetahuan tentang hokum-hukum mendel
1.       Siswa dapat menjelaskan persilangan berdasarkan hokum mendel.
2.       2. Siswa dapat menentukan hasil persilangan berdasarkan hokum mendel.


34


32
Siswa dapat memahami perngetahuan tentang asal-usul kehidupan
3.       Siswa dapat menjelaskan teori asal-usul kehidupan dan pembuktiannya.
4.       Siswa dapat menentukan teori asal-usul kehidupan dan pembuktiannya.
35
36
Siswa dapat memahami pengetahuan tentang teori evolusi evolusi
5.       Siswa dapat menjelaskan teori evolusi
30
37
Aplikasi
Siswa dapat mengaplikaikan pengetahuan tentang penyimpangan semu hukum mendel
6.       Siswa dapat mengedintifikasi penyimpangan semu hokum mendel
7.       Siswa dapat membandingkan hasil persilangan pada penyimpangan semu huku mendel.
32
33
Siswa dapat menaplikasikan pengetahuan tentag pembentukan gamet
8.       Siswa dapat mengidentifikasikan tahap-tahap pembentukan gamet.
9.       Siswa dapat membandingan spermatogenesis dengan oogenesis
33

Siswa dapat mengaplikaikan pengetahuan tentang herediritas manusia
10.   Siswa dapat mengidentifikasikan pewarisan penyakit dan cacat menurun pada manusia
31

Siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang petunjuk/bukti-bukti evolusi
11.   Siswa dapat mengidentifikasikan petunjuk atau bukti-bukti evolusi.


Penalaran






Siswa dapat mengguanakan nalar yang berkaitan dengan herediritas manusia dalam peta silsilah
12.   Siswa dapat menganalisis pewarisan penyakit dan cacat menurun pada manusia berdasarkan peta silsilah.
13.   Siswa dapat menginterprestasikan pewarisan penyakit dan cacat menurun pada manusia berdasarkan peta silsilah
9
34
Siswa dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan hubungan antara teori dan prinsip berdasarkan kasus evolusi
14.   Siswa dapat menganalisis hubungan antara teori evolusi dan prinsip evolusi berdasarkan kasus evolusi
15.   Siswa dapat mengimplementasikan terjadinya mekanisme evolusi


No comments:

Post a Comment