KISI – KISI SOAL
UJIAN SEKOLAH UTAMA TINGKAT SMA
KABUPATEN BEKASI
TAHUN PELAJARAN 2015 – 2016
Mata pelajaran :
Matematika Alokasi Waktu : 120 menit
Kelas / Program :
XII / IPA Jumlah Soal : 40
Kurikulum Acuan :
No. Urut
|
Kompetensi Dasar Kur 2013
|
Kompetensi Dasar
KTSP
|
Materi
|
Indikator
|
Bentuk Soal
|
No. Soal
|
|
3.11 Mendekripsikan
konsep dan aturan
pada bidang datar
serta menerapkannya dalam
pembuktian sifat-sifat
(simetris, sudut, dalil titik
tengah segitiga, dalil intersep,
dalil segmen garis,
dll) dalam geometri bidang.
|
6.1 Menentukan kedudukan titik,
garis, dan bidang dalam ruang dimensi tiga
|
Dimensi tiga
|
·
Menentukan kedudukan garis dan bidang dalam ruang
|
PG
|
1
|
|
3.5 Mendeskripsikan konsep
jarak dan sudut antar garis/bidang,
bidang/bidang dan irisan dua bidang dalam bangun
ruang dimensi tiga
melalui demonstrasi menggunakan
alat peraga atau media lainnya,
dan menerapkannya dalam pemecahan masalah.
|
6.2 Menentukan jarak dari titik ke garis dan dari titik ke
bidang dalam ruang dimensi tiga
|
jarak
|
·
Menentukan jarak titik dan garis dalam ruang
|
PG
|
2
|
|
3.1Memilih dan menerapkan
aturan eksponen
dan logaritma sesuai
dengankarakteristik permasalahanyang akandiselesaikan dan
memeriksakebenaran
langkah-langkahnya.
|
1.1 Menggunakan aturan pangkat, akar, dan
logaritma
|
Bilangan Berpangkat
|
· Mengubah bentuk pangkat
negatif ke pangkat positif dan sebaliknya.
|
PG
|
3
|
|
3.1Memilih dan menerapkan
aturan eksponen
dan logaritma sesuai
dengankarakteristik permasalahanyang akandiselesaikan dan
memeriksakebenaran
langkah-langkahnya.
|
1.1 Menggunakan aturan pangkat, akar, dan
logaritma
|
Logaritma
|
· Melakukan operasi aljabar
dalam bentuk logaritma.
|
PG
|
4
|
|
3.1Memilih dan menerapkan
aturan eksponen
dan logaritma sesuai
dengankarakteristik permasalahanyang akandiselesaikan dan
memeriksakebenaran
langkah-langkahnya.
|
1.1 Menggunakan aturan pangkat, akar, dan
logaritma
|
Bentuk akar
|
· Merasionalkan bentuk akar
|
PG
|
5
|
|
4.2Menerapkan konsep
nilaimutlak dalam persamaan dan
pertidaksamaan
linierdalam memecahkan
masalah nyata.
|
3.4 Menyelesaikan pertidaksamaan
satu variabel yang melibatkan bentuk pecahan aljabar
|
Pertidaksamaan Harga Mutlak
|
· Menentukan penyelesaian
pertidaksamaan satu variabel yang melibatkan bentuk pecahan aljabar
|
PG
|
6
|
|
4.5Membuat model matematika berupa
SPLDV,
SPLTV, dan
SPtLDV
dari situasi nyata dan
matematika, sertamenentukan
jawab dan menganalisismodel sekaligus
jawabnya
|
3.3 Menyelesaikan model matematika dari masalah yang
berkaitan dengan sistem persamaan linear dan penafsirannya
|
Sistem persamaan linier tiga variabel
|
·
Menafsirkan hasil penyelesaian masalah yang berkaitan
dengan sistem persamaan linear
|
PG
|
7
|
|
4.9Mengidentifikasi dan menerapkan
konsep fungsi dan persamaan kuadrat
dalam menyelesaikan
masalah nyatadan menjelaskannyasecaralisan
dan tulisan.
|
2.2 Menggambar grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi
kuadrat
|
Grafik fungsi kuadrat
|
·
Menentukan sumbu simetri dan titik puncak grafik fungsi
kuadrat dari grafiknya.
|
PG
|
8,9
|
|
4.3 Mengolah data
masalah nyatadengan
menerapkan aturan
operasi dua fungsiatau
lebih dan menafsirkan
nilai variableyangdigunakan
untuk memecahkan masalah.
