KISI-KISI UJIAN AKHIR SEKOLAH – KABUPATEN BEKASI
MATA PELAJARAN
: BIOLOGI
TAHUN PELAJARAN :
2015/2016
LEVEL KOGNITIF
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
NOMOR SOAL
|
|
|
|
Materi : Keanekaragaman
Hayati dan Ekologi
|
A
|
B
|
Pengetahuan dan Pemahaman
|
Siswa dapat memahami pengetahuan
tentang ciri-ciri makhluk hidup dan perannya dalam kehidupan
|
1. siswa
dapat menjelankan ciri-ciri virus, archaebacteria, dan eubacteria serta
perannya dalam kehidupan
2. siswa
dapat menjelaskan ciri-ciri/peran kelompok jamur dan protista,protozoa,algae,dan Protista mirip jamur serta pereannya dalam
kehidupan.
3. siswa
dapat menjelaskan ciri-cicri plantae dan perannya dalam kehidupan.
4. siswa dapat menjelaskan ciri-ciri animalia
dan perannya dalam kehidupan
|
2
3
7
|
3
4
5,6
|
Siswa dapat memahami
pengetahuan tentang tingkat keanekaragaman hayati(gen,jenis, dan ekosistem)
|
5. siswa
dapat menjelaskan tingkat keanekaragaman hayati(gen,jenis, dan ekosistem)
6. siswa
dapat menentukan tingkat keanekaragan hayati (gen,jenis,dan ekosistem)
7. siswa
dapat menyebutkan tingkat keanekaragaman hayati (gen,
jenis dan ekosistem)
|
1
|
1
2
|
|
Siswa dapat memahami
pengetahuan tentang ekosistem
|
8. siswa
dapat mnetukan hubungan antarkomponen dan aliran energy dalam suatu ekosistem
9. siswa
dapat menjelaskan hubungan antarakomponen dan aliran enirgi dalam suatu
ekosistem.
|
|
8
|
|
Aplikasi
|
Siswa dapat mengaplikasikan
pengetahuan tentang dasar-dasar pengelompokan makhluk hidup.
|
10. siswa
dapat mengidentifikasi dasar-dasar pengelompokan makhluk hidup.
11. siswa dapat membandingkan dasar-dasar
pengelompokan makhluk hidup.
|
5
|
11
|
Siswa dapat mengaplikasikan
pengetahuan tentang perubahan lingkungan
|
12. siswa dapat mengindentifikasikan
factor-faktor yang menyebabkan perubahan lingkungan dan usaha pelestariannya.
|
6
|
7
|
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
NOMOR SOAL A
|
NOMOR SOAL B
|
|
Siswa dapat mengaplikasikan
pengetahuan tentang alur biogeokimia
|
13. siswa
dapat mengedintifikasikan proses yang terjadi pada daur biogeokimia.
|
4
|
9
|
|
Penalaran
|
Siswa mampu menggunakan
nalar yang berkaitan dengan percobaan pengelokpokan makhluk hidup
|
14. siswa
dapat menyimpulkan hasil percobaan pengelokpokan makhluk hidup.
15. siswa
dapat menginterprestasikan percobaan pengelokpokan makhluk hidup.
|
|
|
Siswa mampu menggunakan
nalar yang berkaitan dengan perubahan lingkunagn dan dampaknya
|
16. siswa
dapat menganalisis keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah
perubahan lingkungan/pencemaran lingkungan beserta dapaknya.
|
8
|
10
|
|
|
|
Materi : Struktur dan Fungsi Makhuk Hidup
|
|
|
Pengetahuan dan Penalaran
|
Siswa dapat memahami
pengetahuan tentang struktur dan fungsi pada tumbuhan tingkat tinggi
|
1. Siswa
dapat menjelaskan struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan tigkat tinggi.
2. Siswa
dapat menetukan struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan tingkat tinggi.
