KISI-KISI UJIAN SEKOLAH
SEKOLAH MENENGAH ATAS
MATA PELAJARAN B.
INDONESIA
TAHUN PELAJARAN
2015-2016
NO.
|
LEVEL KOGNITIF
|
ASPEK
|
INDIKATOR UN
|
INDIKATOR SOAL
|
NO. SOAL
|
1.
|
Pemahaman dan pengetahuan
|
Membaca nonsastra
|
Siswa mampu memaknai istilah
|
Disajikan sebuah paragraf nonsastra, siswa
dapat memaknai istilah obesitas
|
14
|
Siswa mampu mengidentifikasi informasi tersurat
|
Disajikan sebuah paragraf nonsastra, siswa
dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf
|
17
|
|||
Membaca Sastra
|
Siswa mampu mengidentifikasi kata yang bermakna
simbolik/ majas/ kias dalam karya sastra
|
Disajikan kutipan cerpen, siswa menentukan
kalimat yang bermajas retorik
|
1
|
||
Menulis terbatas
|
Siswa mampu menentukan istilah/kata yang tepat
sesuai konteks
|
Disajikan sebuah kalimat rumpang, siswa
melengkapi dengan istilah yang tepat
|
18
|
||
Menyunting kata, kalimat dan paragraf
|
Siswa mampu mengidentifikasi kesalahan
penggunaan kata
|
Disajikan sebuah paragraf, siswa menentukan
istilah tidak tepat
|
19
|
||
Siswa mampu mengidentifikasi kesalahan
penggunaan konjungsi
|
Disajikan sebuah paragraf, siswa menentukan
konjungsi yang tepat untuk memperbaiki konjungsi yang salah
|
2
|
|||
Siswa mampu mengidentifikasi kesalahan
penggunaan kalimat
|
Disajikan sebuah paragraf, siswa menentukan
kalimat yang tidak padu
|
3
|
|||
Siswa mampu mengartikan kata
|
Disajikan sebuah kalimat, siswa menentukan arti
kata domestic
|
20
|
|||
Menyunting ejaan dan tanda baca
|
Siswa mampu mengidentifikasi kesalahan
penggunaan ejaan (judul, sapaan/gelar, nama kota, kata depan)
|
Disajikan sebuah paragraf rumpang, siswa
menentukan kata baku yang tepat sesuai kaidah EYD
|
9
|
||
Siswa mampu mengidentifikasi kesalahan tanda
baca
|
Siswa menentukan penggunaan tanda koma (,) yang
salah di dalam kalimat
|
16
|
|||
2.
|
Aplikasi
|
Membaca nonsastra
|
Siswa mampu menemukan ide pokok
|
Disajikan sebuah paragraf nonsastra, siswa
menentukan ide pokoknya
|
4
|
Siswa mampu menemukan inti kalimat
|
Disajikan sebuah kalimat, siswa menentukan inti
kalimatnya
|
22
|
|||
Siswa mampu menentukan makna rujukan
|
Disajikan sebuah kutipan nonsastra, siswa
menentukan makna rujukan
|
23
|
|||
Siswa mampu menyimpulkan isi tersirat dalam
teks nonsastra
|
Disajikan sebuah paragraf nonsastra, siswa
menentukan simpulan yang tepat
|
12
|
|||
Membaca Sastra
|
Siswa mampu menyimpulkan isi tersirat dalam
cerpen/novel
|
Disajikan sebuah kutipan cerpen, siswa
menentukan kesimpulannya
|
13
|
||
Siswa mampu menyimpulkan hubungan antarbagian
cerpen/novel
|
|
|
|||
Menulis terbatas
|
Siswa mampu melengkapi unsur teks eksposisi
|
Disajikan paragraf eksposisi yang rumpang,
siswa melengkapinya
|
25
|
||
Siswa mampu
melengkapi unsur teks deskripsi
|
Disajikan paragraf deskripsi yang rumpang,
siswa melengkapinya
|
8
|
|||
Siswa mampu melengkapi unsur teks narasi
|
Disajikan paragraf narasi yang rumpang, siswa
melengkapinya
|
6
|
|||
Siswa mampu melengkapi teks sastra
|
Disajikan kutipan cerpan yang rumpang, siswa
melengkapinya
|
8
|
|||
Siswa mampu melengkapi teks ulasan
|
Disajikan teks ulasan (editorial) yang rumpang,
siswa melengkapinya dengan kalimat yang tepat
|
11
|
|||
Siswa mampu melengkapi teks prosedur
|
Disajikan langkah-langkah pembuatan KTP
elektronik, siswa menyusunnya dengan runtut
|
7
|
|||
Siswa mampu menggunakan istilah dalam kalimat
|
Siswa menentukan kalimat yang menggunakan
istilah elaborasi dengan tepat
|
15
|
|||
Siswa mampu menggunakan kata bentukan
|
Disajikan sebuah paragraf rumpang, siswa
melengkapinya dengan kata berimbuhan yang tepat
|
10
|
|||
Menyunting ejaan dan tanda baca
|
Siswa mampu menggunakan ejaan
|
Disajikan sebuah judul karangan, siswa
menentukan penulisan judul yang tepat
|
24
|
||
Siswa mampu menggunakan tanda baca
|
Siswa menentukan penggunaan tanda baca yang
tepat
|
21
|
|
Pemahaman dan pengetahuan
|
Membaca nonsastra
|
Siswa mampu menemukan ide pokok
|
Disajikan sebuah paragraf nonsastra, siswa
dapat menemukan ide pokok
|
26
|
Siswa mampu menemukan inti kalimat
|
Disajikan sebuah paragraf nonsastra, siswa
dapat menentukan inti kalimat
|
27
|
|||
Membaca Sastra
|
Siswa mampu menyimpulkan isi tersirat
cerpen/novel (sebab konfik, akibat konflik, nilai moral)
|
Disajikan cerpen, siswa dapat menyimpulkan isi
tersirat cerpen/novel (sebab konfik, akibat konflik, nilai moral)
|
28
|
||
Menulis terbatas
|
Siswa mampu menyimpulkan hubungan antar bagian
cerpen/novel
|
Disajikan cerpen, siswa menyimpulkan hubungan
antar bagian cerpen/novel
|
29
|
||
3.