|
5.1 Menentukan komposisi fungsi
dari dua fungsi
|
Komposisi Fungsi
|
· Menggunakan aturan komposisi
dari beberapa fungsi untuk menyelesaikan masalah
|
PG
|
10
|
|
4.4Memilih strategi
yang efektif dan
menyajikan model matematika dalam memecahkan masalah
nyata
terkait fungsi
invers dan invers fungsi.
|
5.2 Menentukan invers suatu
fungsi
|
Invers fungsi
|
· Menentukan fungsi invers
dari suatu fungsi.
|
PG
|
11
|
|
4.10 Menyusun
model matematika
dari masalah yangberkaitan
dengan persamaan
dan fungsikuadrat
dan menyelesaikan
serta memeriksa kebenaran jawabannya.
|
2.3 Menggunakan sifat dan aturan tentang persamaan dan
pertidaksamaan kuadrat.
|
Persamaan Kuadrat
|
· Menentukan akar-akar
persamaan kuadrat.
|
PG
|
12
|
|
3.3Mendeskripsikan dan menerapkan konsep
sistem persamaan linier dan
kuadrat dua variabel
(SPLKDV) dan memilih
metode yang efektif untuk menentukan himpunan
penyelesaiaanya
|
3.1 Menyelesaikan sistem
persamaan linear dan sistem persamaan campuran linear dan kuadrat dalam dua
variabel.
|
SPLKDV
|
·
Menentukan penyelesaian sistem persamaan campuran
linear dan kuadrat dua variabel
|
\PG
|
13
|
|
4.4 Menggunakan SPLDV, SPLTV dan
sistem pertidaksamaan
linear duavariabel
(SPtLDV) untuk menyajikan masalah kontekstual dan menjelaskan maknatiapbesaran secaralisan
maupun tulisan
|
2.3 Menyelesaikan model matematika dari masalah program
linear dan penafsirannya
|
Nilai maksimum
|
· Menentukan nilai optimum
dari fungsi objektif
|
PG
|
14
|
|
4.5Membuat model
matematika
berupa SPLDV,
SPLTV, dan
SPtLDV
dari situasi nyata dan
matematika, sertamenentukan
jawab dan menganalisismodel sekaligus
jawabnya
|
2.2 Merancang model matematika dari masalah program linear
|
Program linier
|
·
Merumuskan model matematika dari masalah program linear
|
PG
|
15
|
|
3,4 Mendeskripsikankonsep matriks sebagai
representasi numerik dalam kaitannyadengan
konteks nyata.
|
3,1 Menggunakan sifat-sifat dan operasi matriks untuk
menunjukkan bahwa suatu matriks persegi merupakan invers dari matriks persegi
lain
|
matriks
|
· Melakukan operasi aljabar
atas dua matriks
|
PG
|
16
|
|
4.2 Memadu berbagai konsep
dan aturan operasi matriks dan menyajikanmodel
matematika dari suatu masalah nyata
dengan memanfaatkan
nilai determinan atau
invers
matriks
dalam pemecahannya.
|
3.2 Menentukan determinan dan invers matriks 2x2
|
determinan matriks
|
· Menentukan determinan
matriks 2x2
|
PG
|
17
|
|
4.2 Memadu berbagai konsep
dan aturan operasi matriks dan menyajikanmodel
matematika dari suatu masalah nyata
dengan memanfaatkan
nilai determinan atau
invers
matriks
dalam pemecahannya.
|
3.2 Menentukan determinan dan invers matriks 2x2
|
Invers matriks
|
· Menentukan invers dari
matrks 2x2
|
PG
|
18
|
|
4.8Menyajikan hasil,menemukan pola barisan dan
deret dan penerapannyadalam
penyelesaian masalah sederhana.
|
3.1. Menentukan suku ke-n barisan dan jumlah n suku deret aritmetika dan geometri
|
Barisan aritmatika
|
· Mengehitung suku ke-n dan
jumlah n suku deret aritmetika dan deret geometri.
|
PG
|
19
|
|
3.10Mendeskripsikan
dan menganalisis konsep
dan sifat-sifat limit fungsi
trigonometri dan nilai limit fungsi
aljabar menuju ketakhinggaan dan meng-gunakan dalam pemecah-an berbagai masalah.