Siswa dapat menjelaskan struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan tigkat tinggi.
|
20
18
|
|
Siswa dapat memahami
pengetahuan tentang struktur dan fungsi pada manusia dan hewan verebrata
|
3. Siswa
dapat menjelaskan struktur dan fungsi jaringan pada manusia dan hewan vetrata
4. Siswa
dapat menetukan struktur dan fungsi
jaringan pada manusia dan hewan vertebrata.
|
10
|
12,19
|
|
Siswa dapat memahami
pengetahuan tentang bagian-bagian siste organ pada manusia dan hewan
veterbrata
|
5. Siswa
dapat menjelaskan struktur dan fungsi system organ pada manusia
|
11,21
|
21,22
|
|
Siswa dapat memahami pengetahuan
tentang gangguan-gangguan pada system tubuh manusia
|
6. Siswa
dapat menetukan jenis-jenis gangguan pada system organ manusia
7. Siswa
dapat menjelaskan penyebab terjadinya gangguan pada sistim organ manusia
|
12
|
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
NOMOR SOAL A
|
NOMOR SOAL B
|
|
Aplikasi
|
Siswa dapat
mengaplikasikan pengetahuan tentang mekanisme kerja system organ
|
8. Siswa
dapat mengidentifikasikan mekanisme kerja system organ pada manusia
|
13,15
|
17
|
Siswa dpat
mengaplikasikan pengetahuan tentang pengaruh gangguan/serangan penyakit dan
mekanisme kerja organ
|
9. Siswa
dapat mengidentifikasikan pengaruh jenis gangguan atau penyakit pada
mekanisme kerja organ.
|
14
|
|
|
Penalaran
|
Siswa dapt menggunakan
nalar yang berkaitan dengan gangguan/penyakit berdasarkan hasil uji laboraturium
|
10. Siswa
dapat menyimpulkan jenis gangguan system organ manusia berdasarkan uji
laboratorium.
11. 11.
Siswa dapat menganalisis jenis gangguan system organ manusia berdasarkan
hasil uji laboratrium.
|
16
|
|
Siswa dapat
menggunakan nalar yang berkaitan dengan percobaan tentang factor ekternal
pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan
|
12. Siswa
dapat menginterprestasikan hasil percobaan mengenai factor ekternal
pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.
13. Siswa
dapat merancang percobaan tentang factor ekternal pertumbuhan dan
perkembangan tumbuhan.
|
17
|
23,24
|
|
|
|
|
|
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
NOMOR SOAL A
|
NOMOR SOAL B
|
|
|
|
Materi : biomolekuler dan
Bioteknologi
|
|
|
Pengetahuan dan Pemahaman
|
Siswa dapat memahami
pengetahuan tentang struktur dan fungsi sel
|
1. Siswa
dapat menjelaskan struktur sel dan komponen kimiawinya.
2. Siswa
dapat menjelaskan fungsi organel sel pada tumbuhan dan hewan
|
19
|
18
|
Siswa dapat memahami
pengetahuan tentang susunan RNA, DNA, dan kromosom
|
3. Siswa
dapat menjelaskan struktur nukleotida DNA,RNA, dan kromosom
4. Siswa
dapat menetukan struktur nukleotida DNA, RNA, dan kromosom
|
22
|
29,30
35
|
|
Siswa dapat memahami
pengetahuan tentang metabolism sel
|
5. Siswa
dapat menjelaskan ciri-ciri prosen katabolisme, karbohidrat, respirasi
aerob,respirasi anaerob, dan anabolisme.
|
23
|
26
|
|
Siswa dapat memahami
pengetahuan tentang bioteknologi
|
6. Siswa
dapat menetukan prinsip dasar bioteknologi
7. Siswa
dapat menjelaskan prinsip dasar bioteknologi
8. Siswa
dapat menyebutkan contoh aplikasi bioteknologi konvensional/modern.
|
28
|
38
39
|
|
|
|
|
|
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
NOMOR SOAL A
|
NOMOR SOAL B
|
|
Aplikasi
|
Siswa dapat
mengaplikasikan pengetahuan tentang transport membrane
|
9. Siswa
dapat mengidentifikasi proses
yang terjadi di dalam sel (transpor membran)
|
|
27
|
Siswa dapat
mengaplikasikan pengetahuan tentang enzim
|
10. Siswa
dapat mengindentifikasikan ciri-ciri dan cara kerja enzim serta factor-fakto
yang mempengaruhi cara kerja enzim
|
36
|
25
|
|
Siswa dapat
mengaplikasikan pengetahuan tentang mekasnisme reaksi katabolisme dan
anabolisme
|
11. Siswa
dapat mengidentifikasikan mekanisme reaksi katabolisme karbohidrat
12. Siswa
dapat mengidentifikasikan zat-zat yang dihasilkan pada respirasi aerob
13. Siswa
dapat mengidentifikasikan peristiwa peristiwa fotosintesispada tumbuhan
berserta tahap-tahapnya
14. Siswa
dapat mengidentifikasikan proses kemosintesis/reaksi anaerob
|
25
24
40
26
|
28
|
|
Siswa dapat
mengaplikasikan pengetahuan tentanv reproduksi sel
|
15. Siswa
dapat mengidentifikasikan tahap-tahap reproduksi sel( mitosis dan meosis)
16. Siswa
dapat membandingkan pembelahan mitosis dan pembelahan meosis
|
38
37
|
|
|
Siswa dapat
mengaplikasikan pengetahuan tetagf sintesis protein
|
17. Siswa
dapat megidentifikasikan mekanisme sintesis protein.