|
Penalaran
|
Membaca nonsastra
|
Siswa mampu membandingkan isi, pola penyajian,
dan bahasa teks.
|
Siswa membandingkan isi, pola penyajian dan
bahasa teks
|
30
|
Siswa mampu menyimpulkan perbedaan dan
persamaan isi
|
Disajikan sebuah paragraf nonsastra, siswa menyimpulkan
isi, pola penyajian dan bahasa teks
|
31
|
|||
Siswa mampu membandingkan penggunaan bahasa dan
pola peyajian beberapa jenis teks
|
Disajikan paragraf, siswa mampu membandingkan
penggunaan bahasa dan pola peyajian beberapa jenis tekssebuah kalimat, siswa
menentukan inti kalimatnya
|
32
|
|||
Siswa mampu membandingkan penggunaan bahasa dan
pola penyajian beberapa teks
|
Disajikan sebuah kutipan nonsastra, siswa memabndingkan
penggunana bahasa dan pola penyajian beberapa teks
|
33
|
|||
Membaca Sastra
|
Siswa mampu membandingkan isi, pola penyajian,
dan bahasa karya sastra
|
Disajikan sebuah paragraf sastra, siswa mampu membandingkan isi, pola penyajian, dan
bahasa karya sastra
|
34
|
||
Siswa mampu menganalisis hubungan antarbagian
karya sastra
|
Disajikan sebuah karya sastra, Siswa mampu
menganalisis hubungan antarbagian karya sastra
|
35
|
|||
Siswa mampu membuktikan kesimpulan dengan data
pada karya sastra
|
Disajikan sebuah karya sastra, Siswa mampu
membuktikan kesimpulan dengan data pada karya sastra
|
36
|
|||
Siswa mampu mengaitkan isi dengan kehidupan
saat ini
|
Disajikan sebuah karya sastra, Siswa mampu
mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini
|
37
|
|||
Siswa mampu menilai keunggulan/kelemahan karya
sastra
|
Disajikan sebuah karya sastra, Siswa mampu
menilai keunggulan/kelemahan karya sastra
|
38
|
|||
Siswa mampu meringkas karya sastra
|
Disajikan sebuah karya sastra, siswa mampu
meringkas karya sastra
|
39
|
|||
Menulis terbatas
|
Siswa mampu mengurutkan urutan teks
|
Disajikan sebuah teks, siswa mampu mengurutkan
sebuah teks
|
40
|
||
Siswa mampu
memvariasikan kata yang bermakna sama
|
Disajikan sebuah kata, siswa mampu
memvariasikan kata
|
41
|
|||
Siswa mampu memvarisikan kalimat yang bertujuan
sama
|
Disajikan kalimat, siswa mampu memvariasikan
kalimat yang mempunyai tujuan sama
|
42
|
|||
Siswa mampu menyusun paragraf dari beberapa
data
|
Disajikan data, siswa mampu menyusun paragraf
dari beberapa data
|
43
|
|||
Siswa mampu menggabungkan beberapa kalimat
dengan konjungsi yang sesuai
|
Disajikan kalimat, siswa mampu menggabungkan
beberapa kalimat dengan konjungsi yang sesuai
|
44
|
|||
Menyunting kata, kalimat, dan paragraf
|
Siswa mampu menggunakan ejaan
|
Disajikan sebuah judul karangan, siswa
menentukan penulisan judul yang tepat
|
48
|
||
Siswa mampu memperbaiki kesalahan penggunaan
kalimat
|
Disajikan kalimat, siswa mampu memperbaiki
kesalahan penggunaan kalimat
|
49
|
|||
Siswa mampu menggunakan tanda baca
|
Siswa menentukan penggunaan tanda baca yang
tepat
|
No comments:
Post a Comment