|
6.2 Menggunakan sifat limit fungsi
untuk menghitung bentuk tak tentu fungsi aljabar dan trigonometri
|
Limit Fungsi
Aljabar
|
·
Menghitung limit fungsi aljabar
|
PG
|
20
|
|
3.10Mendeskripsikan
dan menganalisis konsep
dan sifat-sifat limit fungsi
trigonometri dan nilai limit fungsi
aljabar menuju ketakhinggaan dan meng-gunakan dalam pemecah-an berbagai masalah.
|
6.2 Menggunakan sifat limit fungsi
untuk menghitung bentuk tak tentu fungsi aljabar dan trigonometri
|
Limit Fungsi
Trigonometri
|
·
Menghitung limit fungsi trigonometri
|
PG
|
21
|
|
4.2 Mengidentifikasi, menyajikan model matematika
dan menyelesaikan masalah keseharian yang berkaitan dengan barisan dan deret
aritmetika, geometri dan yang lainnya.
|
4.1. Menyelesaikan model
matematika dari masalah yang berkaitan dengan deret dan penafsirannya
|
pertumbuhan
|
· Menentukan penyelesaian model matematika yang berkaitan dengan
deret
|
PG
|
22
|
|
4.1 Merencanakan dan
melaksanakan strategi yang
efektif
dalam mengaplikasikan konsep dan operasi, dan sifat-sifat
matriks
dalam memecahkan masalah
nyata
terkait sistem persamaan linier
dan transformasi
geometri,
serta menginterpretasikan
menganalisis makna hasil
pemecahan masalah.
|
3.6 Menggunakan transformasi geometri yang dapat dinyatakan
dengan matriks dalam pemecahan masalah
|
Transformasi
geometri
|
· Menjelaskan arti geometri
dari suatu transformasi bidang
|
PG
|
23
|
|
3.6 Mendeskripsikan identitas
penjumlahan sinus, identitas
selisih sinus, identitas
penjumlahan kosinus, identitas
selisih dan menerapkannya
dalam pemecahan
masalah.
|
2.3 Menggunakan rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus
|
trigonometri
|
· Menyelesaiakan masalah yang
melibatkan rumus jumlah dan selisih dua sudut
|
PG
|
24
|
|
3.22Menurunkan aturan
dan sifat turunan fungsialjabar dari aturan dan
sifat limitfungsi.
|
6.3 Menggunakan konsep dan aturan turunan dalam perhitungan
turunan fungsi
|
Turunan fungsi
|
· Menentukan turunan fungsi
aljabar dan trigonometri dengan menggunakan sifat-sifat turunan
|
PG
|
25
|
|
3.24Mendeskripsikan konsep turunan dan
menggunakannya untuk menganalisis grafik
fungsi dan mengujisifat-sifat yang
dimiliki untuk mengetahui fungsi naik dan fungsi turun.
|
6,4 Menggunakan turunan untuk menentukan karakteristik
suatu fungsi dan memecahkan masalah
|
Turunan fungsi
|
· Menentukan fungsi monoton
naik dan turun dengan menggunakan konsep turunan pertama
|
PG
|
26
|
|
3.25Menerapkan
konsep dansifat turunan
fungsi untuk menentukangradien garis singgungkurva,
garis
tangen, dangaris normal.
|
6,4 Menggunakan turunan untuk menentukan karakteristik
suatu fungsi dan memecahkan masalah
|
Turunan fungsi
|
· Menentukan persamaan garis
singgung dari sebuah fungsi
|
PG
|
27
|
|
3.28Mendeskripsikan
konsep
integral tak tentu suatu fungsi sebagai
kebalikandari turunan fungsi.
|
1,2 Menghitung integral tak tentu dan integral tentu dari
fungsi aljabar dan fungsi trigonometri yang sederhana
|
INTEGRAL
|
· Menentukan integral dengan
dengan cara substitusi
|
PG
|
28
|
|
|
1,2 Menghitung integral tak tentu dan integral tentu dari
fungsi aljabar dan fungsi trigonometri yang sederhana
|
INTEGRAL
|
· Menetukan integral dengan
dengan cara parsial
|
PG
|
29
|
|
3.7 Mendeskripsikan dan
menerapkan konsep
dan aturan integral
tentu
untuk membuktikan
dan menyelesaikan
masalah terkait luas
daerah di bawah kurva,
daerah di antara dua
kurva dan volume benda
putar.