|
27
|
31
|
|
Siswa dapat
mengaplikasikan pengetahuan tetang dampak bioteknologi
|
18. Siswa
dapat mengidentifikasikan dampat aplikasi
bioteknologi bagi masyarakat dan lingkungan.
|
39
|
40
|
|
Penalaran
|
Siswa dapat
menggunakan nalar yang berkaitan dengan precobaan tentag tranpor membrane
|
19. Siswa
dapat menginterprestasikan kesimpulan atau hasil percobaan transpr membrane
20. Siswa
dpat menganalissis percobaan tranpor membran.
|
29
|
|
Siswa dapat
menggunakan nalar yang berkaitan dengan percobaan metabolism sel
|
21. Siswa
dapat menginterprestasikan hasil percobaan metabolism sel.
22. Siswa
dapat menganalisis percobaan metabolism sel
|
|
|
|
Siswa dapat
menggunakan nalar yang berkaitan dengan percobaan bioteknologi
|
23. Siswa
dapat menyimpulkan hasil percobaan bioteknologi.
24. Siswa
dapat menganalissi percobaan bioteknologi.
|
18
|
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
NOMOR SOAL A
|
NOMOR SOAL B
|
|
|
|
Materi : Genetiak dan Evolusi
|
|
|
Pengetahuan dan Pemahaman
|
Siswa dapat memahami
pengetahuan tentang hokum-hukum mendel
|
1. Siswa
dapat menjelaskan persilangan berdasarkan hokum mendel.
2. 2.
Siswa dapat menentukan hasil persilangan
berdasarkan hokum mendel.
|
34
|
32
|
Siswa dapat memahami
perngetahuan tentang asal-usul kehidupan
|
3. Siswa
dapat menjelaskan teori asal-usul kehidupan dan pembuktiannya.
4. Siswa
dapat menentukan teori asal-usul kehidupan dan pembuktiannya.
|
35
|
36
|
|
Siswa dapat memahami
pengetahuan tentang teori evolusi evolusi
|
5. Siswa
dapat menjelaskan teori evolusi
|
30
|
37
|
|
Aplikasi
|
Siswa dapat
mengaplikaikan pengetahuan tentang penyimpangan semu hukum mendel
|
6. Siswa
dapat mengedintifikasi penyimpangan semu hokum mendel
7. Siswa
dapat membandingkan hasil persilangan pada penyimpangan semu huku mendel.
|
32
|
33
|
Siswa dapat
menaplikasikan pengetahuan tentag pembentukan gamet
|
8. Siswa
dapat mengidentifikasikan tahap-tahap pembentukan gamet.
9. Siswa
dapat membandingan spermatogenesis dengan oogenesis
|
33
|
|
|
Siswa dapat
mengaplikaikan pengetahuan tentang herediritas manusia
|
10. Siswa
dapat mengidentifikasikan pewarisan penyakit dan cacat menurun pada manusia
|
31
|
|
|
Siswa dapat
mengaplikasikan pengetahuan tentang petunjuk/bukti-bukti evolusi
|
11. Siswa
dapat mengidentifikasikan petunjuk atau bukti-bukti evolusi.
|
|
|
|
Penalaran
|
Siswa dapat
mengguanakan nalar yang berkaitan dengan herediritas manusia dalam peta
silsilah
|
12. Siswa
dapat menganalisis pewarisan penyakit dan cacat menurun pada manusia
berdasarkan peta silsilah.
13. Siswa
dapat menginterprestasikan pewarisan penyakit dan cacat menurun pada manusia
berdasarkan peta silsilah
|
9
|
34
|
Siswa dapat menggunakan
nalar yang berkaitan dengan hubungan antara teori dan prinsip berdasarkan
kasus evolusi
|
14. Siswa
dapat menganalisis hubungan antara teori evolusi dan prinsip evolusi
berdasarkan kasus evolusi
15. Siswa dapat mengimplementasikan
terjadinya mekanisme evolusi
|
|
|
No comments:
Post a Comment