|
1.3 Menggunakan integral untuk menghitung luas daerah di
bawah kurva dan volum benda putar
|
INTEGRAL
|
· Menghitung luas suatu daerah
yang dibatasi oleh kurva dan sumbu-sumbu pada koordinat.
|
PG
|
30
|
|
3.7 Mendeskripsikan dan
menerapkan konsep
dan aturan integral
tentu
untuk membuktikan
dan menyelesaikan
masalah terkait luas
daerah di bawah kurva,
daerah di antara dua
kurva dan volume benda
putar.
|
1.3 Menggunakan integral untuk menghitung luas daerah di
bawah kurva dan volum benda putar
|
INTEGRAL
|
· Menghitung volume benda
putar.
|
PG
|
31
|
|
3.22Mendeskripsikankonsep peluangsuatu kejadian
menggunakan berbagai
objek nyatadalam suatu
percobaan menggunakanfrekuensi
relatif.
|
1.4 Menggunakan aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi
dalam pemecahan masalah
|
Aturan perkalian
|
· Menggunakan aturan perkalian, permutasi dan kombinasi
|
PG
|
32
|
|
3.22Mendeskripsikankonsep peluangsuatu kejadian
menggunakan berbagai
objek nyatadalam suatu
percobaan menggunakanfrekuensi
relatif.
|
1.6 Menentukan peluang suatu kejadian dan penafsirannya
|
Peluang
|
· Menentukan peluang kejadian
melalui percobaan
|
PG
|
33
|
|
4.18Menyajikan hasilpenerapan konsep
peluang untuk menjelaskanberbagai
objek nyata
melaluipercobaan
menggunakan
frekuensi relatif.
|
1.6 Menentukan peluang suatu kejadian dan penafsirannya
|
Frekuensi Harapan
|
· Menentukan frekuensi harapan
suatu kejadian melalui percobaan
|
PG
|
34
|
|
3.20 Mendeskripsikan
berbagai penyajian
data
dalam bentuk tabel
atau diagram/plotyangsesuai
untuk mengomunikasikan informasi
dari suatu kumpulan data
melalui analisis perbandingan berbagai variasi
penyajian data.
|
1.1 Membaca data dalam bentuk
tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive
|
diagram lingkaran
|
·
Mengidentifikasi nilai suatu data yang ditampilkan
pada tabel dan diagram
|
PG
|
35
|
|
3.12 mendeskripsikan dan menggunakan
berbagai ukuran pemusatan, letak dan penyebaran data sesuai dengan
karakteristik datamelaluiaturan dan rumus sertamenafsirkandan
mengkomunikasikannya
|
1.3 Menghitung ukuran pemusatan, ukuran letak, dan ukuran
penyebaran data, serta penafsirannya
|
Ukuran pemusatan
|
· Menentukan rataan, median,
dan modus.
|
PG
|
36
|
|
3.11 Menghitung ukuran pemusatan, ukuran letak, dan ukuran
penyebaran data, serta penafsirannya
|
1.3 Menghitung ukuran pemusatan, ukuran letak, dan ukuran
penyebaran data, serta penafsirannya
|
Pemusatan data
tunggal
|
Menentukan simpangan
rata-rata dan simpangan baku
|
PG
|
37
|
|
3.18 mendeskripsikan konsep persamaan lingkaran dan
menganalisis sifat garis singgung lingkaran dengan menggunakan metode
koordinat
|
3.1 Menyusun persamaan lingkaran yang memenuhi persyaratan
yang ditentukan
|
Persamaan lingkaran
|
·
Menentukan persamaan
lingkaran yang memenuhi kriteria tertentu.
|
PG
|
38
|
|
3.18 mendeskripsikan konsep persamaan lingkaran dan
menganalisis sifat garis singgung lingkaran dengan menggunakan metode
koordinat
|
3.2 Menentukan persamaan garis singgung pada lingkaran
dalam berbagai situasi
|
Persamaan garis
singgung pada lingkaran
|
· Merumuskan persamaan garis singgung yang gradiennya
diketahui.
|
PG
|
39
|
|
3.11Mendeskripsikan dan menganalisisaturan sinus dan kosinus serta menerapkannyadalam menentukan luas daerahsegitiga.
|
5.1 Melakukan manipulasi aljabar
dalam perhitungan teknis yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi,
persamaan dan identitas trigonometri
|
trigometri
|
·
Menentukan nilai perbandingan trigonometri pada
segitiga siku-siku.
|
PG
|
40
|
No comments:
Post a Comment